Kembali

Tentang Menstruasi

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham


Pubertas emang aneh banget yah, Charm Girls! Selain badanmu berubah, mama papamu biasanya bakalan lebih bawel. Sebagai orang tua mereka pasti pernah mengalami masa muda dan saat dewasa, mereka tidak ingin anak-anaknya bikin kesalahan kaya dulu. 

Ih, bertumbuh dewasa adalah proses yang rumit ditambah orang tua yang gemar ngatur bakal buat semuanya terasa makin sulit untuk dijalani, ya Charm Girls? Punya orang tua yang banyak aturan bisa jadi hal menyebalkan. Kamu akan ngerasa terkekang karena aturan dan larangan yang mau nggak mau harus kamu taati.

Baca Juga : Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama? - Charm Girl's Talk

Memahami sudut pandang orang tua emang nggak gampang , sebaik apapun hubunganmu dengan mereka, Charm Girls. Namun, menentang mereka, bahkan berpikiran kabur dari rumah tuh nggak akan menyelesaikan masalah. Biarpun sudah mengalami masa menstruasi, kamu belum dewasa seutuhnya. Kamu masih butuh lindungan dan kasih sayang orang tua, lho. Nanti ada saatnya kamu bisa keluar rumah dan memulai hidup mandiri…. Asal kamu bisa menghadapi orang tuamu!

Anggap saja, orang tuamu dengan segudang aturan dan omelannya adalah satu cara yang membuatmu bakal tumbuh menjadi perempuan yang perfect, Charm Girls!

Yuk, bersama kita bahas bagaimana memahami orang tua yang paling kamu sayangi di dunia ini!

1. Dengarkan kata-kata mereka dengan hati 
Pura-pura tutup telinga nggak bakal bikin orang tuamu berhenti mengomel. Meski merasa kesal atau terganggu, pastikan kamu tetap mendengarkan kata-kata mereka dengan pikiran jernih dan hati. Usahakan jangan memberikan respons sampai mereka selesai berbicara. Sikap yang childish nggak bakal mempan, malah kalau kamu menunjukkan sikapmu yang bisa lebih dewasa mereka bisa mendengarkan dan menerima pendapatmu!
 

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Tutup Telinga & Sikap Childish

Percayalah, mendengarkan dengan hati nggak bakal hanya membuatmu ngerti akar masalahnya, tapi juga akan memperbaiki hubungan dengan mereka kok, Charm Girls.

2. Pahami perbedaan! 
Walaupun kamu adalah anak dari kedua orang tua, kamu dan mereka punya perbedaan yang jauh banget, lho! Ini karena kamu dan orang tuamu lahir sebagai dua generasi yang berbeda. Bisa jadi mama papamu punya lingkungan, waktu dan situasi yang beda banget dengan dirimu sekarang; itu dia kenapa mereka masih pake ‘metode’ yang lama untuk ngajarin kamu.

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Orang Tua dan Anak 2 Generasi Berbeda

Misalnya, dulu di jaman orang tuamu belum ada kendaraan umum yang bekerja di malam hari dan jalanan nggak punya penerangan yang baik, itu membuat mereka melarangmu pulang terlalu larut karena berbahaya. Berbeda dengan zaman sekarang, lampu dan kota sudah jadi lebih ramai serta ojek online selalu ada. Masih banyak banget perbedaan lho, jadi coba pahami mereka juga yah, Charm Girls!

3. Membangun kepercayaan orang tua
Orang tuamu mungkin sering lebay banget bikin peraturan. Mulai dari jam pulang, dengan siapa kamu berteman dan gimana kamu harus bersikap. Capek ya? Ngerti kok. Namun, kebebasan dan kepercayaan itu nggak bisa didapatkan begitu saja, Charm Girls. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab dan punya komitmen dengan apa yang jadi keputusanmu.

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Bertanggung Jawab dan Punya Komitmen
dengan Orang Tua

Misalnya, kalau kamu hendak keluar bersama teman; kamu bisa memberitahukan nama lengkap temanmu, termasuk no hp dan alamatnya. Lebih keren juga kalo kamu bisa mem-video call orang tuamu saat kamu lagi bermain dengan temanmu. Setidaknya orang tuamu jadi tahu apa yang kamu lakukan dan merasa tenang. Ohya, membiarkan mama-papa menjemput dan mengantarkan pergi juga bisa jadi solusi, lho, Charm Girls.

4. Cari jalan tengah 
Kalau kamu memang pengen banget sesuatu atau melakukan hal yang mama papamu kurang setuju; pastikan beliau mengerti isi hatimu dan tujuanmu, bicarakan baik-baik. Ungkapkan semua hal yang kamu rasakan, termasuk apa yang kamu suka dan nggak suka. Coba saja cari jalan tengahnya di mana kamu dan orang tua bisa setuju. Mungkin hasilnya nggak sesuai yang kamu inginkan, setidaknya kamu bisa dapat pilihan yang lebih baik daripada tidak sama sekali.

Misalkan, jam pulang di rumahmu adalah jam 5 sore. Namun, ekskul kesukaanmu di sekolah selalu selesai jam 7. Nah, mungkin kamu bisa menawar ke orang tuamu untuk pulang jam 6 sore dengan cara minta ijin pulang lebih cepat ke guru ekskul. Nah, dengan begitu kamu bisa menyelesaikan masalah dan menemukan jalan tengah. Keren banget, Charm Girls.

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Minta Ijin Pulang Lebih Cepat

5. Orang tuamu juga manusia 
Di balik aturan-aturan yang bikin bete itu, orangtua selalu ingin terlihat baik agar bisa dijadikan panutan anak-anaknya. Bisa saja orang tuamu bersikap demikian agar nanti kamu bisa menjadi anak yang mandiri, punya batasan, dan aturan. Mereka juga manusia yang kadang membuat kesalahan kok. 

Kelak kamu akan memiliki sudut pandangan yang berbeda tentang menjadi orang tua dan memiliki aturanmu sendiri juga, lho. Jadi, pahami dan bangun terus komunikasimu dan orang tua, Charm Girls!

Peraturan orang tua begitu banyak? Baca ini biar Charm Girls paham
Pahami dan Bangun Komunikasi dengan Orang Tua
Komentar (0)
A