Kembali

My Growing Up Body

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Ciri-ciri darah haid, awas anemia!


Namanya juga menstruasi, pasti akan ada ciri-ciri darah haid yang keluar dari tubuhmu. Proses  yang terjadi kurang lebih setiap satu bulanan ini akan mengeluarkan darah yang berasal dari  luruhnya dinding rahim, Charm Girls. 

Nah, karena pengalaman menstruasi tiap cewek tuh berbeda. Ada yang mengalami haid teratur  dengan hanya sedikit perdarahan, tetapi ada pula yang mengalami menstruasi dalam jangka  waktu panjang dan mengeluarkan darah cukup banyak. Istilah medis sih bilang kondisi  banyaknya darah yang keluar dari vagina saat haid disebut menorrhagia.  

Baca Juga : Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!

Normalnya menstruasi 

Nah, dalam keadaan normal, seorang cewek tuh bakal mengalami menstruasi selama 3–7 hari.  Ciri-ciri darah haid yang keluar berjumlah sekitar 30–40 ml per siklus atau paling enggak dia  hanya mengganti pembalut sebanyak 3 atau 4 kali per hari. 

Udah nggak normal nih kalo menstruasi kamu berlangsung selama lebih dari 7 hari dan  perdarahannya lebih banyak dari biasanya. Perdarahan yang berlebihan ini bisa membuat kamu  lebih sering mengganti pembalut. 

Nah, cewek yang mengalami kondisi ini lebih berisiko terkena anemia atau kurang darah,  Charm Girls.

Apa itu anemia? 

Anemia adalah keadaan pas tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel  darah merah nggak berfungsi dengan baik. Akibatnya, oksigen nggak mengalir dalam tubuh dan  bikin penderita anemia pucat dan gampang lelah. 

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Ciri-Ciri Kekurangan Darah Saat Haid 

Darah yang keluar lebih banyak dari yang bisa dihasilkan tubuh 

Perdarahan yang berlebihan juga bisa bikin kamu rentan mengalami kekurangan zat besi. Zat  besi penting banget untuk produksi sel darah merah. Kalo kamu kekurangan zat besi, pasokan  sel darah merah pun akan ikut menurun, Charm Girls. 

Ini dia ciri-ciri kekurangan darah saat haid yang terjadi pada tubuhmu. Nggak usah takut ya.  Dengan tahu informasi berikut, kamu jadi tahu deh harus apa, Charm Girls!

1. Perhatikan wajah kamu! 

Hayo, coba ambil kaca dan bercermin. Kulit terutama bagian pipi dan bibir bakal keliatan pucat.  Lapisan bagian dalam kelopak mata juga, warnanya nggak lagi keliatan pink kemerahan. 

2. Rasakan apakah hal-hal ini terjadi pada tubuhmu 

Ciri-ciri kekurangan darah saat haid lainnya adalah saat kamu merasakan dada kamu berdebar  dan diiringi rasa nyeri dada. Ya, tentu saja akan seperti itu karena jantung lagi bekerja keras  tuh! Nah, jantung yang kelelahan juga bisa bikin kamu sesak nafas.  

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Kekurangan Darah Akibat Menstruasi 

Badan kamu akan terasa lemas banget, bawaannya jadi pengen rebahan. Beberapa orang juga  akan merasakan tangan dan kaki menjadi dingin. 

3. Pikiran dan perasaan kamu juga bakal terpengaruhi 

Bayangin, perubahan hormon gara-gara menstruasi aja bisa bikin kamu cranky, apalagi kalo  ditambah dengan anemia. Kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi dan sakit kepala karena  kurangnya aliran darah ke otak. 

Ih, takut nggak mau kena anemia! 

Tenang aja, Charm Girls. Anemia ini bisa banget kok dihindari dengan menjaga pola makan dan  hidup sehat, kok. Lalu apa saja yang bisa yang kamu lakukan biar nggak ada ciri-ciri kekurangan  darah saat haid.

Memperbaiki pola makan 

Bukan berarti kamu harus makan besi, ingat ini bukan debus, Charm Girls! Ini tanda kamu harus  makan-makanan yang memiliki banyak zat besi seperti daging merah, ikan dan seafood lainnya,  kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, gandum utuh atau sereal yang diperkaya zat besi. 

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Hindari Anemia dengan Memperbaiki Pola Makan

 Zat besi ini bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ kamu bisa dapat  berfungsi dengan baik. 

Vitamin C tambahan, check~ 

Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal. Selain mengkonsumsi asupan  tinggi zat besi, orang yang rentan mengalami anemia juga perlu makan makanan kaya vitamin  C, seperti buah jeruk, kiwi, nanas, tomat, stroberi, brokoli, bayam, kol, dan kentang. 

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Konsumsi Vitamin C

Minum multivitamin 

Kalo kamu orangnya mageran, kamu bisa mengandalkan multivitamin. Nggak hanya mencukupi  asupan nutrisi, multivitamin juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah  berbagai penyakit. 

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Minum Multivitamin Bila Perlu 

Begitulah cara mencegah ciri-ciri kekurangan darah saat haid 

Kamu bisa coba secepatnya untuk menghindari anemia. Tapi, kalau emang ciri-ciri kekurangan  darah saat haid terjadi terus menerus, buruan pergi ke dokter, ya, Charm Girls. Dengan  menemukan penyebab utama anemia, kamu bisa mencegah kondisi ini balik lagi, deh! 

Ciri-ciri darah haid, awas anemia!
Ciri Kekurangan Darah 

Stay healthy, 

Charm Girls!

Komentar (0)
A