Kembali

Breast Cancer

Apa Bedanya Tumor dan Kanker Payudara?
Apa Bedanya Tumor dan Kanker Payudara?


Kanker payudara memang salah satu penyakit dengan kasus kematian terbanyak di dunia. Namun banyak yang belum mengetahui perbedaan antara tumor dan kanker payudara. Meskipun mungkin, ada juga yang berpikir jika tumor payudara itu lebih jinak dari kanker payudara dan mudah untuk disembuhkan.

Namun sayangnya, tidak banyak yang tahu letak perbedaan di antara kedua hal tersebut. Karenanya, tak mengherankan jika sering terjadi salah informasi mengenai tumor dan kanker payudara. Lalu, apa sih perbedaan keduanya?

Apa Itu Tumor dan Kanker Payudara?

Apa Bedanya Tumor dan Kanker Payudara?
Kanker Payudara

Sebelum mengetahui perbedaan di antara tumor dan kanker payudara, kamu harus mengetahui tumor payudara itu sendiri.

Tumor payudara adalah kondisi medis yang memperlihatkan pertumbuhan sel nggak normal di area payudara kamu. Selain itu, tumor juga bisa dikatakan sebagai kondisi pembengkakan yang dikarenakan adanya inflamasi atau peradangan di area tertentu.

Dilansir dari laman Health Line, tumor payudara bukanlah hal yang harus kamu takuti alias kondisi medis ini sangat jinak. Artinya, sel-sel yang abnormal tersebut meskipun bisa bertumbuh, namun mereka tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Lalu, bagaimana dengan kanker payudara itu sendiri? Meskipun hampir mirip dengan tumor, ada perbedaan sedikit yang bisa kamu temukan di kanker payudara menurut laman American Cancer Society. Kanker payudara adalah kondisi medis di mana terjadi pertumbuhan sel abnormal di area payudara yang bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Hal inilah yang menyebabkan kanker payudara sebagai salah satu penyakit yang mengkhawatirkan.

Pasalnya, penyebaran sel abnormal tersebut tidak bertahan di satu area saja. Namun, bisa menyebar ke bagian tubuh lain yang tentunya bisa mengganggu kesehatan tubuh bagian dalam kamu.

Lalu, Apa sih Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara?

Nyatanya ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan di antara kedua kondisi medis di atas. Laman Health Line pun menjabarkan mengenai perbedaan antara tumor dan kanker payudara, yang harus kamu ketahui nih Charm Girls! Yuk disimak!

1. Merasakan nyeri atau tidak

Apa Bedanya Tumor dan Kanker Payudara?
Nyeri Kanker Payudara

Ketika kamu menemukan benjolan di area payudara, dirimu pun bisa merasakan apakah benjolan tersebut terasa sakit atau tidak. Jika terasa sakit ketika disentuh, ada kemungkinan kalau itu merupakan sebuah tumor payudara. Namun sebaliknya, jika sama sekali tidak terasa sakit meskipun sudah disentuh atau ditekan, ada kemungkinan kalau itu adalah kanker payudara.

2. Berbentuk

Jika benjolan yang kamu temukan di area payudaramu terasa keras dan kokoh, ada kemungkinan kalau itu merupakan kanker payudara. Namun sebaliknya, jika terasa lembut dan lembek, ada kemungkinan jika hal tersebut hanya tumor jinak.

3. Pergerakan benjolan

Perbedaan kanker dan tumor payudara juga bisa dilihat dari pergerakan benjolannya. Tumor payudara yang jinak nyatanya bisa bergerak bebas ke kanan dan kiri. Berbanding terbalik dengan kanker payudara yang benjolannya cenderung tidak bisa bergerak bebas.

4. Cepat atau lambatnya pertumbuhan

Pada kasus tumor payudara yang jinak, pertumbuhan benjolan bisa menghilang ketika menstruasi kamu sudah selesai dan bisa muncul kembali pada periode datang bulan selanjutnya. Namun berbeda dengan kanker payudara yang tampak terus menonjol di area tersebut.

Itulah beberapa perbedaan dari tumor dan kanker payudara yang bisa kamu ketahui nih, Charm Girls. Meskipun begitu, jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, disarankan untuk menghubungi dokter jika ditemukan adanya benjolan ya, Charm Girls.

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Apa Bedanya Tumor dan Kanker Payudara?
Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Package
kanker payudara
breast cancer
pink month
oktober
bulan kanker payudara
cek kanker payudara
Komentar (0)
A