Kembali

My Growing Up Body

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?


Parents pernah bingung karena gejala menstruasi mirip dengan tanda-tanda awal kehamilan?  Well, keduanya memang punya gejala yang serupa dan seringkali mengecoh, seperti kram  perut, nyeri payudara, hingga nafsu makan yang meningkat. Walaupun begitu, ada beberapa  perbedaan gejala menstruasi dengan gejala kehamilan muda yang perlu Anda ketahui. 

Kenapa ya gejala menstruasi dan tanda awal kehamilan bisa mirip? 

Gejala menstruasi dengan gejala kehamilan memang serupa karena kedua kondisi ini  disebabkan oleh perubahan kadar hormon menstruasi dalam tubuh. Sebelum masa menstruasi,  kadar progesteron meningkat untuk mempersiapkan masa subur dan kehamilan. Saat tidak  terjadi pembuahan, kadar progesteron turun dan otak melepaskan hormon stres kortisol yang  menyebabkan gejala PMS seperti sakit kepala, tubuh lesu, dan lain-lain. 

Baca Juga : 5 gejala menstruasi yang normal terjadi pada wanita!
 

Namun saat terjadi pembuahan dan kehamilan, hormon progesteron justru semakin meningkat  untuk menjaga ketebalan dinding rahim. Inilah alasan mengapa gejala PMS dan tanda awal  kehamilan menjadi mirip satu sama lain.

Walaupun serupa, ada beberapa perbedaan gejala menstruasi dan gejala kehamilan muda  yang perlu Anda perhatikan agar tidak terkecoh. Yuk, simak satu per satu! 

Baca Juga : 5 gejala menstruasi yang normal terjadi pada wanita! 

1.Kram perut 

Kram atau nyeri di perut dan area sekitarnya memang salah satu gejala menstruasi yang mirip  dengan tanda awal kehamilan. Tapi ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu Anda  ketahui untuk membedakannya. 

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Kram Perut Saat Menstruasi 

Kram atau nyeri perut saat menstruasi terjadi karena rahim yang kontraksi saat meluruhkan  dinding rahim dan mengeluarkan darah menstruasi. Gejala ini biasanya muncul beberapa hari  sebelum menstruasi, lalu pelan-pelan berkurang dan hilang total setelah menstruasi berakhir.  

Sedangkan saat Anda hamil muda, kram perut biasanya disebabkan karena proses implantasi  atau proses pembuahan. Rasa nyerinya memang lebih ringan dan biasanya dirasakan di perut  bagian bawah atau punggung bawah. Namun tidak seperti saat menstruasi, kram nyeri saat  hamil muda bisa terjadi lebih dari seminggu, bahkan hingga berbulan-bulan.

2.Nyeri payudara 

Menjelang menstruasi maupun saat awal kehamilan, payudara memang sering terasa lebih  berat dan nyeri. Namun yang membedakan nyeri payudara saat menstruasi dan saat kehamilan  adalah durasinya.  

Saat PMS, nyeri payudara biasanya hanya berlangsung beberapa hari sebelum haid. Namun  saat hamil, nyeri payudara bisa berlangsung selama masa kehamilan. Selain itu, kondisi  payudara saat hamil juga terasa lebih sensitif dan pegal dibandingkan saat  PMS. 

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Payudara Terasa Nyeri 

Baca Juga : Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan 

3. Kelelahan 

Sering merasa lesu dan lelah saat PMS? Hal tersebut juga terjadi di awal kehamilan. Namun rasa  lelah tersebut biasanya berangsur hilang saat menstruasi tiba. Sedangkan jika Anda hamil  biasanya kelelahan akan berlangsung lebih lama bahkan bertahan sepanjang kehamilan. 

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Tubuh Merasa Lelah

4. Peningkatan nafsu makan 

Ngidam merupakan salah satu gejala umum yang terjadi di awal kehamilan. Begitu pula dengan  gejala menstruasi yang membuat kita jadi lebih cepat lapar. Apa yang membedakannya ya? 

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Peningkatan Nafsu Makan

 Saat menjelang datang bulan, nafsu makan biasanya meningkat namun tidak ada keinginan  spesifik mengenai makanan yang diinginkan. Sedangkan saat hamil, ngidam lebih merujuk  kepada perubahan selera makan yang spesifik yang jarang dikonsumsi sebelumnya dan harus  segera terpenuhi. Selain itu, kehamilan juga bisa membuat seseorang lebih sensitif dengan  aroma atau kandungan suatu makanan. 

5. Pendarahan 

Gejala yang satu ini memang membingungkan karena seringkali disangka sebagai gejala  menstruasi. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara pendarahan saat hamil dan darah  yang keluar karena haid. 

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Pendarahan Saat Hamil 

 

Saat menstruasi, darah yang keluar biasanya lebih kental bahkan bergumpal, dengan merah tua  atau coklat gelap. Aliran darah juga biasanya lebih deras, dan berlangsung selama 3 hingga 7  hari seperti haid pada umumnya. 

Namun saat hamil muda, darah yang keluar biasanya berupa bercak atau flek, dengan warna  cenderung merah muda atau kekuningan. Bercak ini juga hanya keluar beberapa hari di awal  kehamilan.

Kapan perlu memastikan kehamilan? 

Walaupun Anda bisa memperhatikan perbedaan gejala menstruasi dan gejala kehamilan muda,  gejala-gejala tersebut tidak selalu memastikan kehamilan loh Parents. Jika Anda mencurigai  kehamilan, baiknya segera cek menggunakan test pack. Selain mudah didapatkan, test pack  juga mudah digunakan dan hasilnya cukup akurat hingga 99%.  

Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?
Cek Kehamilan dengan Test Pack 

Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama Anda terlambat haid atau 1-2  minggu setelah berhubungan intim. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tunggu sampai Anda  terlambat menstruasi selama 1-2 minggu, Parents. 

Namun Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk menggunakan test pack. Setelah  mengalami gejala-gejala kehamilan, gunakan test pack setidaknya 10 hari setelah telat haid.  Karena kehamilan baru bisa terdeteksi di rentang waktu tersebut. 

Setelah terkonfirmasi hamil lewat test pack, Parents bisa segera mengunjungi dokter  kandungan untuk berkonsultasi. Dengan memeriksakan kehamilan sedini mungkin secara rutin  ke dokter, maka Parents bisa mengurangi resiko keguguran dan masalah kesehatan lainnya  selama masa kehamilan.

Komentar (0)
A