Kembali

Produk

Menstruasi Pertama Datang? Begini Cara Memakai Pembalut!

Menstruasi Pertama Datang? Begini Cara Memakai Pembalut!


Menstruasi pertama menjadi peristiwa yang penting bagi kehidupan perempuan. Pada saat terjadinya menstruasi pertama kali, tidak jarang kejadian ini menimbulkan rasa bingung dan takut bagi yang mengalaminya. Salah satu hal yang mungkin dipertanyakan ketika menstruasi pertama kali adalah bagaimana cara memakai pembalut.

Umumnya, anak perempuan akan mengalami menstruasi pertama kali pada umur 12 tahun. Namun, ada juga yang sudah mengalami menstruasi sebelum atau lebih dari usia 12 tahun..

Nah, untuk menghindari terjadinya kepanikan ketika mengalami menstruasi pertama kali, kamu harus mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan saat mengalami peristiwa tersebut.

Salah satu persiapannya adalah langkah-langkah untuk memakai pembalut secara benar. Kamu bisa lihat di bawah ini langkah-langkah dalam menggunakan pembalut yang tepat ya.

Baca juga: Memahami Masa Menstruasi Hingga Siklus Bulanan Yuk!

Cara Menggunakan Pembalut yang Tepat

Untuk kamu yang baru mengalami menstruasi atau pun belum, perlu banget untuk mengetahui cara menggunakan pembalut dengan benar. Pasalnya, jika penggunaan pembalut salah, maka bisa memicu gangguan di vagina dan area sekitarnya.

Dengan menggunakan pembalut secara tepat, maka darah yang keluar saat menstruasi bisa tertampung dengan sempurna dan tidak akan mengganggu aktivitas kamu. Namun sebaliknya, jika kamu salah menggunakan pembalut, maka darah haid bisa saja tembus keluar celana.

Nah, berikut cara memakai pembalut yang benar agar kamu nyaman dalam beraktivitas.

  1. Buka kemasan pembalut, termasuk lapisan yang menutupi perekatnya di bagian bawah dan sayap ( jika kamu menggunakan jenis yang bersayap)
  2. Taruh pembalut di sisi yang memiliki perekat di tengah celana dalam.
  3. Untuk pembalut tanpa sayap, posisi depan dan belakang pembalut biasanya sama saja. Namun untuk pembalut yang menggunakan sayap, bagian belakangnya (dekat anus) lebih lebar.
  4. Rekatkan bagian yang lengket agar tidak bergeser kesana kemari saat digunakan.
  5. Setelah pembalut sudah terekat sempurna ke celana dalam, gunakan celana dalam kamu seperti biasa.

Enggak terlalu sulit bukan? Meskipun begitu, pemakaian yang benar tentunya akan meminimalisir kejadian kamu bocor ketika sedang beraktivitas.

Selain menggunakan pembalut dengan benar, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika menggunakan benda untuk menampung menstruasi ini loh.

Baca juga: Menstruasi Pertama Biasanya Terjadi pada Umur Berapa, Ya?

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Pembalut

Adapun hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai pembalut, bisa dilihat di bawah ini.

1.Pemilihan pembalut 

Pembalut di Indonesia sendiri ada berbagai macam bentuk dan fungsinya. Mulai dari pembalut Maxi, pembalut herbal, pembalut wings, hingga pilihan seperti tampon, menstruasi cup, dan lain-lain.

Untuk kamu yang baru pertama kali menstruasi, bisa menggunakan pilihan pembalut wings atau maxi. Namun, kamu juga tak ada salahnya mencoba menggunakan berbagai macam pembalut lain ya untuk menemukan kenyamananmu sendiri.

2. Waktu ganti pembalut 

Idealnya, kamu perlu mengganti setiap empat atau lima kali sehari. Namun, frekuensi ini bisa berubah-ubah tergantung dari kegiatan harian kamu, jumlah darah yang keluar, dan jenis pembalutnya.

Kamu disarankan untuk mengganti pembalut sebelum benar-benar penuh, agar area kewanitaan kamu tidak terlalu lembap. Ini juga bisa mengurangi resiko infeksi pada vagina serta aroma tidak sedap saat menstruasi.

Waktu penggantian pembalut juga sebaiknya ditambah ketika cuaca sedang panas. Pasalnya, keringat yang keluar lebih banyak dan bisa membuat kelembapan di area kewanitaan meningkat. Begitupun ketika kamu berolahraga.

3. Saat membuang pembalut bekas 

Setelah kamu selesai menggunakannya, pembalut bekas tersebut perlu dibuang dengan benar. Kamu bisa melakukan hal ini ketika membuang pembalut bekas:

  • Menggulung dan melipatnya
  • Membungkus pembalut bekas dengan tisu, kertas, plastik, atau bungkus lainnya sebelum membuangnya.
  • Tidak membuang langsung ke dalam toilet karena akan membuat kerusakan pada toilet.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sampai bersih sehabis mengganti pembalut.

Baca juga: Charm Girls, ini 5 tips menjaga kebersihan vagina saat masa menstruasi

Itulah beragam hal yang mesti kamu ketahui ketika mengalami menstruasi pertamamu. Mulai dari pemakaian pembalut dengan benar, dan segudang hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan benda penampung menstruasi ini. Meskipun awalnya mungkin kamu akan merasa tak nyaman, namun dengan pemakaian yang tepat, kamu pun bisa menjalankan aktivitasmu tanpa perlu khawatir bocor.

cara memakai pembalut
menstruasi pertama
Komentar (10)
A

Avatar Profile Image
Hesti Dian Apriani
Terimakasih, sangat bermanfaat sekali
20 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Burhan
Terima kasih
16 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Burhan
Makasih
16 days ago
Balas