Kembali

Tentang Menstruasi

Seperti Pahlawan, Pakai Jurus Jitu Ini Saat Menstruasi Pertama!

Seperti Pahlawan, Pakai Jurus Jitu Ini Saat Menstruasi Pertama!


Menghadapi menstruasi pertama memang nggak mudah. Kamu akan menghadapi banyak banget hal baru dan perubahan yang terasa asing pada tubuhmu. Beberapa di antaranya bahkan bisa aja bikin kamu takut, panik, atau bingung.

Tapi, kamu tetap bisa kok melakukan beberapa persiapan supaya badan tetap nyaman pada hari pertama menstruasi nanti. Gimana caranya? Simak jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!

Hal yang akan terjadi saat menstruasi pertama

Menstruasi adalah luruhnya lapisan dinding rahim yang menyebabkan keluarnya darah dari vagina. Kebanyakan cewek mengalami menstruasi di usia 10 - 14 tahun, tapi ada pula yang lebih cepat atau lebih lama dari itu.

Sebetulnya, nggak ada cara pasti buat memperkirakan kapan datang bulan. Tapi, kalau kamu udah mengalami tanda-tanda, kemungkinan dalam 1 - 2 tahun kamu juga akan mengalami yang namanya menstruasi.

Banyak orang mengalami gejala pramenstruasi (PMS) sebelum haid, tapi ada juga yang jarang merasakannya atau bahkan nggak mengalaminya sama sekali. Seiring waktu, kamu bakal terbiasa dan makin jago mengenali gejala haid.

Gejala PMS yang paling umum antara lain:

  • nyeri di perut atau punggung bawah,
  • jerawatan,
  • payudara nyeri dan kencang,
  • perut kembung, dan
  • uring-uringan.

Pada hari menstruasi yang pertama, kamu mungkin bakal melihat bercak kecokelatan di celana. Ini berarti menstruasi berlangsung secara perlahan. Darah haid yang tadinya berwarna cokelat lama-kelamaan akan jadi merah. Semua ini normal ya, Charm Girls!

Sementara itu, ada juga yang langsung mengeluarkan darah berwarna merah dalam jumlah banyak secara tiba-tiba. Warna merah ini menandakan kalau darah belum lama berada di vagina. Lagi-lagi, ini juga tanda menstruasi yang normal.

Setiap orang bisa menghasilkan darah haid dengan warna dan jumlah yang beda-beda. Darah yang keluar pun kadang bisa berwarna gelap atau berbentuk gumpalan. Selama nggak ada gejala yang menghambat aktivitas sehari-hari, kamu nggak perlu cemas.

Cara menghadapi menstruasi pertama

Menjelang menstruasi pertama, tentu ada banyak banget hal yang bikin kamu bingung dan khawatir. Berikut beberapa tips supaya kamu nggak kewalahan saat menghadapi momen penting ini.

Baca Juga: 5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama

1. Ceritakan kecemasanmu ke orang tua

Orang tua bisa jadi tempat pertama buat bertanya atau menceritakan kecemasan yang selama ini kamu simpan sendiri. Ditambah lagi, pengalaman langsung dari orang tua bisa memberimu gambaran kira-kira menstruasi pertama itu seperti apa.

2. Siapkan alat-alat seputar menstruasi

Banyak remaja perempuan takut bakal mengalami haid pertamanya di tempat umum. Buat mengantisipasi ini, kamu bisa sediakan pouch berisikan satu buah pembalut, satu celana dalam ganti, dan tisu basah yang bisa kamu bawa ke mana-mana.

3. Belajar cara pakai pembalut

Buka dulu bungkus pembalut, kemudian lepas strip perekatnya. Tempelkan pembalut ke celana dalam sambil sesuaikan posisi badan pembalut dan sayapnya (kalau memakai pembalut wing). Setelah itu, pakailah celana dalam seperti biasa.

4. Minta bantuan orang dewasa

Menstruasi pertama kadang ada aja masalahnya, mulai dari lupa bawa pembalut, darah yang “tembus”, dan lain-lain. Buat jaga-jaga, mintalah bantuan orang dewasa yang bisa kamu percaya kalau sedang ada di sekolah, misalnya guru atau wali kelas.

5. Cari informasi sebisamu

Kamu bisa cari informasi lebih lanjut seputar lamanya menstruasi, warna darah haid yang normal, atau apa pun itu. Dengan mencari informasi, kamu jadi paham apa yang normal sekaligus terhindar dari mitos-mitos menstruasi yang keliru.

6. Periksa ke dokter kalau ada masalah

Sebagian besar perubahan yang terjadi saat menstruasi itu normal. Tapi, ada baiknya kamu periksa ke dokter kalau darah yang keluar banyak banget. Atau, kamu mengalami nyeri haid parah yang nggak membaik setelah minum obat.

Menstruasi pertama memang bikin deg-degan bagi banyak orang. Namun, persiapan yang kamu lakukan bakal membantumu melewatinya dengan baik. Nah, kira-kira saat ini apa aja yang udah kamu siapkan untuk menghadapi momen penting ini?

charm
pembalut charm
menstruasi pertama
hari pertama menstruasi
cara menghadapi menstruasi pertama
Komentar (21)
A

nu
nurhadijha
nice, sangat membantu
8 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Waaa thankyou ya Charm Girls!! jangan lupa baca artikel lainnya di charmgirlstalk.com yaaaa
5 hours ago
HD
Hanum Dyah Wulandari
info yang membantu, terima kasih
8 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Yeayyyyy terimakasih juga ya Charm Girls. jangan lupa cek artikel lainnya di charmgirlstalk.com yaaa :)
5 hours ago
ck
calista khansa
sangat membantu, terima kasih
8 days ago
Balas