Kembali

Stay Productive

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!


Ngomongin PMS! 

Perubahan hormon yang dialami cewek emang bikin banyak hal terjadi pada tubuh, termasuk  gejala menstruasi sebagai penanda waktunya udah mau dapet, Charm Girls. Nggak cuma kram  perut, sakit kepala saat haid atau pusing juga dapat terjadi sebagai gejala menstruasi!  Penasaran nggak kenapa bisa terjadi, padahal kepala nggak ada hubungannya sama  reproduksi? Yuk, kita bahas! 

Sakit kepala saat haid emang bisa dateng kapan saja, namun biasanya dua hari menjelang haid  dan tiga hari setelah haid berakhir. Sakit kepala saat haid bisa dirasakan cewek sejak remaja,  selama usia produktif, bahkan menjelang menopause. 

Nah, penyebabnya sakit kepala ini adalah hormon! 

Salah satu penyebab datangnya sakit kepala sebagai gejala mentruasi adalah senyawa bernama  prostaglandin. Prostaglandin akan bikin uterus bekerja sangat keras, sehingga muncul deh  seperti sakit kepala dan kram perut. Lebih lanjut, munculnya keluhan pusing saat haid bisa jadi  berkaitan sama rendahnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. 

Selain itu, sakit kepala saat haid juga berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya stres dan  bete, lho, Charm Girls.

Baca Juga : Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
 

Gimana cara ngehilangin sakit kepala saat haid? 

1. Istirahat dan rebahan 

Nggak usah dipaksain sehat, Charm Girls. Cobalah untuk istirahat sejenak untuk bikin sakit  kepala saat haid lebih reda. Dengan cara ini, kamu akan merasa lebih rileks setelahnya  sehingga nyeri bisa auto berkurang! 

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Istirahat Agar Lebih rileks

2. Relaksasi 

Relaksasi dapat membuat kamu lebih tenang, sehingga tekanan pada fisik dan psikis bisa lebih  reda. Karena itulah, relaksasi dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala saat  haid. Kendaliin stres kamu dengan melakukan latihan pernapasan dalam (deep breathing)  ataupun meditasi. Tarik nafas dan buang~ 

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Relaksasi

3. Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi 

Cokelat gula, makanan yang mengandung MSG, daging olahan, alkohol, keju, dan kafein adalah  makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala saat haid. Untuk itu, cobalah mengurangi  makanan dan minuman tersebut saat kamu mengalami sakit kepala saat haid. Selain itu, Anda  perlu memperbanyak minum air putih.  

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Banyak Minum Air Putih 

4. Pijat 

Pijat bisa menjadi cara yang nyaman banget mengatasi sakit kepala saat haid. Sebab, sakit  kepala saat haid bisa disebabkan oleh otot otak yang tegang karena stres. Cobalah pijat-pijat  ringan di area kepala selama beberapa menit. Pake minyak kayu putih atau telon juga bakalan  nyaman banget~ 

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Pijat Saat Sakit Kepala

Baca Juga : 5 gejala menstruasi yang normal terjadi pada wanita!
 

5. Jauhin gadget kamu sebentar 

Penggunaan smartphone dan laptop terus-terusan dapat bikin gejala sakit kepala kamu makin  parah. Perubahan cahaya dan sinar dari layar komputer tuh bisa merangsang saraf area mata  dan memicu terjadinya sakit kepala.  

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Hindari Gadget 

6. Konsumsi makanan yang tinggi magnesium 

Ingin mengatasi pusing saat haid? Coba makanan yang tinggi dengan magnesium. Menurut  penelitian yang dipublikasikan di jurnal Headache, makanan yang punya banyak akan  magnesium seperti kacang-kacangan, alpukat, ikan yang berlemak, dark chocolate, sayuran  hijau, dan pisang dapat membantu mengatasi sakit kepala saat haid. 

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Konsumsi Makanan Sehat 

7. Hindari aroma yang kuat 

Hindarilah dirimu dari bahan-bahan beraroma kuat, seperti parfum, polusi udara, produk  pembersih, maupun perisa makanan yang terbuat dari bahan kimia. Biar gak makin pusing~ 

Gejala menstruasi bikin migrain? Ini solusinya!
Jauhi Aroma Kuat

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung kalo sakit kepala saat haid menyerang. Tips-tips di  atas bisa banget kamu jadikan solusi bila keluhan sakit kepala muncul. Mari dicoba, Charm  Girls!! 

Nah, kalo keluhan sakit kepala masih tetap berlanjut dan ganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya  segera berkonsultasi dengan dokter. 

Stay safe, pretty!

Komentar (0)
A