Kembali

Girl's Life

Mengenal Fungsi Heating Pad, “Koyo” untuk Redakan Nyeri Haid

Mengenal Fungsi Heating Pad, “Koyo” untuk Redakan Nyeri Haid


Nyeri atau kram di area perut bagian bawah dan pinggang merupakan salah satu gejala umum saat haid. Kamu yang pernah mengalaminya pasti tahu seberapa menyiksanya rasa nyeri tersebut hingga aktivitas sehari-hari pun kerap terganggu.

Namun, kini kamu nggak perlu susah-susah keluar rumah buat mencari bantuan saat nyeri haid datang. Pasalnya, heating pad atau “koyo” pereda nyeri haid kini sudah bisa dibeli di berbagai tempat untuk kamu gunakan di rumah.

Koyo haid ini punya banyak manfaat, di antaranya mengurangi kram haid pada perut, merelaksasi otot tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah. Sebelum membeli “koyo” menstruasi ini, yuk kenali dulu lebih lanjut mengenai fungsi heating pad dan cara menggunakannya!

Apa itu koyo haid dan fungsinya?

Beberapa hari menjelang menstruasi, tubuh akan memproduksi zat kimia yang disebut prostaglandin. Bahan kimia ini membuat otot-otot di dalam rahim berkontraksi sehingga lapisan rahim bisa luruh dengan sempurna.

Namun, kontraksi tersebut menyebabkan nyeri yang menjalar dari perut bagian bawah hingga ke punggung. Nyeri haid kadang terasa parah sampai aktivitas pun terganggu. Oleh karena itu, banyak perempuan yang mengonsumsi obat pereda nyeri saat haid.

Untungnya, ada alternatif yang bisa kamu pilih sebelum minum obat pereda nyeri, yaitu memakai heating pads alias koyo pereda nyeri haid. Produk ini belakangan udah makin populer sehingga bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat.

Terus, gimana cara koyo ini meredakan nyeri menstruasi? Jawabannya karena suhu panas bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan memperbaiki jaringan otot yang rusak. Dengan kedua cara itulah, panas bisa mengurangi nyeri.

Maka dari itu, koyo pereda nyeri hadir untuk membantu kamu yang tengah merasakan nyeri haid. Kebanyakan heating pad juga punya bentuk yang nyaman dan bisa dibawa ke mana saja. Jadi, kamu bisa kamu menggunakannya saat berbaring ataupun duduk.

Apakah aman menggunakan koyo haid?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah aman menempelkan benda bersuhu panas ke atas kulit? Terlebih lagi kalau kamu ingin memakainya dalam waktu yang cukup lama. Pada dasarnya, koyo haid aman digunakan siapa saja untuk meredakan nyeri.

Sebelum ada koyo pereda nyeri haid, kompres hangat pun udah digunakan sejak lama karena dipercaya bisa meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Dengan cara ini, otot rahim yang tadinya tegang akan jadi rileks. 

Oleh karena itu, heating pad menjadi rekomendasi terbaik untuk sebagian besar wanita yang merasa terganggu oleh nyeri haid. Akan tetapi, tetap gunakan sesuai aturan ya, Charm Girls. Hindari berbagai kesalahan berikut saat memakai produk ini.

  • Menempelkan koyo haid langsung ke kulit.
  • Tertidur sambil menggunakan koyo untuk haid.
  • Menempelkan heating pad ke kulit yang sedang luka.
  • Menggunakan heating pad yang kabelnya sudah rusak.
  • Tidak menaikkan suhu secara perlahan.

Cara menggunakan koyo haid

Koyo haid bisa membantu mengurangi kram haid yang muncul menjelang menstruasi. Waktu pemakaiannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum menempelkan koyo haid, berikut beberapa cara dan tips yang perlu kamu terapkan untuk menghindari efek sampingnya pada tubuh.

1. Gunakan koyo pereda nyeri haid saat kondisi kulit sedang baik

Selalu tempelkan koyo pereda haid ketika kulit sedang dalam kondisi baik. Artinya, nggak ada lecet, luka sayatan, apalagi luka terbuka pada kulit. Sekecil apa pun itu, jangan pernah memakai koyo haid jika terdapat luka pada permukaan kulit. 

Ini penting karena koyo haid akan mengantarkan suhu panas ke permukaan kulitmu. Kalau kondisi kulit sedang nggak baik, bukannya meredakan sakit, kamu malah akan mengalami nyeri pada kulit yang luka.

2. Jangan tertidur saat menggunakan koyo haid 

Selalu gunakan koyo haid ketika kamu sedang terjaga, misalnya saat beraktivitas di rumah. Penggunaan koyo haid yang terlalu lama bisa membuat kulit terasa terbakar. Maka dari itu, kamu perlu memastikan diri agar nggak tertidur saat memakainya. 

3. Selalu mulai dari tingkatan panas terendah

Tingkatan panas koyo haid bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau kamu nggak terlalu suka panas, tempelkan koyo pada bagian dalam baju. Tapi kalau kamu ingin tingkatan panas medium, coba tempelkan koyo pada bagian luar celana dalam.

Nah, kalau kamu ingin sensasi panas yang lebih terasa, tempelkan koyo haid pada sisi bagian dalam celana dalam. Ingat, coba dulu dari tingkatan panas terendah agar kamu tahu mana yang paling nyaman untukmu.

Itu dia penjelasan seputar koyo pereda nyeri haid dan fungsinya, Charm Girls. Walau manfaatnya banyak dan pemakaiannya cukup mudah, tetap hati-hati saat memakainya, ya! Selalu ikuti instruksi pada kemasan produk untuk menghindari efek samping seperti kulit memerah dan rasa terbakar.

koyo untuk haid
koyo haid
koyo menstruasi
Komentar (140)
A

Avatar Profile Image
Ana Marlyana
Pertama
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Arlinna R
Wah mantappp
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Nur Laili Inayati
.
2 months ago
Balas
floating-icon