Kembali

Tentang Menstruasi

Mengenal warna-warni darah menstruasi
Mengenal warna-warni darah menstruasi


Seperti yang kita semua tahu, menstruasi adalah proses ketika dinding rahim yang tidak dibuahi ‘luntur’ menjadi darah. Ngomong-ngomong tentang darah, pernah nggak sih kamu memperhatikan warna darah menstruasimu sendiri? Bagi beberapa orang, warna darah menstruasi ya sudah tentu merah, bukan?

Eits, tunggu dulu. Ada cerita dari merah yang nggak sembarang merah di darah menstruasimu, lho. Memang terdengar gabut sih ketika kamu harus memperhatikan warna darah menstruasi, apalagi hal ini juga tergolong mengerikan untuk sebagian orang. Tapi, hanya dengan melihat warna darah menstruasi, kamu bisa tahu kondisi tubuhmu. Keren banget, kan?

Baca Juga : Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar? - Charm Girl's Talk


Sebenarnya tak hanya dari warna, tekstur dan jumlah darah juga dapat menjadi acuan untukmu. Tapi sekarang kita bahas melalui warna saja dulu yuk. Penasaran kan? Mari kita cari tahu, Charm Girls!

Mengenal warna-warni darah menstruasi

Hitam
Tenang, darah yang berwarna hitam memang terlihat aneh karena ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi, Charm Girls. Misalnya, darah hitam bisa muncul di awal atau akhir menstruasi kamu atau darah tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari rahim dan sempat teroksidasi. Dalam beberapa kasus, darah hitam juga berasal dari darah haid yang tersisa dari bulan sebelumnya.


Eh, tapi ingat jika darah menstruasimu hitam disertai aroma yang nggak enak, demam, gatal di area sekitar kemaluan dan kamu kesulitan buang air kecil; ada baiknya kamu waspada dan ceritakan hal tersebut kepada orang tuamu, ya. Mungkin saja ada penyumbatan di saluran vaginamu, Charm Girls!

Coklat/Merah Gelap
Sekilas mirip dengan darah yang berwarna hitam, warna darah menstruasi yang coklat atau merah tua adalah tanda darah yang sudah lama berada di dalam rahim dan mungkin teroksidasi. Darah coklat atau merah gelap ini juga biasa muncul di awal atau akhir menstruasi, Charm Girls.

Merah Terang
Darah merah terang menandakan darah segar keluar dengan aliran yang stabil dan seiring menstruasi berjalan, darah tersebut akan menggelap kok. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau darahmu akan tetap berwarna merah hingga akhir.


Ada satu hal yang harus diperhatikan, nih Charm Girls. Apabila ada bercak atau perdarahan yang tidak biasa dengan warna merah diantara siklus menstruasi, kemungkinan itu adalah tanda infeksi menular seksual, seperti klamidia atau kencing nanah dan bisa jadi terdapat pertumbuhan lapisan rahim, yang disebut polip atau fibroid. Stay alert ya, Charm Girls!


Abu-Abu
Jika kamu menemukan darah menstruasimu berwarna abu-abu, berarti sudah saatnya kamu pergi ke dokter. Segera beritahu orang tuamu, Charm Girls! Darah abu-abu adalah pertanda kalau sedang terjadi infeksi bakteri di dalam tubuh. Just don’t wait, okay?


Orange
Seperti darah yang berwarna abu-abu, darah oranye adalah tanda bahwa sudah saatnya kamu pergi ke dokter bersama orang tuamu. Darah berwarna oranye ini disebabkan oleh darah yang sudah bercampur dengan cairan serviks. Hal ini juga dapat menjadi tanda telah terjadi infeksi bakteri atau infeksi menular seksual. Charm Girls nggak perlu takut ya dengan warna darah menstruasi seperti ini, semakin kamu waspada, semakin cepat pula kamu mendapatkan penanganan.


Merah muda
Darah berwarna merah muda dapat disebabkan oleh darah yang bercampur dengan cairan serviks juga. Dalam tahap ini kamu dapat menggunakan pengobatan untuk menurunkan hormon estrogen, tapi sebelumnya bilang pada orang tuamu dulu, ya. Ohya, darah merah muda ini juga dapat disebabkan oleh penurunan berat badan yang berlebihan akibat diet ekstrim.
Charm Girls, jangan lupa karena masa pertumbuhan adalah hal yang utama, bakalan baik banget kalau kamu tetap menjaga asupan gizi. Diet boleh, asal jangan sampai kamu menjadi sakit! You’re already beautiful, kok!


Jika kamu menemukan ada sesuatu yang tidak benar dengan darah dan menstruasimu, segera bicara dengan orang tua dan minta mereka mengajakmu ke dokter, yah! Akhir kata, menstruasi memang menjadi salah satu pertanda bahwa kedewasaan kamu sudah tiba. Namun, lebih dari itu… Menstruasi juga dapat menjadi salah satu cara tubuh berkomunikasi denganmu. Sebuah proses yang ajaib sekali kan, Charm Girls.

Komentar (0)
A