Kembali

Girl's Life

Bagaimana Postur Tubuh yang Ideal? Yuk Cari Tahu!

Bagaimana Postur Tubuh yang Ideal? Yuk Cari Tahu!


Banyak orang penasaran tentang bagaimana postur tubuh yang ideal. Soalnya, postur tubuh yang baik bukan semata-mata agar terlihat sempurna saja, lho. Namun, itu juga sangat berpengaruh positif pada kesehatan tubuh kita.

Remaja-remaja kayak kita wajib khawatir nih, kira-kira postur tubuh kita sudah benar belum, ya? Apalagi kita sering melakukan hal-hal yang berpotensi bikin postur badan jadi buruk. Misalnya, duduk dalam waktu lama di sekolah atau di depan komputer selama berjam-jam. 

Makanya, penting bagi remaja untuk tahu bagaimana cara memperbaiki postur tubuh bungkuk. Jenis postur tubuh yang bagus itu beragam, sesuai dengan usia. Nah, kalau buat remaja kayak kita sih, jaga saja tubuh tetap tegak sejajar dan jangan membungkuk ketika duduk.

Tetap jaga posisi tetap tegak bahkan ketika mengetik di laptop. Jangan membungkuk bahkan hingga bertumpu ke meja belajar, ya. Hindari juga posisi menekan dada hingga menekuk leher ke depan. Itu berbahaya! Posisi berbaring sambil main smartphone pun sebenarnya gak baik, lho.

Sudah tahu bagaimana postur tubuh yang ideal, kan? Memangnya, apa sih manfaat memiliki postur tubuh yang baik?

Manfaat punya postur tubuh yang baik

Ada berjuta manfaat punya postur tubuh ideal. Tak hanya bisa terlihat lebih tegap, tapi juga bisa menghindarkan kita dari  rasa sakit dan tegang pada sendi, otot, hingga tulang belakang, lho. Dengan begitu, kemungkinan cedera bisa dihindari.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat postur tubuh tegak yang wajib kamu ketahui:

1.Pernapasan lebih baik

Ternyata  postur tubuh bungkuk bisa membuat kita kesulitan mengambil napas dalam-dalam dan mengisi paru-paru. Bernapas dalam akan jadi lebih mudah ketika Charm Girls mencoba berbagai gerakan memperbaiki postur tubuh.

2.Mengurangi sakit punggung

Kamu sering sakit punggung? Itu bisa jadi akibat  postur dudukmu yang salah. Coba deh, lakukan postur tubuh yang baik saat duduk agar otot kita bisa mendukung tulang belakang dengan baik. 

3.Pencernaan sehat

Selain menjaga kondisi organ yang terlihat dengan mata, postur tubuh yang baik juga bisa membuat organ internal sejajar. Itu artinya, lebih sedikit tekanan pada perut, usus, dan hati sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

4. Mengurangi sakit kepala

Orang dengan postur tubuh bungkuk juga lebih sering mengalami sakit kepala. Makanya, mulai jaga postur badanmu agar pusing-pusing bisa berkurang.

5. Kerja otot lebih efisien

Ketika membungkuk, otot tubuh kita bakal bekerja lebih keras karena berada dalam posisi kurang wajar. Alhasil, kita pun bakal mudah lelah. Dengan menjaga postur badan ideal, kerja otot kita jadi lebih efisien.

6. Terlihat lebih kurus

Gak perlu susah-susah cari cara menghitung berat badan ideal. Iya sih, menjaga berat badan ideal tetap penting. Namun ada cara mudah lain membuat kamu terlihat lebih kurus. Cukup jaga postur tubuh ideal dan penampilan perutmu bakal terlihat lebih ramping.

7. Jadi lebih pede

Memang gak bohong deh, kalau orang-orang yang berdiri dan berjalan dengan tegak bisa punya aura yang berbeda. Mereka akan terlihat lebih percaya diri dan siap jadi pusat perhatian orang lain.

8. Meningkatkan konsentrasi

Wah ini sih penting banget buat remaja kayak kita yang suka tiba-tiba bengong gak konsentrasi di tengah pelajaran. Dengan postur badan yang bagus, neuron pada otak akan bisa memperoleh nutrisi yang datang karena sirkulasi darah lancar. Alhasil, otak pun bisa bekerja lebih fokus dan tajam!

9. Meningkatkan produktivitas

Terakhir nih, ada juga yang bilang kalau postur badan ideal itu bisa membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati kita! Soalnya, tubuh kita bakal bisa menggunakan seluruh kekuatan otot secara lebih efisien selama beraktivitas.

Wah, bakal ngebantu banget nih kalau kita lagi PMS. Tentunya selain menggunakan pembalut yang nyaman seperti Charm Extra Comfort yang serap maksimal, nyaman maksimal.

Dengan pori serap extra dan double block line, kamu gak perlu khawatir bocor bahkan ketika cairan lagi banyak-banyaknya. Belum lagi, ketebalannya pas banget. Gak bakal terasa mengganjal deh, khususnya ketika lagi duduk dalam waktu lama.

Postur tubuh kurang baik? Hati-hati, lho!

Memang sih, sebagai seorang remaja yang punya kegiatan segudang, Charm Girls pasti sulit banget beraktivitas dengan postur sempurna sepanjang waktu. Apalagi kalau pekerjaanmu mengharuskan untuk duduk di depan komputer dalam waktu yang lama.

Tapi hati-hati ya, karena ada banyak banget dampak postur tubuh buruk yang bisa sangat mengganggu ke depannya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sakit kepala
  • Sakit rahang
  • Sakit bahu
  • Sakit punggung
  • Sakit leher
  • Gangguan pernapasan
  • Sakit lutut
  • Sakit pinggul
  • Sakit kaki
  • Plantar fasciitis, menyebabkan nyeri tumit
  • Mudah lelah
  • Sistem pencernaan buruk
  • Penyempitan saraf
  • Memicu kecemasan dan depresi

Kamu sudah mengalami setidaknya satu atau bahkan banyak gejala di atas? Wah, itu artinya kamu wajib waspada! Bisa jadi, kondisi postur badanmu sudah cukup parah.

Kalau sudah begitu, sebaiknya langsung melapor ke orang tua agar mereka membawamu ke dokter spesialisnya. Dengan begitu, bisa langsung ditangani sesuai dengan keluhan.

Kamu juga bisa melakukan beberapa cara memperbaiki postur tubuh bungkuk yang mudah dilakukan di mana-mana. Misalnya, dengan membiasakan badan berdiri tegap lurus dan kepala agak didongakkan dengan pandangan mata lurus ke depan. 

Buat Charm Girls yang hobi ketiduran di meja, coba kurangi deh. Kalau memang pegal, cukup lakukan beberapa gerakan peregangan leher agar lebih rileks.

Selain itu, lebih baik konsultasikan lagi pada ahlinya tentang bagaimana postur tubuh yang ideal untukmu, ya. Biar tetap aman!

 

postur tubuh ideal
postur badan ideal
postur tubuh yang baik
Komentar (25)
A

EA
Evi Aprilda
Ohh gitu
2 years ago
Balas
An
Anonymous
Wah..
2 years ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih
2 years ago
Balas
floating-icon