Kembali

Breast Cancer

Kenapa Oktober Diperingati Sebagai Bulan Kanker Payudara Sedunia?
Kenapa Oktober Diperingati Sebagai Bulan Kanker Payudara Sedunia?


Charm sebagai produk pembalut wanita mengajak Charm Girls untuk mengenal dan peduli terhadap sesama, terutama penyakit yang memiliki angka kematian terbanyak pada wanita, yaitu kanker payudara di Indonesia. 

Kanker merupakan penyakit dimana adanya pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh. Pertumbuhan sel yang tidak terkendali ini merusak sel normal di sekitarnya dan pada bagian tubuh lain. Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pada tahun 2014 lebih dari 1,5 juta orang Indonesia meninggal karena penyakit kanker.

 

Apa itu Kanker Payudara? 

Kanker payudara merupakan jenis tumor ganas yang berkembang pada sel-sel payudara. Meskipun gak semua penderita tumor berkembang menjadi kanker, tetapi data penelitian menunjukan adanya penurunan usia penderita kanker terutama di usia remaja akibat perubahan gaya hidup. 

Sel pada organ payudara yang tumbuh secara abnormal ini lalu membelah diri lebih cepat dari sel normal lainnya dan terakumulasi dengan membentuk benjolan. 

Kalau tidak ditangani secara cepat dan tepat, sel abnormal ini bisa menyebar melalui kelenjar getah bening sampai ke bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dapat juga menyerang pria, namun memang kebanyakan dialami oleh wanita. Makanya berawal dari banyaknya kasus kanker payudara yang terjadi, bulan Oktober ini diperingati juga sebagai bulan kanker payudara atau Breast Cancer Awareness. Charm sebagai produk pembalut yang sangat dekat dengan kehidupan wanita ingin ikut serta dalam memperingati bulan kanker payudara ini.

 

Kenapa bulan kanker payudara dirayakan Oktober? 

Charm Girls, setiap tahun tepatnya pada tanggal 26 Oktober diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Peringatan tahunan ini bertujuan mengedukasi dan menyebarkan kewaspadaan masyarakat tentang bahaya, penyebab, gejala, tindakan pencegahan, hingga pengobatan jika terkena penyakit kanker payudara. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kanker payudara menempati urutan kedua penyebab kematian setelah kanker serviks atau leher rahim pada wanita.

 

Tapi kenapa ya kok diperingati setiap bulan Oktober? 

Pink Month alias bulan peringatan kanker payudara awalnya ditetapkan pada tahun 1985 di bulan Oktober sebagai hasil kerjasama American Cancer Society dan sebuah perusahaan farmasi di Amerika yang menjadi produsen obat-obatan anti kanker payudara. Tujuan mereka adalah untuk mempromosikan tes mammogram sebagai bagian dari deteksi dini kanker payudara.

Kenapa Oktober Diperingati Sebagai Bulan Kanker Payudara Sedunia?
Tes Mammogram Kanker Payudara

Lalu pada tahun sebelumnya, seorang perempuan bernama Susan Goodman Komen. Dilansir Wikipedia, Komen adalah warga Illinois, Amerika Serikat, kelahiran 1943 yang divonis kanker payudara pada 1977 lalu meninggal pada 1980 di usia 36 tahun. 

Adiknya, Nancy Brinker, merasa kakaknya seharusnya tidak pergi secepat itu kalau ia sadar dan mengetahuinya lebih dini supaya bisa mencegah kanker payudara tersebut. Akhirnya pada tahun 1982, Brinker memutuskan mendirikan sebuah Yayasan Kanker Payudara dengan nama “Susan G Komen for The Cure” dengan tagline “Agar Kanker Payudara Lenyap Selamanya”. 

Yayasan ini lalu menjadi terkenal dan yang terbesar di Negeri Paman Sam saat mereka membagi-bagikan pita berwarna pink kepada para peserta lomba lari di New York tahun 1991.

Nah sejak saat itu Oktober ditetapkan sebagai bulan dukungan terhadap para pengidap maupun penyintas kanker payudara di seluruh dunia, Charm Girls!

Di bulan kanker payudara ini juga, berbagai Yayasan maupun para pejuang kanker payudara di Indonesia saling memberi informasi dan dukungan tentang seluk beluk penyakit yang sebagian besar penderitanya adalah wanita. Tak terkecuali dengan produk pembalut wanita andalan Charm Girls, Charm!

 

Kaitan pita pink dan kanker payudara?

Pita pink digunakan sebagai simbol kepedulian dan menumbuhkan harapan terhadap penderita kanker payudara sejak dicetuskan oleh The Susan G. Komen Breast Cancer Foundation di Amerika Serikat pada tahun 1991 lalu. Sekarang pun pita pink ini sudah menjadi simbol internasional untuk kanker payudara. 

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. 
Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. 

Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Kenapa Oktober Diperingati Sebagai Bulan Kanker Payudara Sedunia?
Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special edition
breast cancer
kanker payudara
sadari
charm extra maxi
cek kanker payudara
oktober
bulan kanker payudara
pink month
Komentar (0)
A