Kembali

Love Self, Family and Friends

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan


Perbedaan fisik laki laki dan perempuan saat pubertas jelas berbeda. 

Pubertas memang suatu  proses yang ajaib. Bakal banyak perubahan yang terjadi sama tubuh, perasaan, dan juga sikap  kamu, Charm Girls. Nggak hanya oleh anak cewek, anak cowok pun akan mengalami pubertas  dan segala macam perubahannya. Ini perbedaan ciri-ciri dasar pubertas laki-laki dan  

perempuan adalah:

Ciri-ciri Umum Cewek Cowok

Umur terjadinya  

pubertas

8 - 13 tahun 10 - 15 tahun

Umur berhentinya  

pubertas

18-20 tahun 20 - 25 tahun

Hormon yang  

mempengaruhi

Estrogen dan  

Progesteron

Testosteron

Masuk ke bagian tubuh, nih, Charm Girls! Bagian tubuh sih bakal tunjukin perbedaan fisik laki  laki dan perempuan yang paling jelas dan kelihatan. Biar makin seru, kamu juga bisa sambil  bercermin untuk tahu bagian mana dari kamu yang beneran udah tumbuh dan berkembang! 

Baca Juga : Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Perbedaan Fisik Laki-Laki dan Perempuan
Bagian tubuh Cewek Cowok
Otot Massa otot bertambah. Terlihat  jelas di bagian panggul, pantat,  dan pinggang

Massa otot bertambah di  

seluruh bagian tubuh,  

termasuk lengan dan kaki

Badan dan dada Payudara mulai tumbuh. 

Dada dan bahu semakin  

berbidang 

Leher dan suara Suara terdengar lebih tinggi  dan halusTumbuh benjolan yang disebut  jakun. Suara menjadi dalam  dan berat
Rambut dan bulu halus Tumbuh di ketiak, kaki, tangan  dan kemaluan

Tumbuh di ketiak, kaki, tangan,  kemaluan dan juga wajah  

menjadi kumis dan janggut

Nah, dari tabel di atas bisa disimpulkan bahwa baik cowok dan cewek mengalami perbedaan  walau sama-sama mengalami pubertas. Selain perbedaan ciri pubertas laki-laki dan perempuan  adalah yang fisik, perkembangan sistem reproduksi juga punya peranan penting dalam  hidupmu, Charm Girls! 

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Sistem Reproduksi Pada Laki Laki Dan Perempuan

Manusia sebagai makhluk hidup tentunya akan melakukan reproduksi. Sistem reproduksi  merupakan kegiatan berkembangbiak untuk melahirkan keturunan. Itu bertujuan untuk  mempertahankan proses keberlangsungan spesies di dunia. Sepenting itu, Charm Girls.  Mending kita langsung kita lihat perbedaan fisik laki-laki dan perempuan ini ya!

Detail Cewek Cowok
Nama alat reproduksi Vagina Penis

Proses yang akan  

terjadi

Menstruasi sebagai  penanda bahwa sel  telur sudah siap  

dibuahi

Mimpi basah sebagai aktifnya hormon  yang menghasilkan sperma

Ukuran alat  

reproduksi

Tumbuh mengikuti  tubuhMembesar dan bisa bereaksi

Wah, ternyata banyak juga perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yang tentunya kelihatan;  lalu bagaimana dengan perasaan dan sikap yang berubah? Nah, pada umumnya sih baik cewek  dan cowok akan merasakan hal yang sama. Faktor keluarga, gimana cara orang tua mengasuh,  dan tentunya pergaulan kamu, Charm Girls. Namun kamu pasti akan mengalami hal-hal berikut,  lho. 

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Sistem Reproduksi Pada Laki Laki Dan Perempuan

1. Perubahan suasana hati alias super sensitif. Hal ini normal terjadi dan merupakan efek  gejolak hormon di dalam tubuh. 

2. Mulai memikirkan hal-hal seksual serta timbulnya hasrat seksual. 

3. Merasa canggung dan bingung akibat perubahan tubuh yang terlalu cepet. 4. Krisis identitas. Wajar jika kamu kerap merasa galau, kan masa pubertas adalah masa transisi  dari anak-anak menuju orang dewasa. Kamu pasti akan merasa bingung ingin menjadi apa dan  seperti apa. 

5. Ingin diterima sama teman-teman sebaya. Remaja mengalami dorongan untuk menyesuaikan  diri dengan lingkungan sekitarnya, sehingga mudah terpengaruh oleh apa yang dilakukan  teman-temannya.

Kalau kamu ngalamin hal-hal seperti itu, baik cewek atau cowok; mungkin ada beberapa hal  yang bisa kamu cobain untuk menghadapi pubertas. 

1. Pahami dirimu dengan baik 

Perubahan tubuh ini pun berbeda-beda tiap orang. Ada yang cepat, ada pula yang butuh waktu.  Tugas kamu adalah memahami karakter dan reaksimu ketika berhadapan dengan orang lain.  Jika kamu sudah paham, kamu juga harus memahami karakter orang lain sehingga kamu dapat  menempatkan diri dengan baik di mana pun kamu berada. 

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Memahami Karakter dan Reaksimu 

2. Cari bakat dan passion kamu! 

Banyak yang bilang masa remaja sebagai masa pencarian jati diri. Pada saat inilah biasanya  kamu mulai mencari-cari hal mana yang baik, hal seperti apa yang menarik, dan hal apa yang  kamu inginkan. Jika sejak dini kamu sudah menemukan passion, bakat, dan keunikan dirimu  kemudian mengembangkannya dengan baik. Boleh ngonten bikin tutorial yang bermanfaat atau  jadi atlet e-sport juga keren, lho, Charm Girls. 

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Temukan Passion dan Bakatmu 

Nggak mudah, tapi bisa kok. Nyari hobi juga lebih bermanfaat daripada kamu ikut-ikut hal  nggak jelas dan pergaulan yang buruk.

3. Terbuka dengan keluarga 

Walau kamu lebih nyaman cerita sama temen-temen; kamu harus tetap menjalin komunikasi  yang baik dengan keluarga, khususnya orang tua ya!  

Ini perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
Berkomunikasi dengan Orang Tua 

Nggak ada orang tua yang menginginkan hal buruk terjadi kepada anaknya, lho. Selama kamu  masih menjadi tanggung jawab orang tua kamu. Kamu bisa banget cerita apapun dan harusnya  mereka akan bersama-sama untuk memecahkan masalah. 

Pubertas memang akan terjadi; namun kamulah sendiri yang menentukan pilihan untuk  hidupmu. Terus berkarya and 

stay active

, ya Charm Girls!

Komentar (0)
A