Kembali

Tentang Menstruasi

Jarak Menstruasi Normal Berapa Hari?

Jarak Menstruasi Normal Berapa Hari?


Menstruasi memang menjadi salah satu hal yang cukup rutin dialami oleh seorang wanita. Terkadang, Charm Girls akan mengalami menstruasi minimal satu bulan sekali pada umumnya nih. Namun, jarak menstruasi yang normal itu seperti apa sih?

Apalagi ada beberapa wanita yang pernah mengalami menstruasi hadir di dua bulan sekali dan sebagainya. Sehingga tak mengherankan, kalau banyak yang masih bingung dan mempertanyakan mengenai jarak menstruasi normal.

Baca Juga: Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?

Penasaran, bukan dengan jarak menstruasi normal itu seperti apa? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

Tentang jarak menstruasi yang normal

Dilansir dari laman Halodoc, masa haid normal memang dapat terjadi lebih cepat atau pun lambat bagi seorang wanita loh. Perbedaan kecepatannya di antara 22 hingga 35 hari, dengan rata-rata jarak menstruasi setiap 28 hari.

Meskipun begitu, Charm Girls bisa dikatakan mempunyai masa haid normal ketika terjadi setiap 23 hingga 35 hari. Tentu saja dengan rentang berlangsung haidnya, dari tiga sampai tujuh hari ya.

Dari pernyataan di atas, bisa disimpulkan jika wanita yang memiliki masa haid normal akan mengalami menstruasi satu kali dalam sebulan ya Charm Girls. 

Dengan kata lain, seorang wanita akan mengalami haid sebanyak 11 hingga 13 kali dalam satu tahun. Banyak banget ya?

Apalagi siklus ini akan terus terjadi hingga kamu memasuki masa menopause loh. Di mana ketika tubuh kamu tidak lagi memproduksi sel telur yang menyebabkan dirimu enggak mengalami menstruasi kembali.

Baca Juga: Jarak Menstruasi Hanya 10 Hari, Normal Gak Ya?

Ciri-ciri menstruasi normal

Lalu, apa sih ciri-ciri menstruasi normal yang bisa kamu lihat untuk mengetahui apakah haid kamu terbilang cukup umum atau tidak? Berikut ciri-ciri menstruasi normal yang harus kamu ketahui nih. Simak saja yuk!

1. Masa Haid

Pada umumnya, wanita akan mengalami haid selama 3 hingga 7 hari. Perbedaan jarak waktu terjadinya haid pada seorang wanita bergantung pada banyak tidaknya darah yang keluar. Jadi, jika masa haid terjadinya kurang dari 3 hari, darah yang keluar biasanya akan lebih banyak.

Lalu, bagaimana dengan wanita yang mengalami haid dengan rentang waktu panjang atau tidak selesai-selesai? Pada haid yang tidak kunjung selesai-selesai, ada beberapa kemungkinan nih alasan dibalik kejadian itu. Misalnya seperti mengonsumsi pil KB, PCOS, adenomiosis, penyakit tiroid, dan obesitas.

Tak ada salahnya juga, jika kamu konsultasi hal ini ke dokter ya. Sehingga, kamu bisa mengetahui kenapa haid kamu tidak kunjung selesai dan bisa segera ditangani oleh ahlinya

2. Berikutnya, Warna Darah

Pada wanita dengan haid normal, darah yang keluar akan berwarna merah terang. Meskipun begitu, tingkat warna keterangan merahnya tergantung pada kekentalan dan volume cairan yang dikeluarkan.

Biasanya pada haid hari pertama dan kedua, darah yang dikeluarkan berwarna merah terang karena  masih segar. Namun ketika menjelang selesai haid, darah yang dikeluarkan akan berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Terakhir, Keputihan

Wanita yang masa haidnya normal akan mengalami keputihan beberapa hari menjelang momen menstruasi nih Charm Girls.

Keputihan ini terjadi karena diproduksi oleh leher rahim (serviks) dan keluar ketika masa subur. Warna cairan yang keluar dari vagina ketika menjelang haid, biasanya berwarna putih bening, dengan tekstur yang lengket dan tidak berbau.

Itulah penjelasan mengenai jarak menstruasi yang umum dan bisa dikatakan normal bagi seorang wanita. Jika kamu khawatir karena menstruasi yang dirimu alami berbeda dengan di atas, tak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter ya.

charm
pembalut charm
jarak menstruasi
jarak menstruasi normal
jarak haid normal berapa hari
Komentar (70)
A

Aa
A'an Firmansyah
Mantap cowo juga harus tau,biar kalo istrinya ada apa2 bisa faham...
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Waaa betul banget nih, yukk baca artikel lainnya di charmgirlstalk.com supaya wawasan kamu semakin luas! :)
2 years ago
Avatar Profile Image
Dwi wicaksono11
Oh ternyata begitu
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
:) iyess Charm Girls! semoga informasinya bermanfaat ya!
2 years ago
Avatar Profile Image
IchaL
Sangat membantu walaupun g mengalami setidaknya tau
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Yeayyy semoga informasi nya membantu yaa!! :)
2 years ago
floating-icon