Kembali

Edukasi

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama


Ketika seorang anak perempuan mendapatkan menstruasi pertamanya, Anda akan memasuki  babak baru dalam perjalanan semua orang tua. Tentang emosionalnya; bagaimana Ia  menyiapkan perubahan tubuh, perubahan sikapnya sendiri, dan menyikapi lingkungan teman temannya yang juga mungkin saja menghadapi pubertas juga. 

Fase ini menjadi sangat penting untuk sang buah hati karena apapun yang Anda ajarkan  sekarang akan menjadi bekalnya di masa dewasa sebagai individu yang mandiri. 

Baca Juga : Menstruasi pertama setelah kuret terasa sakit!
 

Anak perempuan dan menstruasi pertamanya 

Menstruasi pertama yang dialaminya pastinya mendatangkan rasa bingung, bahkan ketakutan.  Banyak pertanyaan yang barangkali ingin Ia ajukan, tapi Ia tidak tahu harus memulai dari mana  atau bagaimana mengatakannya. 

Belum lagi PMS, darah, ketidaknyamanan saat memakai pembalut, atau anak laki-laki yang bisa  saja mengejeknya tentu ada dipikirannya setiap saat.  

Lalu, apa yang harus orang tua lakukan saat sang buah hati mendapatkan menstruasi pertama  dengan nyaman dan tenang? Anda perlu mengajarkan beberapa hal tertentu tentang cara  menghadapi menstruasi pertama. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Beritahu semua tentang menstruasi 

Setiap informasi, pengalaman, dan edukasi dari Anda sangatlah penting untuk mencegah hoax yang akan buah hati dapatkan entah darimana nanti. Luangkanlah waktu dan ciptakan suasana  yang nyaman untuk membicarakannya.  

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
Semua Tentang Menstruasi 

Untuk membantu Anda, akses saja Charm Girl’s Talks dengan banyak konten yang menarik dan  edukatif untuk dinikmati bersama sang buah hati. Jadikan momen-monen ini sebagai media  untuk menjalin komunikasi yang baik bersamanya selayaknya seorang teman perempuan yang  seru! 

2. Perkenalkan pembalut 

Saat pertama kali memakai pembalut, putri kecil Anda pasti akan merasa risih dan kurang  nyaman. Seperti ada sesuatu yang mengganjal di selangkangannya. Di sanalah peran Anda  untuk memperkenalkannya dengan pembalut. Mulai dari cara memilih, cara membuka bungkus  pembalut, cara mengetahui kapan Ia harus mengganti pembalut, cara memasangnya ke pakaian  dalam dengan benar, bahkan cara membuangnya, Parents

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
Pembalut itu Apa

3. Ketahui apa yang membuatnya nyaman 

Pre-Menstrual Syndrome atau PMS adalah kumpulan berbagai gejala yang dapat dirasakan  sebelum menstruasi pertama; perutnya terasa tidak nyaman, sakit kepala, kembung, mual,  merasa cepat lelah, dan suasana hati yang tidak stabil. Perkenalkan dengan berbagai macam  remedi yang dapat Anda lakukan di rumah seperti minyak-minyak aromaterapi, teh hangat,  kompres air panas, dan lainnya.  

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
Nyaman Saat Menstruasi

Anda dapat membantunya menyiapkan hal-hal tersebut dan menikmati istirahat bersamanya,  agar suasana menjadi lebih rileks. 

Baca Juga : Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
 

4. Jaga asupan gizinya 

Pilih makanan yang tinggi zat besi, mineral, dan vitamin untuk menjaga kesehatan dan stamina  tubuh sang buah hati. Sayuran hijau seperti bayam dan sawi, buah pepaya, buah bit, dan susu  untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Oh ya, tak ada salahnya juga apabila Anda  memasakkan makanan favoritnya untuk membuat mood sang buah hati kembali. 

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
Cukup Asupan Gizi

5. Pahami moodnya yang naik dan turun 

Mood swing sang buah hati dan sikapnya saat masa pubertas mungkin saja membuat Anda  kesal dan bingung. Jelaskan bahwa perasaan itu adalah Pre Menstruation Syndrome (PMS).  Jelaskan bahwa itu adalah hal yang normal, seolah anak merasa ingin marah, menangis, atau  galau dalam waktu yang hampir bersamaan. Beri pengertian putri Anda agar tetap tenang  meski rasanya ingin meledak. Janganlah Anda ikut terbawa emosi dan mempersulit keadaan ya,  Parents. 

5 cara bantu hadapi anak saat menstruasi pertama
Mood Swing Saat Haid

Begitulah cara menghadapi menstruasi pertama sang buah hati. Kunci dari semua ini adalah  kesabaran dan ketelatenan orangtua dalam mendampingi anaknya. Memang di fase ini seluruh  orang tua dituntut untuk ekstra sabar; baik orang tua dan anak sama-sama berproses dalam  setiap tahapan baru tumbuh kembangnya.

Komentar (0)
A