Kembali

My Growing Up Body

Ini alasan gairah meningkat saat masa menstruasi

Ini alasan gairah meningkat saat masa menstruasi


Wanita akan merasakan tanda sebelum masa menstruasi datang. Meskipun tanda-tanda haid  yang dirasakan berbeda-beda, tapi secara umum biasanya wanita mengalami nyeri, mood yang  mudah berubah bahkan sebagian wanita mungkin merasakan sesuatu saat menjelang masa  menstruasi atau justru saat masa menstruasi, libido mereka cenderung meningkat dan  membuatnya ingin bercinta dengan pasangan; tidak banyak yang menyadari darimana asalnya  gairah seksual ini. 

Baca Juga : Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi

Gairah seksual ini ternyata punya alasan medis! 

Tentunya hal ini lebih dari sekedar memang pasangan terlihat lebih menarik saat Anda sedang  menyambut masa menstruasi, namun ini semua adalah tentang hormon yang bekerja dalam  tubuh. 

Ada banyak hormon yang memiliki peran dalam tubuh Anda saat masa menstruasi, seperti  estrogen, progesteron, dan testosteron. Ketiga hormon tersebut memang yang paling  berpengaruh kepada peningkatan gairah seksual pada Anda. 

Hormon estrogen dan progesteron punya andilnya masing-masing dalam mengatur libido  wanita; hormon estrogen berfungsi meningkatkan gairah untuk melakukan aktivitas seksual.  Sementara, hormon progesteron berguna untuk menstabilkan gairah tersebut.

Bagaimana proses meningkatnya gairah meningkat menjelang haid? 

Sebelum masa menstruasi dimulai, tepatnya beberapa hari sebelumnya; estrogen, progesteron,  testosteron dan Luteinizing (LH) akan bertambah banyak dalam tubuh. Lalu, hormon LH akan  mengirimkan sinyal ke tubuh melepas sel telur untuk menunggu adanya pembuahan. 

Ini alasan gairah meningkat saat masa menstruasi
Hormon Wanita

Kemudian, sebelum perdarahan masa menstruasi mulai terjadi, semua hormon akan berpisah  lalu menjalankan perannya masing-masing. Hormon estrogen dan testosteron akan mengalami  peningkatan, sementara progesteron akan menurun; berarti hormon yang menstabilkannya  berkurang sehingga gairah lebih tidak terbendung. Kombinasi itu akan membuat Anda ingin  bercinta. 

Apalagi, ovulasi sendiri adalah fase dimana paling subur bagi perempuan. Pada masa ini, jangan  heran jika perempuan mengalami dorongan seksual yang lebih tinggi. Meningkatnya jumlah  keputihan menjelang haid juga akan menambah lubrikasi dan memberikan sensitivitas pada  area vagina; untuk sebagian orang hal ini merangsang mereka. 

Baca Juga : Bolehkah keramas saat masa menstruasi?

Apakah aman untuk bercinta atau mastrubasi di masa menstruasi? 

Saat masa menstruasi, mulut rahim akan ada di kondisi terbuka agar darah dan sisa jaringan  dinding dalam rahim yang luruh bisa dikeluarkan dari tubuh. Kondisi mulut rahim yang terbuka  ini akan membuat bakteri lebih mudah masuk dan berisiko menyebabkan infeksi di dalam  rahim.  

Mulai infeksi menular seksual (IMS), misalnya HIV, herpes, sipilis, HPV, gonore (kencing nanah),  dan lain sebagainya. Ini karena mikroorganisme penyebab penyakit tersebut biasanya hidup di  dalam darah, sehingga mikroorganisme tersebut bisa dengan mudah berpindah dan menyebar  melalui kontak dengan darah menstruasi.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi gairah meningkat menjelang haid? Mengingat risiko berhubungan badan pada masa menstruasi apabila tetap dilakukan, mungkin  akan lebih baik untuk mengalihkan gairah Anda. Cobalah untuk menyibukkan diri dengan  aktivitas lainnya; seperti membersihkan rumah ataupun pergi berbelanja.  

Ini alasan gairah meningkat saat masa menstruasi
Mengalihkan Gairah Saat Menstruasi 

Jika kondisi fisik cukup kuat, alihkan pula dengan workout yang ringan atau bahkan lebih baik  pejamkan mata dan beristirahat. 

Normal apabila Anda merasa terangsang selama masa menstruasi. Jadi, sabarlah sejenak  apabila Anda ingin berhubungan seksual dengan pasangan, tunggulah seminggu atau beberapa  hari setelah masa menstruasi berakhir.

Komentar (0)
A