Kembali

Love Self, Family and Friends

Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!
Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!


Bila berbicara tentang perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan, tentu banyak sekali perbedaan yang terjadi. Jika harus dijabarkan mungkin akan panjang dan menjadi pembahasan lainnya… Namun, ketika tentang pola pengasuhan anak, seharusnya tidak terlalu banyak berbeda, Parents. 

Buah hati harus dibesarkan dan dibimbing sebaik mungkin; sepenuh hati secara baik dan benar agar di masa depan mereka bisa menjadi seseorang yang beretika, tata krama, dan sopan santun yang baik. 

Tapi, ada beberapa hal yang perlu perhatian ekstra saat Anda memiliki anak perempuan. Ya, sifat perempuan secara alamiah akan lebih kompleks daripada anak laki-laki karena hormon-hormon di dalam tubuhnya yang tidak diproduksi oleh laki-laki. Secara jangka panjang, hormon ini bisa membentuk pola pikir dan perilaku yang lebih kompleks dan sensitif.

Baca Juga : 4 cara mengajarkan anak melindungi diri, wajib Parents ikuti!

Seiring berjalannya waktu ditambah paparan sosial media yang selalu dikonsumsi oleh sang buah hati, mungkin Ia akan bertanya-tanya tentang masalah sudut pandang yang menganggap bahwa cantik identik dengan keindahan fisik.
 

Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!
Cantik dari Hati

Memang sulit untuk mengerti definisi cantik, bahkan bagi Anda yang berada di dunia yang serba ‘filter kamera’. Mungkin orang dewasa sudah bisa membedakan mana yang cantiknya asli dan buatan, namun untuk sang buah hati? Tentunya, Ia butuh bantuan Anda, Parents.

Parents, ajarkan anak tentang cantik dari dalam
Berikan pelajaran berarti untuk menghargai diri sendiri agar Ia bisa mengerti apa saja kelebihan dan kekurangan pada dirinya. Ini bertujuan agar saat beradaptasi dengan lingkungan baru, tidak mudah terbawa arus yang menjerumuskan terhadap hal-hal negatif.

Biarkan, Ia tahu bahwa kecantikan dari dalam yaitu kecantikan yang terpancar dari sifat perempuan itu sendiri. Seperti: Beriman, berakhlak, cerdas, kreatif dan produktif.
Sehingga Ia bisa tampil dengan penuh percaya diri, juga bisa menghargai orang lain, dan mengetahui cantik versinya sendiri, bukan versi orang lain, bahkan bukan versi Anda.

Beri tahu sang buah hati kenyataan yang sesungguhnya
Pemahaman tentang cantik terkadang merupakan sebuah statement yang dinilai hanya dari segi fisik. Masyarakat umum memandang cantik kebanyakan dari segi fisik saja, sesuatu yang tampak di luar dan dapat dilihat secara kasat mata.

Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!
Cantik dengan Menjadi Diri Sendiri

Ceritakan padanya tentang produk kecantikan yang laris manis di pasaran, bisnis salon, tata rias juga klinik kecantikan yang seakan menjadi gaya hidup seseorang. Perspektif cantik yang hanya dilihat dari fisik, kulit putih, rambut panjang hitam, tinggi badan serta tubuh langsing masih sangat mengakar di masyarakat. Banyak perempuan yang berani menghabiskan banyak uang dan membahayakan dirinya sendiri.

Bila, Ia memiliki prinsip yang kuat untuk menjadi dirinya sendiri dengan apapun kelebihan dan kekurangannya, semakin anak dewasa akan tidak terpengaruh oleh perkataan-perkataan jahat di luar sana.

Cantik dan menjaga diri
Cara mendidik anak perempuan untuk menjaga diri tidak hanya untuk mencegah tindak kejahatan pada dirinya. Alangkah baiknya memang, jika anak bisa melakukan hal tersebut, karena perempuan, apalagi jika telah memasuki masa menstruasi atau pubertas, memang seringkali menjadi sasaran penjahat.

Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!
Berani untuk Mengatakannya pada Ibu

Ajarkan Ia untuk menjaga tubuhnya dan tidak membiarkan orang lain untuk menyentuh bagian tubuh tersebut. Pun, kalau ada yang menyentuhnya, anak mesti diajar berani untuk mengatakannya pada Ibu.

Menjaga diri menjadi lebih penting bagi si anak ketika ia tumbuh dewasa, ketika putri kecil Ibu yang manis, tumbuh menjadi gadis yang cantik dan tidak gampang menerima ‘ajakan’ laki-laki serta orang lain yang tidak dikenal, Parents.

Hargai diri Anda juga
Untuk Parents, khususnya Ibu mungkin jarang yang membahas hal ini namun Anda secara bersamaan juga harus mengaplikasikan hal yang sama kepada diri Anda sendiri. Ketika perempuan berhasil menjadikan dirinya perempuan yang utuh, maka kemungkinan besar dapat mendidik anak-anak mereka dengan baik dan benar sehingga ikut mengambil andil untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Parents, ini konsep "cantik" yang perlu banget di share ke buah hati!
Menghargai Diri Sendiri

Jadilah perempuan atau orang tua emas kemudian didiklah generasi emas untuk kehidupan yang lebih baik, ya Parents!

Oh, ya, jangan pernah berhenti untuk terus sharing bersama orang lain dan update terus tentang cara mendidik anak; karena semua anak berbeda dan memerlukan tindakan atau sikap yang berbeda pula. It will be a long process, jadi semoga Anda menikmati prosesnya ya.

Komentar (0)
A