Kembali

Girl's Life

Stop Begadang! Yuk Mulai Pola Hidup Sehat Dari Sekarang!

Stop Begadang! Yuk Mulai Pola Hidup Sehat Dari Sekarang!


Penting banget untuk kamu selalu menjaga kesehatan tubuh dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan badan yang sehat, kamu pun bisa leluasa melakukan berbagai aktivitas.

Ada berbagai macam cara untuk menerapkan pola hidup sehat yang ideal. Begitupun larangan yang mesti kamu hindari untuk bisa menciptakan pola hidup sehat. Salah satu hal yang harus kamu hindari dalam menerapkan pola hidup sehat adalah aktivitas begadang.

Baca Juga: Macam macam darah haid VS pola hidup sehat

Akibat dari begadang bagi tubuh & emosional

Banyak ahli hingga keluarga terdekat yang melarangmu untuk begadang. Nyatanya, larangan tersebut bukan hanyalah bualan semata loh. Pasalnya, ada berbagai efek yang bisa kamu rasakan jika terus melakukan aktivitas tidak tidur tersebut.

Belum lagi jika efek begadang yang dibiarkan berkepanjangan, bisa menyebabkan gangguan pada kondisi mental dan fisik. Sering begadang juga diketahui bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, dan jantung. 

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, masih ada beberapa efek buruk dari begadang yang penting kamu kenali. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Berat badan naik

Penelitian menunjukkan orang yang sering begadang atau kurang tidur bisa mengalami kenaikan berat badan lebih banyak dibanding orang yang tidurnya cukup setiap hari. Kurang tidur juga bisa membuat tubuh kamu menjadi cepat lapar, sehingga pola makan sulit untuk dijaga. Hal ini membuat orang yang sering begadang lebih berisiko mengalami obesitas.

2. Penuaan dini

Saat begadang atau kurang tidur, tubuh kamu akan lebih banyak menghasilkan hormon stres (krotisol). Hormon ini bisa merusak struktur kolagen pada kulit, yakni protein yang berfungsi membuat kulit kencang dan elastis. 

Rusaknya kolagen bisa menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan, flek atau bintik-bintik kehitaman di wajah, serta mata membengkak dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata.

3. Mudah lupa

Ketika kamu tidur, sel-sel dan jaringan di otak akan mengalami proses perbaikan atau regenerasi, dan terbentuk jaringan yang lebih sehat. Sebaliknya, jika kamu sering begadang, sel-sel dan jaringan pada otak akan rusak dan sulit diperbaiki. Sehingga, begadang bisa membuat fungsi otak terganggu, yang menyebabkan kamu akan lebih sering mengantuk, mudah lupa, dan sulit untuk berkonsentrasi.

4. Penurunan fungsi otak

Begadang dapat mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan berkonsentrasi. Selain itu, kemampuan memperhatikan sesuatu dan tingkat kecepatan juga akan mengalami penurunan, yang dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara atau bekerja.

5. Peningkatan resiko gangguan mental

Riset menunjukkan bahwa orang yang sering begadang akan lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan gangguan tidur berupa insomnia. Dalam jangka pendek, efek begadang bisa meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

6. Peningkatan resiko kanker

Begadang juga berkaitan dengan resiko seseorang terkena kanker. Penelitian menunjukkan, mereka yang kebiasaan kurang tidur lebih berisiko terkena kanker jika dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup sehari-hari. Diketahui belum pasti apa efek begadang terhadap kanker, namun diduga berkaitan dengan stres dan kerusakan sel-sel tubuh.

7. Penurunan sistem imunitas

Riset menunjukkan bahwa kebiasaan begadang, terutama jika kamu tidur kurang dari enam jam, bisa membuat daya tahan tubuh akan melemah. Ini bisa membuat tubuh kamu rentan terinfeksi bakteri dan virus.

Melihat banyaknya akibat yang dapat terjadi dari aktivitas begadang, tak ada salahnya untuk segera menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Agar Menstruasi Tetap Sehat, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Di Rumah

Cara memulai pola hidup sehat bagi remaja

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat. Kamu bisa melihat cara-caranya di bawah ini ya.

1. Merawat kesehatan tubuh

Pola hidup sehat untuk remaja pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merawat kesehatan fisik yang baik. Kamu perlu memperhatikan mulai dari pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, hingga mencukupi kebutuhan tidur dengan baik.

2. Menjaga kesehatan mental

Pola hidup sehat untuk remaja berikutnya yaitu dilakukan dengan menjaga kesehatan mental. Bahwa kondisi kesehatan mental bisa berpengaruh pada fisik dan keseluruhan, sehingga hal ini perlu dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

3. Menjaga kesehatan emosional

Pola hidup sehat yang tak kalah penting untuk remaja adalah menjaga kesehatan emosional. Kondisi kesehatan emosional juga memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan fisik dan keseluruhan. Dengan kamu memperhatikan dan mengelola emosi dengan baik, tentu dapat menciptakan lingkungan dan suasana yang mendukung dalam kehidupanmu sehari-hari.

4. Menjaga perilaku

Pola hidup sehat untuk remaja yang terakhir adalah dengan menjaga perilaku yang sehat. Dalam hal ini, kamu perlu menghindari berbagai kegiatan atau hal buruk yang dapat merusak kesehatan dan kehidupan sosial. Seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, berkendara tanpa memperhatikan keamanan dan keselamatan, hingga melakukan kekerasan yang dapat merugikan dan melukai orang lain.

itulah berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan pola hidup sehat ideal. Jangan lupa juga untuk tidak sering melakukan aktivitas begadang, karena efeknya yang menyeramkan.

charm
pola hidup sehat
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Emang bener begadang gak baik untuk kesehatan. Dan lebih enak tidur sebelum jam 10 mlm. Pas bangun nya itu rasanya badan lebih bugar.
5 days ago
Balas