Kembali

My Growing Up Body

Apa itu PMS dan 7 fakta menstruasi perlu kamu tahu
Apa itu PMS dan 7 fakta menstruasi perlu kamu tahu


Charm Girls kamu tau gak sih apa itu PMS? 

Yup betul, premenstrual syndrome atau sindrom  pramenstruasi adalah gejala-gejala yang dialami cewek sebelum memasuki menstruasi. Banyak  yang akan kamu rasain sebelum dan saat menstruasi. Walaupun nggak semua cewek  merasakan hal yang sama, seperti rasa nyeri, badan pegal-pegal, kram, bad mood, dan hal-hal  membingungkan lainnya.  

Tapi menstruasi adalah sebuah siklus yang pasti terjadi pada cewek yang sudah pubertas.  Seperti kamu ketahui dimana dinding rahim akan menebal dan indung telur akan melepaskan  sel telurmya setiap bulan yang dapat dibuahi oleh sperma. Nah, kalo tidak ada pembuahan  pada siklus itu dan tidak terjadi kehamilan, secara otomatis tubuh akan meluruhkan dinding  rahim yang telah menebal tadi menjadi darah menstruasi. 

Baca Juga : PMS (Pramenstruasi Sindrom) itu apa sih?

Charm Girls, selalu ada hal seru saat kita membahas apa itu PMS atau menstruasi. Begitupun  dengan menguak beberapa fakta-fakta terkait PMS dan menstruasi. Yuk, langsung aja kita intip!

1. Darah yang keluar dari tubuh kita, nggak sampe satu gelas. 

Siapa yang suka ngerasa panik ketika lagi menstruasi ngeliat darah banyak banget? Rasanya  kayak air terjun yang deras sekali. Nah, padahal pada umumnya, cewek itu hanya kehilangan  antara beberapa sendok makan hingga 1 gelas darah setiap kali siklus menstruasi — walaupun  tiap cewek bisa berbeda, Charm Girls. 

2. Kamu bakal ngerasain menstruasi dan apa itu PMS sebanyak 400-450 kali seumur hidup! 

Sejak datangnya menstruasi untuk pertama kali hingga terjadi menopause, sebagian besar  cewek akan mengalami 400–450 kali menstruasi selama hidupnya! Tuhkan, PMS dan  menstruasi benar-benar nggak bisa dipisahkan dari hidup seorang cewek! 

Jadi, kalau kamu lagi bete atau sedih gara-gara dapet; inget aja kalo ini adalah proses yang  harus kamu dibawa enjoy karena inilah tanda bahwa kamu adalah cewek yang sesungguhnya,  Charm Girls! 

Apa itu PMS dan 7 fakta menstruasi perlu kamu tahu
Fakta-Fakta Wanita PMS 

3. Orang-orang di negara lain punya panggilan lucu untuk datang bulan loh! 

Ada lebih dari 5.000 sebutan lain untuk menstruasi di seluruh dunia. Kalo di Indonesia sih, kamu  biasanya mengenalnya dengan sebutan “menstruasi”, ”dapet”, ”datang bulan”, atau ”tamu  bulanan”. Di Jerman, haid memiliki nama lain ”Erdbeerwoche”, yang berarti istilah "Strawberry  Week” atau minggu stroberi. Lucu banget yah!

4. Jumlah Pembalut 

Charm Girls suka memperhatikan isi jumlah pembalut Charm di setiap bungkusnya nggak?  Pembalut Charm sendiri rata-rata biasanya berisi 16-20 buah lho! Nah, ternyata menurut  sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Contraception, ini adalah rata-rata jumlah total  pembalut yang digunakan setiap haid datang! 

Nah, ada baiknya kalo lagi jadwal belanja pembalut; nggak ada salahnya beli lebih banyak! Toh,  pembalut akan selalu dipakai kan~ 

Apa itu PMS dan 7 fakta menstruasi perlu kamu tahu
Fakta Tentang Menstruasi 

5. Otak kamu bisa mempengaruhi menstruasi! 

Siapa yang kalo lagi dapet berasa pusing dan lemot? Jadi suka nggak nyambung gitu kalo diajak  ngobrol? 

Nah, pas banget. Menurut University of Bath di Inggris, masa menstruasi tuh bisa  mempengaruhi otak lho. Jadi katanya akibat nyeri kram, kemampuan kognitif otak bisa  menurun dan susah berkonsentrasi! Tenang aja, efeknya nggak seberpengaruh itu, kok! Perbanyak istirahat dan makan makanan bergizi, then you are good to go!

6. Jerawat biasa dan jerawat PMS itu beda! 

Okey setelah mengenal apa itu PMS di atas, ada hal berwarna merah kecil yang bisa bikin bete.  Biasanya muncul tiba-tiba di area wajah kamu. Ahaa... betul jerawat! Tenang- tenang ini hal  alami kok, Charm Girls; nggak usah malu! Nah, jerawat tuh terjadi pas ada sumbatan di kulit  dan terinfeksi dengan bakteri dan sebum. Infeksi tersebut yang bikin radang, pembengkakan,  nyeri, dan kemerahan. 

Apa itu PMS dan 7 fakta menstruasi perlu kamu tahu
Jerawat PMS 

Kalo jerawat yang muncul sebelum menstruasi, prosesnya sih memang sama dengan jerawat  pada umumnya, tetapi ada pengaruh dari hormon, Charm Girls. Jumlah hormon testosteron  yang tinggi di tubuh kamu sebelum menstruasi dapat menyebabkan produksi sebum  meningkat! 

Satu hal lagi, pas jumlah hormon progesteron kembali meningkat, jerawat juga dapat muncul  semakin banyak. Hal ini karena meningkatnya jumlah hormon progesteron dapat menyebabkan  kulit membengkak dan pori-pori kulit semakin kecil, sehingga sebum lebih mudah terjebak  dalam folikel. Huhuhu, serba salah? Nggak juga, kok. Tetap jaga kebersihan, cuci muka dua kali  sehari dan pake obat jerawat kalo emang parah! 

7. Disney punya film tentang menstruasi! 

Siapa sih nggak suka film-film Disney. Cerita tentang putri kerajaannya, keren banget! Nah,  tahun 1946, Disney merilis The Story of Menstruation sebagai bahan topik kelas pendidikan  seks. Banyak yang mengklaim bahwa film ini adalah film pertama yang menggunakan kata  “vagina”. Jadi penasaran pengen nonton yah! Kalo kamu suka nonton video tentang menstruasi  dan kesehatan cewek lainnya, Charm Girl’s Talk juga punya, lho!  

Itulah penjelasan apa itu PMS dan beberapa fakta-fakta PMS hingga menstruasi wanita yang  perlu kamu ketahui. Pastikan kamu nggak terjebak sama hoax dan berita aneh-aneh di internet  yang belum tentu benar secara medis! Take care, Charm Girls!

Komentar (0)
A