Kembali

My Growing Up Body

Cara Cepat Puber? Konsumsi Ini Ya!

Cara Cepat Puber? Konsumsi Ini Ya!


Puber atau pubertas adalah tanda bahwa kamu sudah memasuki fase dewasa. Saat pubertas, ada banyak perubahan fisik dan emosional yang terjadi. Contoh perubahan fisik pada anak perempuan yaitu payudara semakin membesar dan tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh.

Masa puber bisa datang pada waktu yang berbeda-beda tiap individu. Perbedaan usia untuk memasuki fase dewasa ini terkadang bikin beberapa anak jadi minder dan mungkin nggak percaya diri. Namun, ada, lho, beberapa cara agar cepat puber.

Yuk, kita simak, apa aja cara agar masa puber lebih cepat datang!

Baca Juga: Masa Pubertas Berkisar Usia Antara Berapa Sampai Berapa Ya?

Berbagai cara supaya kamu cepat puber

Ada banyak faktor yang bikin masa pubertas kamu dan temanmu bisa berbeda, mulai dari genetik, makanan, kondisi kesehatan, hormon, hingga berat badan. Nah, berikut berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat datangnya pubertas.

1. Makan makanan bergizi

Menambah berat badan adalah cara yang sangat efektif untuk mempercepat datangnya pubertas. Ini karena jaringan lemak dalam tubuh bakal memproduksi hormon-hormon penting yang berperan dalam pubertas, salah satunya hormon pertumbuhan.

Ini juga alasan kenapa kebanyakan anak perempuan yang mempunyai berat badan lebih mengalami pubertas lebih dulu. Maka dari itu, perbanyak makan makanan bergizi dan jagalah kesehatan supaya kamu bisa cepat puber.

2. Perbanyak makan protein hewani

Makan protein hewani dipercaya bisa mempercepat puber dibandingkan makan protein nabati. Hal ini mungkin berkaitan dengan adanya suntikan hormon pertumbuhan pada daging. Alhasil, level hormon seks (seperti estrogen) pada anak yang mengonsumsinya juga meningkat.

Contoh sumber protein hewani yaitu ayam dan daging sapi. Selain daging-dagingan, kamu juga bisa mendapatkan protein hewani dari telur, ikan, atau makanan laut seperti udang, berbagai jenis kerang, cumi, dan kepiting.

Baca Juga: Mengapa Ada Anak yang Terlambat Mengalami Masa Pubertas?

3. Mengonsumsi susu sapi dan produknya

Salah satu cara yang bisa membuat kamu cepat puber adalah mengonsumsi susu sapi dan produknya. Ini karena pemberian steroid dan hormon estrogen sebagai penggemuk sapi akan meningkatkan level estrogen dalam tubuh orang yang mengonsumsinya.

Selain susu sapi segar, kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi keju, yoghurt, kefir, dan produk-produk olahan susu sapi lainnya. Namun, jangan berlebihan dan tetap perhatikan takarannya, ya.

4. Lengkapi piring makan dengan buah dan sayur

Buah dan sayuran memberikan asupan vitamin, serat, serta antioksidan untuk tubuhmu. Semua zat gizi tersebut membantu melindungi tubuh dari penyakit sehingga kamu bisa mencapai masa puber tanpa hambatan.

Tapi, jangan cuma makan buah dan sayuran yang itu-itu aja ya, Charm Girls! Cobalah buah dan sayuran dengan warna yang beraneka ragam, baik dijadikan salad, dimakan segar, atau diolah jadi hidangan lain sesuka hatimu.

5. Makan biji-bijian yang beragam

Cara lain yang akan bantu kamu cepat puber adalah memperbanyak makan bij-bijian, seperti gandum, jagung, quinoa, dan flaxseed. Jangan lupa mencoba produknya juga, seperti roti gandum, pasta, mie, dan sereal sarapan.

Biji-bijian merupakan sumber protein nabati. Fungsi utama protein dalam masa puber adalah membangun jaringan tubuh dan mendukung perkembangan tubuhmu. Dengan begitu, kamu jadi makin tinggi, sehat, dan siap menanti masa dewasa.

Baca Juga: Apa Itu Pubertas? Mengapa Temanku Sudah Menstruasi Sedangkan Aku Belum? 

6. Tidur yang cukup

Sebagai remaja yang lagi giat-giatnya beraktivitas, sesekali kamu mungkin ingin tidur malam untuk menyelesaikan tugas sekolah, ekskul, ataupun kegiatan lainnya. Namun, sebaiknya jangan sampai waktu istirahat kamu jadi berkurang ya, Charm Girls.

Penelitian menunjukkan kalau waktu tidur yang cukup bisa membantu produksi hormon pertumbuhan. Dengan cara ini, masa puber bisa datang lebih cepat. Sementara itu, kebiasaan begadang dan kurang tidur malah bisa menyebabkan masa puber jadi telat.

7. Aktif bergerak

Berdiam diri dan nggak melakukan apa pun seharian nggak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, tubuh juga nggak akan mendapatkan sinar matahari yang cukup kalau kamu jarang beraktivitas.

Dengan aktif melakukan kegiatan di luar rumah, kamu akan merasa bugar karena tubuh dan otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini mengurangi stres serta cemas yang bisa berpengaruh pada hormon-hormon pubertas.

Dari apa yang udah disebutkan di atas, bisa disimpulkan kalau cara terbaik untuk cepat puber adalah menjalani gaya hidup sehat. Makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga yang teratur akan membuat tubuh lebih sehat sehingga membantu kamu yang ingin cepat puber.

Meski begitu, nggak perlu khawatir jika kamu belum mengalami tanda-tanda pubertas. Bisa saja temanmu yang lain pun merasakan hal serupa karena masa pubertas pada seseorang pastinya berbeda-beda.

Jangan sampai masa puber yang belum datang malah bikin kamu nggak menikmati masa remajamu. Tetap lakukan hal-hal yang kamu sukai dan bersabarlah sedikit lagi. Masa puber pasti akan datang pada waktu yang tepat!

cara cepat puber
Komentar (98)
A

An
Anonymous
Ooo gitu caranya, Makasih atas artikelnya Cha 😁
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Iya
3 months ago
Er
Ernawati
Bagus
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Iya
3 months ago
Avatar Profile Image
Fitriyani
Oke
4 months ago
Balas
floating-icon