Kembali

Love Self, Family and Friends

Bolehkan vaksin covid-19 di saat masa menstruasi?
Bolehkan vaksin covid-19 di saat masa menstruasi?


Asik ..masa menstruasi datang lagi! Gak kerasa yah sudah melewati tahun 2020 dan 2021 di rumah aja dan semua hal cukup menantang untuk dijalani. 

Pandemi yang dihadapi bikin banyak banget perubahan yang terjadi, mulai dari cara sekolah,  cara bergaul dengan teman-teman, sampe cara orang dewasa kerja! Dulu, saat bad mood di masa menstruasi tiba. Kita bisa bebas pergi sekedar main di mall atau bertemu sahabat.  Sekarang hanya sebatas call atau video call :( 

Pandemi kali ini adalah COVID-19 yang disebabkan oleh virus jahat SARS-CoV-2! Nah, COVID-19  ini pada umumnya akan menyerang sistem pernafasan; seperti paru-paru dan tenggorokan.  Namun, seiring waktu, virusnya juga bisa berubah dan membuat kita semakin sakit!

Baca Juga : Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?

Gejala COVID-19 biasanya sih berupa flu, demam, batuk kering, sesak nafas, diare, flu, nggak  bisa mencium aroma dan merasakan makanan di lidah! Lumayan banyak kan, Charm Girls? 

Gimana cara si virus SARS-CoV-2 menyebar?! 

1. Tidak sengaja menghirup droplet atau percikan ludah dari orang yang menderita COVID 19 ketika bersin atau batuk. 

2. Memegang mulut, hidung, atau mata sehabis memegang barang-barang yang terkena  droplet penderita COVID-19, misalnya uang atau gagang pintu tanpa mencuci tangan  terlebih dulu. 

3. Tidak memakai masker lalu dekat-dekat dengan orang yang menderita COVID-19. 

Virusnya gampang nyebar, terus gejalanya gitu doang. Kenapa mesti takut ? 

Kata ‘takut’ mungkin bukan istilah yang tepat untuk menghadapi COVID-19. Karena virus ini  mulai aktif di dalam tubuh mulai 2 hari sampai 2 minggu sejak kamu terkena. Nggak ada yang  tahu apakah kamu atau orang-orang di sekitarmu sudah kena sampai benar-benar dites dengan  PCR atau Antigen. 

Bolehkan vaksin covid-19 di saat masa menstruasi?
Lawan Covid-19

Bayangkan kalo kamu nggak pake masker, pergi ke tempat ramai, lalu menularkan COVID-19 ke  orang-orang atau sebaliknya. 

COVID-19 memang tidak berbahaya untuk kamu… 

...tapi bisa lebih fatal kalo menyerang orang lanjut usia, ibu hamil, perokok, penderita penyakit  tertentu, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti penderita kanker. Sementara  rumah sakit penuh, para dokter kewalahan, dan COVID-19 ini belom ada obatnya.  

Sekalinya terkena COVID-19, seseorang harus menjalani isolasi di mana Ia nggak boleh bertemu  orang sama sekali dan minum obat serta vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu. Ngerti banget, kalo ini semua emang keliatan sulit tapi kamu juga harus menjaga diri, Charm  Girls. Cukup dengan rajin cuci tangan, pakai masker dengan benar, dan nggak usah ngumpul ngumpul dengan banyak orang! 

Sekarang, ada kabar gembira nih, vaksin COVID-19 udah tersedia ! 

COVID-19 sendiri memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu,  diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi. 

Bolehkan vaksin covid-19 di saat masa menstruasi?
Bolehkah Vaksin Covid-19 Saat Menstruasi 

Thanks to science! Hasil kerja keras para ilmuwan berhasil membuahkan hasil. Kini, vaksin  COVID-19 sudah tersedia untuk kita semua. Vaksin dibuat dengan cara melemahkan virus dulu  lalu dimasukkan ke dalam tubuh, jadi tubuh kamu jadi tau cara untuk membuat sistem  kekebalan sendiri dan bisa mampu melawan walaupun kamu terkena COVID-19! Keren banget, kan, Charm Girls?

Segera dapatkan jadwal vaksinasi kamu yah! 

Nah, karena anak berusia 12-17 udah diizinkan; kamu udah punya kesempatan untuk divaksin,  jadi segera daftar, yah! Vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat; boleh  di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta, Charm Girls. 

Perhatikan syarat-syarat sebelom divaksin! 

Nih, biar vaksinasi kamu lancar dan nggak ada komplikasinya; kamu boleh baca beberapa syarat  di bawah ini, Charm Girls! 

1. Tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg. 

2. Kamu nggak punya penyakit bawaan seperti PPOK, asma, penyakit jantung, penyakit. gangguan ginjal, diabetes, penyakit hati yang sedang dalam kondisi akut atau belum terkendali. 3. Kamu pengidap gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk  darah/transfuse. 

4. Nggak ada anggota keluarga serumah yang kontak erat/suspek/konfirmasi/sedang dalam  perawatan karena penyakit COVID-19. 

5. Kamu lagi nggak demam. 

Vaksin saat masa menstruasi emang boleh? 

Ini dia pertanyaan yang banyak dibingungin sama anak cewek. Nah, jawabannya adalah…. KAMU BOLEH VAKSIN SAAT MASA MENSTRUASI! 

Bolehkan vaksin covid-19 di saat masa menstruasi?
Syarat-Syarat Sebelum Vaksin Covid-19 

Para dokter udah pada setuju, nih, kalau vaksin saat masa menstruasi itu nggak masalah asalkan  kamu nggak lagi demam aja! Karena perubahan hormon, beberapa cewek menjelang dan saat  menstruasi memang suka mengalami peningkatan suhu tubuh sedikit dan sakit kepala.

Sedikit informasi tambahan, nih, Charm Girls. Kamu juga perlu tahu kalo siklus menstruasi  seorang cewek dan sistem kekebalan tubuh memiliki hubungan yang sangat erat. Keterkaitan  antara siklus menstruasi dan sistem kekebalan ini terbukti sangat jelas dalam hal seperti  kenyataan bahwa cewek lebih banyak yang memiliki autoimun! 

Nah, namun nggak ada bukti yang jelas kalo vaksin akan mengganggu kekebalan tubuh kamu,  kok! Jadi, masa menstruasi nggak ngaruh pada vaksin. Kalo kamu punya kesempatan untuk  vaksin, ya nggak harus ditunda cuma gara-gara menstruasi, Charm Girls. 

So

, yuk segera vaksin! Ajak juga Mama dan Papa, juga kawan-kawan biar semua bisa terlindungi  dan pandemi bisa segera berakhir! Tetap jaga kesehatan, rajin cuci tangan dan 

have fun 

di  rumah, Charm Girls!

Komentar (0)
A