Kembali

Stay Productive

Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi
Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi


Saat memasuki masa menstruasi

Setiap perempuan biasanya mengalami gejala premenstrual  syndrome (PMS) yang berbeda-beda, salah satunya adalah perubahan mood tanpa alasan yang  jelas alias mood swing. Padahal kalau mood lagi jelek, rencana seharian bisa jadi berantakan!  Gimana sih cara mengatasi bad mood saat PMS? 

Perubahan mood memang merupakan salah satu gejala umum yang dialami perempuan saat  sedang PMS. Umumnya bad mood mulai muncul satu minggu hingga beberapa hari menjelang  haid hari pertama. Selain itu, mood buruk makin diperparah dengan gejala PMS yang berkaitan  dengan fisik, seperti nyeri atau kram perut dan sakit kepala.

Sebenarnya kenapa sih kita merasakan hal tersebut saat PMS? Sebelum masa pramenstruasi,  tubuh kamu melepaskan hormon estrogen dan progesteron dalam jumlah yang cukup tinggi  untuk mempersiapkan masa subur. Namun saat tidak terjadi pembuahan dalam tubuh, kadar  kedua hormon tersebut turun seiring dengan darah haid yang keluar selama masa menstruasi. 

Lalu apa kaitannya dengan perubahaan mood? Ternyata hormon estrogen berperan penting  dalam tubuh perempuan, salah satunya mempengaruhi produksi endorfin dan serotonin yang  berfungsi untuk mengatur mood, nafsu makan, hingga pola tidur. Sehingga saat kadar estrogen  turun di masa menstruasi, produksi endorfin dan serotonin pun ikut terganggu dan berdampak  pada perubahan emosi. 

Baca Juga : Charm Girls, ini 5 cara menghitung siklus menstruasi!

Bad mood menjelang masa menstruasi memang hal yang menyebalkan, tapi sebenarnya  merupakan hal yang wajar kok! Perubahan mood memang salah satu gejala PMS paling umum  yang dialami perempuan. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa mengatasi hal ini loh Charm Girls!  Yuk, simak cara mengatasi bad mood saat PMS yang bisa kamu lakukan! 

1. Menelopon sahabat atau pasangan  

Saat menelepon dengan sahabat, pasti kamu bisa membicarakan topik ringan dan santai yang  dapat membuatmu tersenyum atau tertawa lepas. Ini ampuh banget buat ngilangin bad mood karena saat kita tertawa lepas otomatis rasa happy bakal dateng menghampirimu, Charm Girls. 

Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi
Atasi bad mood dengan menelfon sahabat

2. Mendengarkan musik  

Mendengarkan musik yang ngebeat diyakini bisa membuat mood jadi bersemangat dan suasana  hati kembali ceria. Apalagi kalau musik yang kamu dengerin dari band atau penyanyi yang  emang kamu ngefans banget, bisa bikin senyum-senyum sendiri deh! 

Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi
Mendengarkan Musik 

Baca Juga: Charm Girls, ini 5 tips menjaga kebersihan vagina saat masa menstruasi! 

3. Makan cokelat  

Makan cokelat diyakini bisa menetralkan emosi yang terjadi pada saat wanita sedang PMS.  Karena kandungan antioksidan dan mineral yang terdapat di dalam cokelat dapat menetralkan  emosi. Ayo Charm Girls, mulai deh stok cokelat di rumah buat jaga-jaga kalau PMS dateng, tapi  makannya jangan kebanyakan yaa.. Hehehe :D 

Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi
Makan Cokelat saat PMS

4. Istirahat cukup  

Menjelang menstruasi para wanita yang sedang memasuki masa PMS sebaiknya mengambil  cukup waktu untuk beristirahat. Hal ini penting banget kamu lakukan untuk meredakan  sejumlah gejala yang mungkin akan terjadi jelang menstruasi. 

Cara mengatasi bad mood saat masa menstruasi
Istirahat yang Cukup Saat PMS 

Gimana Charm Girls gambang banget kaan cara ngilangin bad mood saat masa menstruasi?  Kamu bisa coba lakukan hal tersebut biar mood kamu happy terus, selamat mencoba ya Charm  Girls! 

Komentar (0)
A