Kembali

Girl's Life

Seberapa Penting Pemakaian Kalender Menstruasi? Yuk Cek!

Seberapa Penting Pemakaian Kalender Menstruasi? Yuk Cek!


Setiap perempuan akan mengalami masa menstruasi walaupun berbeda-beda, ada yang datang lebih cepat atau ada yang memang datangnya terlambat. Siklus menstruasi berlangsung rata-rata setiap 28 hari. Ini terus berulang setiap bulannya hingga perempuan memasuki masa menopause atau tidak lagi mengalami menstruasi.

Perempuan memiliki siklus menstruasi normal jika mengalaminya sekali dalam sebulan dengan total 11 hingga 13 kali menstruasi dalam waktu satu tahun kalender. 

Menstruasi sendiri berlangsung selama 2-7 hari, berbeda-beda bagi setiap perempuan, pada masa ini perempuan akan mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium.

Menstruasi bisa mempengaruhi kondisi fisik hingga mood seorang perempuan, kadang juga dibarengi dengan rasa sakit yang luar biasa saat PMS. Penting untuk mulai perhatian dengan kondisi saat menstruasi, hal ini berguna untuk kesehatan dan kenyamanan.

Karena berlangsung berulang dan terus menerus setiap bulan, kejelian untuk melihat tanggal datang bulan akan sangat membantu, caranya bisa dengan kalender menstruasi hingga lewat aplikasi kalender menstruasi. 

Baca juga: Memahami Masa Menstruasi Hingga Siklus Bulanan Yuk!

Apa sih kalender menstruasi itu? 

Kegunaan menghitung siklus haid atau membuat kalender menstruasi akan membantu perempuan mengetahui apakah dia telat menstruasi atau justru terlalu cepat, ini bisa membuat Charm Girls terbantu. 

Pertama apakah karena dikhawatirkan adanya gangguan kesehatan, hingga persiapan mental dan kebutuhan saat menstruasi atau jika sedang program hamil, kalender menstruasi bisa membantu kamu menentukan masa subur.

Jadi pencatatan waktu menstruasi bukan hanya soal mengingat kapan kita akan mulai memasuki masa menstruasi ya Charm Girls, tapi punya banyak fungsi yang berguna.

Fungsi dan seberapa penting pemakaian kalender menstruasi 

Cara menghitung siklus menstruasi adalah dari hari pertama cairan darah menstruasi keluar dalam satu bulan, ini tidak termasuk dengan bercak atau flek coklat yang biasanya muncul sejak jelang menstruasi.

Setelahnya, tandai di kalender tanggal berapa kamu mulai menstruasi di bulan selanjutnya. Contohnya darah menstruasi baru keluar pada tanggal 27 Agustus, maka kamu bisa melihat bahwa kamu akan menstruasi 29 hari setelahnya, atau satu hari jelang menstruasi selanjutnya jika dihitung 30 hari kalender.

Hitunglah jarak menstruasi bulan berikutnya selama 28-29 hari. Tetapi sebaiknya perhatikan perubahan tanggal menstruasi dari bulan ke bulan untuk mengetahui bagaimana biasanya tubuh bereaksi jelang datang bulan. Lakukan pencatatan detil agar kamu tidak lupa.

Baca juga: Cara Menghitung Siklus Mestruasi

Charm Girls, waktu menstruasi kamu juga bisa dipantau menggunakan kalender menstruasi yang tersedia di handphone. Dari aplikasi itu kamu bisa mencatat dan memberi pengingat jelang datang bulan.

Charm Girls juga bisa membuka situs www.charm.co.id/calendar/process.html untuk mencatat waktu menstruasi kamu.

Selain itu sudah banyak aplikasi yang diciptakan khusus untuk membantu pencatatan hingga lebih mudah menghadapi menstruasi.

Beberapa pilihan aplikasi menstruasi yang bisa kamu gunakan, mulai dari Period Tracker Period Calendar, Clue Period Tracker, My Calendar - Period Tracker serta Glow Cycle & Fertility Tracker loh Charm Girls.

Kemudian ada juga Period Tracker App - Eve, Period Tracker Plus, My Cycles Period Tracker dan Cycles - Period & PMS Tracker.

Biasanya aplikasi ini, bukan hanya berfungsi sebagai pencatat tanggal, namun sebagai pengingat, menebak siklus selanjutnya, dan memantau gejala dan mood, kamu juga bahkan bisa mencatat kondisi tubuh saat menstruasi seperti suhu tubuh, berat, mood, gejala dan aliran darah.

Baca juga: Ini 5 Cara Menghitung Siklus Mestruasi

pemakaian kalender menstruasi
Komentar (3)
A

An
Anonymous
Berguna banget artikelnya
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Gitu yaa Cha. Aku sih cukup menandai di kalender tanggal berapa mulai menstruasi
16 days ago
Balas
An
Anonymous
Makasih
4 days ago
Balas