Kembali

Breast Cancer

Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara
Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara


Charm Girls, kamu tahu nggak kalau beberapa jenis makanan bagus untuk mencegah banyak penyakit termasuk kanker payudara? Di sisi lain, ada juga makanan yang justru bikin risiko kanker payudara jadi lebih tinggi.

Apa aja sih, makanan tersebut?

Makanan yang bantu kurangi risiko kanker payudara

Jenis makanan yang tepat bisa bikin badan kamu lebih sehat sekaligus mengurangi risiko kanker payudara. Berikut beberapa contohnya.

1. Sayuran berdaun hijau

Kalau kamu nggak suka sayuran, justru sekarang waktu yang tepat buat mulai makan makanan sehat ini. Soalnya, sayuran berdaun hijau kayak bayam, kangkung, sawi, brokoli, kol, pakcoy, sampai kale yang sekarang lagi ngetren itu gudangnya antioksidan.

Antioksidan adalah zat yang bantu melindungi sel tubuh kamu dari zat berbahaya yang disebut radikal bebas. Kalau sel tubuh terlindung dari radikal bebas, risiko terbentuknya kanker juga makin kecil.

2. Buah beri

Siapa sangka, beri yang imut-imut begini ternyata termasuk makanan yang ampuh buat mencegah kanker payudara. Ada banyak banget buah beri yang bisa kamu coba, mulai dari stroberi, blueberry, sampai blackberry. Makin gelap makin bagus!

Lho, kok makin bagus? Soalnya warna gelap buah beri itu asalnya dari antosianin, zat yang kebetulan juga antioksidan. Udah banyak banget penelitian yang buktiin kalau antosianin bisa mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker.

Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara
Buah Beri untuk Cegah Kanker Payudara

3. Jeruk dan teman-temannya

Masih ngomongin yang segar-segar, sekarang kita beralih ke buah-buahan sitrus kayak jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Seperti sayuran hijau, buah-buahan sitrus itu kaya banget sama vitamin C dan antioksidan, khususnya flavonoid dan beta karoten.

Siapa sangka, vitamin C yang selama ini dikenal sebagai “obat” sariawan ternyata bisa mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh kamu. Sudah gitu, ditambah dengan flavonoid dan beta karoten kabarnya ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, lho!

4. Bumbu dan rempah-rempah

Bumbu dan rempah nggak cuma bikin masakan kamu jadi enak. Ternyata, makanan ini juga punya kandungan vitamin, antioksidan, dan sedikit lemak baik yang bisa bantu mengurangi risiko kanker payudara. Jadi, kalau nanti kamu masak, jangan lupa tambahin peterseli, oregano, kunyit, jahe, ataupun bumbu lainnya yang kamu suka. Tiap bumbu punya manfaat yang beda-beda. Jadi coba pakai semuanya gantian ya, Charm Girls!

5. Bawang-bawangan

Dikenal punya banyak manfaat, bawang-bawangan rupanya juga termasuk dalam geng makanan untuk mencegah kanker payudara. Ini karena bawang putih, bawang bombai, sampai daun bawang pun mengandung banyak zat antikanker.Zat antikanker yang paling banyak ada dalam bawang yaitu vitamin C dan flavonoid. Flavonoid ini keren banget karena dia punya kemampuan buat melawan sel kanker dan mengurangi radang di dalam tubuh kamu. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kayak kacang tanah, almon, mete, kenari, dan sebagainya banyak banget mengandung serat, vitamin, dan mineral. Serat ternyata nggak cuma bikin BAB jadi lancar, tapi juga bantu kurangi risiko kanker. Kalau BAB kamu lancar, badan kamu juga bakal membuang kelebihan estrogen. Estrogen ini sebenarnya hormon penting buat perempuan, tapi kadar estrogen yang ketinggian juga bisa bikin risiko kanker payudara tambah besar. Jadi, apabila kadar estrogen dalam tubuh manusia berlebihan, sebaiknya dibuang.

Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara
Konsumsi Kacang-kacangan Secukupnya untuk Cegah Kanker Payudara

Makanan yang sebaiknya kamu hindari

Selain makanan untuk mencegah kanker payudara, ada juga jenis makanan yang justru bikin risikonya bertambah. Nah, makanan-makanan yang seperti ini sebaiknya kamu batasi atau hindari sepenuhnya kalau bisa.

Apa aja sih, makanan yang harus kamu hindari? Ini daftarnya.

  • Segala macam fast food dan junk food.
  • Makanan yang digoreng, apalagi pakai teknik deep-fry.
  • Produk mengandung gula tambahan, kayak aneka kue, donat, minuman boba, saus botolan, kopi dengan topping, dan yoghurt rasa buah.
  • Produk mengandung gula rafinasi (gula yang dimurnikan), kayak cokelat, es krim, permen, soda, dan jus kemasan.
  • Daging olahan, termasuk sosis, bakso, nugget, dan kornet.
Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara
Hindari Junk Food untuk Cegah Kanker Payudara

Sebenarnya memang nggak ada satu pun makanan yang bisa sepenuhnya mencegah kanker payudara. Tapi, kalau kamu pilih makanan yang sehat, badan pun bakal jadi bugar sehingga risiko kanker ikut turun. Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Anjuran Makan untuk Bantu Cegah Kanker Payudara
CHARM Extra Maxi Wing Pink Ribbon Special Edition
breast cancer
kanker payudara
makanan untuk kanker payudara
makanan cegah kanker payudara
makanan pemicu kanker payudara
pink month
oktober
Komentar (0)
A