Kembali

Girl's Life

Apakah Benar Daun Sirih Sebagai Cara Menghentikan Haid?

 Apakah Benar Daun Sirih Sebagai Cara Menghentikan Haid?


Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Karena khasiatnya, bahkan beberapa produk kesehatan serta kecantikan juga menggunakan Daun Sirih ini sebagai bahan dasar produknya loh

Daun sirih diketahui mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten dan merupakan sumber kalsium yang baik. Tanaman herbal ini juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit. Mulai dari penyakit gula atau yang biasa disebut diabetes, lalu dapat mencegah karsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker, menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, mengobati bisul dan masih banyak lagi. 

Namun selain itu, untuk kaum wanita, Daun Sirih juga berfungsi sangat baik dalam merawat dan menjaga kesehatan area kewanitaan loh. Manfaatnya pun beragam, seperti mengurangi nyeri pada saat haid, mengobati jerawat, mengobati payudara yang membengkak serta membersihkan area kewanitaan.

Melihat dari manfaatnya, tak mengherankan kalau banyak wanita yang menggunakan Daun Sirih ketika menstruasi. Meskipun begitu, kamu harus tahu cara yang benar menggunakan Daun Sirih saat menstruasi agar terhindar dari resiko berat jika salah memakainya ya.

Baca juga: Amankah Menggunakan Pembalut Daun Sirih dan Herbal Lainnya?

Cara memakai Daun Sirih untuk menstruasi, dan resiko jika salah menggunakan

Sebetulnya, cara menggunakan Daun Sirih untuk menstruasi gampang-gampang susah. Meskipun begitu, kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti cara berikut.

Caranya, siapkan 10 lembar Daun Sirih, lalu cuci dengan bersih. Setelah itu, rebus Daun Sirih dengan menggunakan 500 ml air bersih hingga mendidih. Dinginkan air hingga mencapai suhu ruang.

Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk diminum demi melancarkan haid, hingga mengurangi nyeri saat menstruasi. Air rebusan tersebut juga dapat digunakan untuk kebersihan Miss V dengan cara membasuhnya di area kewanitaan tersebut.

Nah, meskipun Daun Sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pada wanita, ada beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui ketika salah atau terlalu banyak menggunakan tanaman herbal ini pada bagian Miss V.

Meski memiliki khasiat yang baik, tetapi tidak selalu penggunaan Daun Sirih bisa digunakan setiap hari secara rutin. Dikarenakan, penggunaan rutin dapat menghilangkan pH alami yang ada di area intim. Pasalnya, Miss V memiliki bakteri baik yang memang berfungsi untuk menjaga suasana asam di organ intim tetap berada pada suhu normal.

Bahkan sebenarnya, Miss V bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan produk pembersih. Namun, memang ada beberapa situasi tertentu seperti infeksi, sehingga perlu produk pembersih untuk membuat pH alami Miss V kembali normal. 

Tetapi, bila Miss V tidak sedang mengalami masalah dan dalam kondisi normal atau seimbang, ada baiknya jika kamu tidak mengganggu kondisi yang sudah ada dengan perawatan berlebihan. Salah satunya dengan menggunakan air rebusan Daun Sirih yang terlalu rutin.

Tak hanya itu, membersihkan Miss V secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan dan membuatnya menjadi teriritasi. Maka dari itu, kalau kamu pernah punya pengalaman mengalami keputihan berlebihan setelah penggunaan produk pembersih kewanitaan, bisa jadi ini dikarenakan kamu menggunakannya secara berlebihan dan tidak seharusnya.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa menggunakan tanaman herbal ini demi kesehatan kewanitaan seperlunya ya. Apalagi, Daun Sirih terkenal bisa membantumu dalam masa menstruasi. Lalu, apakah Daun Sirih juga bisa menghentikan menstruasi?

Apakah Daun Sirih bisa menghentikan haid

Sejauh ini, masih belum ada penelitian tentang efek meminum Daun Sirih bisa menghentikan haid atau tidak. Sehingga, belum bisa diketahui dengan pasti apakah penggunaan Daun Sirih memiliki manfaat salah satunya yaitu menghentikan haid.

Meskipun begitu, seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, Daun Sirih memang memiliki segudang manfaat, yaitu bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan melancarkan haid.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa penggunaan Daun Sirih bisa menahan pendarahan. Namun, kalimat tersebut sepertinya hanya diperuntukkan bagi pendarahan luka pada kulit saja. Sehingga, lagi-lagi bisa dikatakan belum dapat dipastikan apakah Daun Sirih bisa menghentikan haid atau tidak.

Walaupun begitu, kamu masih tetap bisa menggunakan Daun Sirih untuk keperluan lainnya ya. Salah satunya adalah untuk melancarkan haid dan mengurangi nyeri yang datang saat menstruasi.

Baca juga: 3 Alasan Kamu Butuh Charm Herbal Ansept+! Anti Panik!

cara menghentikan haid dengan daun sirih
Komentar (12)
A

An
Anonymous
Wahhhh aku baru tau Cha kalo manfaat daun sirih itu banyak. Boleh juga nih memakai Daun Sirih untuk melancarkan haid dan mengurangi nyeri yang datang saat menstruasi. Makasih Cha atas artikelnya.
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Yaa
4 months ago
An
Anonymous
Artikel nya bermanfaat bngtt, mkasi chaa
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Siti Kholifah
Makasih infonya
4 months ago
Balas
floating-icon