Kembali

Girl's Life

3 Manfaat Membuang Pembalut Dengan Cara Yang Benar

3 Manfaat Membuang Pembalut Dengan Cara Yang Benar


Menstruasi bukan hanya tentang keluarnya darah dari vagina dan gejala nyeri pada tubuh yang terjadi. Tetapi juga tentang cara perawatan kesehatan vagina dan menjaga kebersihan saat menstruasi seperti cara membuang pembalut yang benar.

Pembalut merupakan salah satu kebutuhan paling utama bagi para perempuan ketika sudah mengalami menstruasi. Tentunya, saat sedang menstruasi, pasti dalam satu hari kita beberapa kali akan mengganti pembalut. Akhirnya, pembalut yang bekas kita pakai pun harus dibuang.

Maka dari itu, Charm Girls harus tau cara membuang pembalut yang benar dan tepat. Pasalnya, membuang pembalut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena membuang limbah produk sanitasi secara sembarangan akan menimbulkan masalah pada lingkungan.

Baca Juga: Menstruasi Pertama Datang? Begini Cara Memakai Pembalut!

Cara membuang pembalut yang baik dan benar

Dikutip dari situs Unicef Indonesia, berikut cara membuang pembalut bekas pakai secara baik dan benar. Perhatikan yah.

1. Gulung pembalut bekas pakai

Hal pertama yang kamu lakukan sebelum membuang pembalut bekas pakai adalah dengan melipatnya. Hal itu diyakini agar darah kotor yang ada di produk tersebut bisa terus berada di dalam pembalut dan tidak keluar.

Setelah menggulungnya, kamu bisa membungkus pembalut bekas pakai tersebut menggunakan kertas koran, kertas bekas, ataupun plastik. Jangan lupa, untuk mengikat atau membungkusnya dengan rapi hingga bagian produknya tertutup semua.

2. Buang ke tempat sampah

Jika pembalut bekas pakai tersebut sudah tertutup secara rapi hingga darah yang ada di dalamnya sudah tak terlihat, barulah kamu bisa buang produk tersebut ke tempat sampah.

Pastikan untuk membuangnya ke tempat sampah ya, jangan ke tempat lain ataupun kloset. Pasalnya, jika kamu membuangnya di kloset, malah akan menyebabkan kloset mampet dan menimbulkan masalah pada lingkungan.

3. Jangan lupa untuk cuci tangan

Setelah selesai membuang pembalut bekas pakai, jangan lupa untuk mencuci tanganmu sampai bersih ya. Selain menghilangkan kotoran, cuci tangan juga untuk membasmi bakteri yang mungkin saja hinggap di telapak kamu.

Dengan membuang pembalut bekas pakai secara tepat dan benar, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh lingkungan loh.

Baca Juga: Pembalut Seperti Apa Sih yang Berbahaya?

Manfaat bagi lingkungan jika membuang pembalut dengan benar

Pembalut yang sudah terpakai bila tidak dibuang dengan benar, akan menimbulkan beberapa masalah. Dampak yang paling utama adalah masalah lingkungan. Bila pembalut dibuang di sembarang tempat, pasti terlihat menjijikkan dan malah bisa menimbulkan penyakit pada lingkungan tersebut.

Maka dari itu, penting banget untuk kamu membuang pembalut bekas pakai dengan cara yang benar dan tepat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat lingkungan dengan membuang pembalut secara tepat dan benar.

Adapun manfaat bagi lingkungan yang bisa kamu rasakan ketika membuang pembalut dengan benar dan tepat, adalah sebagai berikut:

1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan ketika kamu buang sampah pembalut dengan cara salah

Bukan tidak mungkin, kamu akan terserang penyakit jika lingkungan pembuangan sampah pembalut dilakukan dengan cara yang salah. Maka dari itu, pastikan pembalut bekas pakaimu sudah tertutup secara rapi sebelum kamu membuangnya.

2. Terbebas dari polusi udara bila kamu rajin membuang sampah pembalut yang bisa menimbulkan bau busuk

Pembalut bekas pakai tentunya memiliki darah kotor di dalamnya. Jika tidak dibuang secara benar, pembalut bekas itu bisa menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu penciuman-mu. Namun, jika kamu membuangnya dengan benar, maka dirimu pun akan terhindar dari bau tersebut. 

3. Dengan menerapkan cara hidup yang sehat dan bersih kamu bisa menjadi lebih tenang dan nyaman dalam menjalani aktivitas kamu sehari-hari

Jika lingkungan kamu sehat dan bersih, tentunya dirimu akan lebih nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu pun tidak diganggu dengan penciuman bau tak sedap, dan sebagainya.

Maka dari itu, kini kamu harus lebih teliti ketika mau membuang pembalut bekas pakai ya. Pastikan kalau pembalut bekas pakaimu sudah tertutup rapat, dan dibuang di tempat seharusnya.

cara membuang pembalut yang baik dan benar
cara membuang pembalut
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Makasih Cha udah di ingatin 😄. Setelah baca artikel ini aku jadi tau soal pentingnya membuang pembalut dgn cara yg benar dan tepat.
9 days ago
Balas