Kembali

Girl's Life

Bikin Gak Nyaman! Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan dengan Daun Sirih

Bikin Gak Nyaman! Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan dengan Daun Sirih


Gatal-gatal pada tubuh sekilas mungkin sepele. Tapi lama-lama, duh, rasanya menyiksa juga, ya? Apa Charm Girls pernah mengalaminya?

Salah satu rasa gatal paling menyiksa mungkin adalah yang dirasakan di selangkangan, nih. Setuju, gak? Garuk-garuk di depan umum tuh, big no banget, deh!

Rasa gatal pada selangkangan cukup wajar sebenarnya. Sebabnya ada banyak banget, seperti iritasi, kurang menjaga kebersihan, serta penyakit lainnya. Cara mengatasinya juga banyak, kok. Salah satunya yang paling mudah adalah menggunakan antiseptik alami, yakni daun sirih.

Banyak orang yang penasaran dengan cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan daun sirih. Apakah hal itu bisa dan aman dilakukan, ya?

Penyakit yang bisa Muncul di Daerah Selangkangan

Rasa gatal pada selangkangan memang mengganggu. Sebabnya ada banyak banget,  salah satunya adalah karena iritasi kulit yang saling bergesekan dengan pakaian.

Selain itu, ada pula penyakit yang disebabkan oleh jamur yang disebut tinea cruris. Ini adalah infeksi jamur menular yang menyebabkan ruam merah dan rasa gatal di daerah selangkangan. 

Tinea cruris cenderung mudah terjadi pada orang yang banyak berkeringat. Jamur memang mudah tumbuh di area kulit yang lembab, hangat, dan berkeringat, seperti selangkangan.

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan dengan Daun Sirih

Untungnya, ada cara menghilangkan gatal di selangkangan secara alami yang mudah dilakukan, yakni dengan daun sirih. Herbal satu ini memang diketahui mengandung senyawa antibakteri, antiprotozoa, dan antijamur.

Daun sirih mengandung minyak esensial yang di dalamnya terdapat senyawa fenolik yang bersifat bakterisida. Senyawa fenol ini ketika berinteraksi dengan dinding sel mikroorganisme akan menyebabkan denaturasi protein dan meningkatkan permeabilitas mikroorganisme.

Tenang aja, cara mengobati gatal dengan daun sirih masih aman untuk dilakukan. Asalkan penggunaannya tidak berlebihan, ya. 

Kamu bisa mencoba mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih, atau sekadar membilaskannya saja ke area selangkangan yang gatal.

Cara menggunakan daun sirih untuk gatal, daun sirih direbus dulu sampai mendidih. Rebus sekitar 10 lembar daun sirih dalam 500 ml air hingga mendidih. 

Lalu, campurkan air rebusan tersebut dengan garam secukupnya. Yap, ini juga jadi cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan air garam, ya.

Biarkan air rebusan daun sirih dan garam tersebut sebentar hingga hangat, jangan sampai dingin. Jika sudah cukup hangat, langsung gunakan air untuk mandi. Basuhkan ke area selangkangan yang gatal dan gosok-gosok sampai bersih.

Memanfaatkan daun sirih untuk gatal tak hanya bisa dilakukan untuk rasa gatal di selangkangan saja, tapi juga rasa gatal di beberapa bagian tubuh lainnya, loh.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang luar biasa. Tak hanya untuk gatal-gatal aja, tapi daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk analgesik, meringankan sembelit, meningkatkan fungsi pencernaan, mengurangi masalah pernapasan, antiseptik dan antijamur, mengobati diabetes, menurunkan kolesterol, antikanker, antimikroba, meningkatkan kesehatan mulut, hingga melindungi sistem lambung.

Namun, hati-hati dengan efek samping daun sirih yang mungkin terjadi. Apalagi jika kamu ternyata memiliki alergi terhadap daun sirih.

Jangan gunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan terlalu sering, karena malah bisa mengganggu keseimbangan pH pada vagina. Hasilnya, miss V malah jadi iritasi, deh. Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum melakukan hal ini, ya.

Charm daun sirih untuk cegah gatal

Selain cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan daun sirih yang sudah direbus, ada cara praktis untuk membersihkan area miss V dan sekitarnya, loh. Kamu bisa gunakan pembalut herbal yang sudah mengandung daun sirih selama masa menstruasi.

Emang ada, ya? Ada, dong! Namanya Charm Herbal Ansept+, pembalut herbal dari Charm yang mengandung ekstrak daun sirih alami plus herbal lainnya seperti kunyit, manjakani, jahe, dan lidah buaya.

Bahan-bahan tersebut sudah lama dipercaya menjadi antiseptik alami yang bisa memberikan perlindungan higienis buat area organ kewanitaan. Khususnya di masa menstruasi, miss V kita kadang jadi punya banyak masalah, deh. Entah itu bau tidak sedap atau bahkan gatal berlebihan.

Seperti yang kamu tahu, organ kewanitaan kita tuh jadi habitat alami buat berbagai macam jamur. Nah, jamur yang berlebihan ini bisa memicu infeksi jamur pada vagina dan menyebabkan keputihan yang gak normal serta rasa gatal yang mengganggu. Hal itu bahkan gak hanya terasa di area miss V aja, tapi bisa juga merambat ke selangkangan, loh.

Dengan pembalut Charm daun sirih yang disertai manjakani dan lidah buaya ini, bisa jadi senjata ampuh buat melawan keputihan berlebihan. Bahan-bahan tersebut punya sifat antijamur, gak perlu takut bau dan gatal selama menstruasi, deh!

Ada 3 varian pembalut Charm Herbal Ansept+ yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas harianmu, yakni Charm Herbal Ansept+ Wing 23 cm, Non Wing 23 cm, dan Wing 26 cm.

Pembalut Charm daun sirih ini tersedia dalam kemasan isi 14, 16, dan 18 pads. Harganya terjangkau banget, dan kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko swalayan terdekat. Bye-bye gatal di selangkangan!

cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan daun sirih
Cara menggunakan daun sirih untuk gatal
Daun sirih untuk gatal
cara mengobati gatal dengan daun sirih
Komentar (733)
A

An
Anonymous
Artikelnya bermanfaat bgt, makasih udah dikasih tau ☺️
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Okk
5 months ago
An
Anonymous
Sip
5 months ago
An
Anonymous
Yess
5 months ago
An
Anonymous
Oke
4 months ago
Ip
Irma primanita
Ok
4 months ago
An
Anonymous
👍🏻👍🏻
5 months ago
Balas
NA
Novia Ananda
Ok
5 months ago
Balas
Ip
Irma primanita
Bagus
4 months ago
Ip
Irma primanita
Oka
4 months ago
floating-icon