Kembali

Love Self, Family and Friends

Darah menstruasi hitam, serem nggak sih?
Darah menstruasi hitam, serem nggak sih?


Mari sejenak belajar tentang biologi! 

Sebelum membahas tentang menstruasi, yuk kita ingat lagi soal darah! Betul, cairan berwarna merah yang mengalir pada tubuhmu, tapi kenapa darah menstruasi hitam? Yuk disimak artikel ini.. 

Jadi, darah manusia memang merah terang karena punya banyak oksigen sampai merah tua apabila kurang oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin dan protein. Kamu pernah nggak luka karena teriris sesuatu atau jatuh?

Baca Juga : Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya tuh?

Pada awalnya kan darah yang keluar berwarna merah karena masih ‘segar’ dan kaya akan oksigen. Namun, seiring lukamu mengering dan terpapar udara; luka tersebut menjadi kering dan meninggalkan bekas. 

Untuk darah menstruasi juga kurang lebih seperti itu, Charm Girls. Seperti yang kita tahu, cewek yang udah pubertas bakal mengalami siklus menstruasi. Menstruasi adalah waktu dimana cewek mengeluarkan darah-darah yang luruh dari dinding-dinding rahim.

Berarti warna darah menstruasi yang keluar harusnya merah dong? 

Betul, Charm Girls. Tapi, kalo kamu menemukan ada darah hitam saat menstruasi terjadi… Kamu nggak perlu panik! Lho, kenapa?

Darah menstruasi hitam, serem nggak sih?
Warna Darah Menstruasi

Ya, karena darah menstruasi berhubungan juga dengan hormon, kebersihan vaginamu, dan pola makanmu. Warna hitam kecoklatan ini biasanya masih merupakan kondisi yang normal. Tapi warna darah, juga dapat menjadi “petunjuk” terkait kesehatanmu lho.

Secara umum darah menstruasi memang berwarna merah. Saat kamu mangalami warna merah muda, orange, atau bahkan abu-abu kamu harus waspada akan kondisi kesehatanmu karena bisa jadi itu tanda infeksi. Nah.. untuk menghindarinya kamu wajib menjaga kebersihan vaginamu, dan makan dengan pola sehat tanpa melakukan diet yang gak sehat ya Charm Girls.

Oiyaa.. selama siklus menstruasi sepanjang hidupmu, warna dan konsistensi darah bisa banget berubah-ubah. Kadang darah menstruasi bisa encer dan sedikit, namun mungkin banget mengental dan keluar banyak banget! Bisa berwarna merah terang, cokelat, atau darah hitam saat menstruasi.

Baca Juga : Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!

Darah hitam saat menstruasi, ada alasannya? 

Melihat darah menstruasi hitam memang serem, warnanya pekat nggak kaya darah normal; tapi darah hitam ini tanda tubuhmu sedang bekerja, Charm Girls.

Darah menstruasi hitam atau coklat tua merupakan darah lama, atau darah sisa dari menstruasi kamu di bulan lalu. Karena darah tersebut “menetap” di rahim. Di sana, darah haid bisa bereaksi dengan oksigen (oksidasi). Darah yang sempat mengalami teroksidasi, akan terlihat lebih hitam. Mirip dengan luka yang kita bahas sebelumnya!

Darah menstruasi hitam, serem nggak sih?
Darah Hitam Saat Menstruasi

Dengan keluarnya darah hitam saat menstruasi, itu artinya tubuh berusaha untuk membersihkan diri. Wah, tubuhmu bisa melakukan hal yang keren, kan? 

Gimana cara membedakan darah hitam yang normal dan mana yang bahaya? Darah hitam saat menstruasi yang bersifat normal umumnya keluar sebelum menstruasi benar-benar dimulai dan di hari-hari terakhir menstruasi saja, Charm Girls. 

Namun ketika darah hitam saat menstruasi diiringi dengan sakit pada daerah kewanitaan, bau atau gatal, maka kamu harus banget bilang dengan orang tua di rumah agar mereka bisa membawamu ke dokter, Charm Girls!

Kamu bisa banget menjaga darah menstruasi sehat!
Kalo warna hitam darah menstruasi bikin kamu takut dan menginspirasi kamu untuk punya siklus haid yang normal, ada caranya kok!

Intinya Charm Girls harus tetap menjaga pola makan serta menghindari makanan yang dapat memicu perubahan hormon. Makan makanan yang sehat gitu!

Oh, ya. Selain itu, banyak-banyaklah makan segala sesuatu yang kaya akan zat besi dan kalsium yang punya banyak manfaat untuk bikin dinding rahim jadi sehat. So, kamu bisa terhindar dari masalah haid.

Sayur-sayuran hijau, susu, daging merah, seafood adalah jenis makanan yang pastinya enak dan punya banyak zat besi dan kalsium!

Ohya, jangan lupa untuk rajin olahraga, keep happy; jangan galau-galau mulu, dan minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik!

Komentar (0)
A