Kembali

Edukasi

Tips Memilih Jenis Bra Terbaik untuk Dipakai Sehari-hari

Tips Memilih Jenis Bra Terbaik untuk Dipakai Sehari-hari


Perubahan fisik yang terjadi pada anak perempuan merupakan hal normal. Ini adalah ciri-ciri dari proses pubertas yang menandakan transisi mereka menuju masa dewasa. Biasanya, perubahan ini terjadi ketika anak berada di rentang usia 10–14 tahun.

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa terkejut, tetapi sebenarnya perkembangan payudara adalah bagian alami dari proses ini. Pada masa-masa seperti ini, biasanya salah satu persiapan yang dilakukan remaja perempuan adalah memilih jenis bra yang akan digunakan nantinya.

Nah, bagi kamu yang sedang menginjak masa puber, sudahkah kamu tahu jenis-jenis bra dan cara memilihnya? Kalau belum, yuk, cari tahu lewat uraian berikut ini!

Apa fungsi bra bagi perempuan?

Saat pubertas, anak perempuan akan mengalami perubahan ciri-ciri fisik, salah satunya perkembangan payudara. Selama fase ini, payudara akan bertambah besar seiring waktu dan areola (area gelap di sekitar puting payudara) juga akan melebar.

Selain membesarnya payudara, kamu mungkin juga mengalami nyeri, kesemutan, atau gatal di sekitar dada. Lagi-lagi, ini adalah hal yang normal dan tak perlu dikhawatirkan. Semuanya merupakan bagian dari proses perkembangan tubuh dari anak-anak menjadi dewasa.

Karena payudara bertambah besar, tentu kamu butuh sesuatu untuk menopangnya dan mencegahnya kendur. Inilah kenapa kamu perlu mulai belajar tentang jenis bra wanita. Kamu juga perlu mempelajari berbagai fungsi bra seperti berikut.

  • Mempertahankan bentuk payudara. Bra dirancang untuk menjaga payudara tetap terangkat dan mencegah kendur
  • Memperbaiki postur tubuh. Bra bisa membantu memperbaiki postur leher dan punggung, serta mencegah masalah otot, terutama jika payudaramu memiliki ukuran yang besar. Dengan begitu, postur tubuh terlihat lebih baik.
  • Memperbaiki bentuk payudara. Tak ada standar tertentu untuk bentuk, ukuran, atau warna payudara, tetapi penggunaan bra yang tepat bisa menciptakan penampilan yang lebih baik
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Mengenakan bra yang sesuai ukuran dan nyaman dapat meningkatkan rasa percaya diri pada diri sendiri.

Mengenal jenis-jenis bra wanita

Sementara itu, berikut adalah jenis-jenis bra sesuai dengan fungsinya masing-masing.

1. Miniset atau bra anak-anak

Miniset juga disebut sebagai bra anak-anak karena cocok digunakan pada tahap awal perkembangan payudara remaja. Miniset didesain elastis untuk menopang payudara yang sedang berkembang sehingga nyaman dipakai sebelum kamu mulai mengenakan bra dewasa.

2. Padded bra

Padded bra merupakan jenis bra yang punya bantalan atau busa di dalamnya. Bra ini cocok digunakan semua wanita, tetapi sangat pas dan cocok untuk wanita dengan ukuran payudara lebih kecil, sehingga memberikan sedikit volume ekstra. Namun, bantalan ekstra pada padded bra terkadang bisa menimbulkan rasa tak nyaman.

3. Push-up bra

Push-up bra dirancang untuk memberikan dorongan ke atas pada payudara dan untuk menonjolkan bagian dada. Bra ini cocok dipadukan dengan pakaian seperti gaun yang agak terbuka.

4. Wireless bra

Wireless bra atau bra tanpa kawat dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan pada wanita. Tubuh bagian atas akan terasa lebih lega karena tidak ada kawat yang menekan. Oleh karena itu, bra jenis ini sangat cocok digunakan saat di rumah atau saat pergi santai ke luar. 

5. Sport bra

Jenis bra wanita yang selanjutnya adalah sport bra yang direkomendasikan saat beraktivitas fisik untuk mengurangi pergerakan payudara dan mengurangi dampak benturan. Bra ini sangat cocok dipakai saat melakukan olahraga ringan.

6. Plus-size bra

Plus-size bra dirancang khusus untuk ukuran payudara besar. Bra ini memberikan kenyamanan karena melindungi hampir seluruh bagian payudara dan bisa memberikan dorongan pada payudara. Cocok digunakan oleh wanita dengan payudara yang lebih berisi.

Cara memilih bra yang nyaman digunakan

Membeli bra, terutama untuk pertama kalinya, bisa menjadi pengalaman yang sangat  membingungkan. Pasalnya, ada begitu banyak ukuran, model, dan bahan yang tersedia di pasaran. Kamu juga perlu menyesuaikan ukuran bra dengan ukuran payudara untuk memastikan kenyamanannya.

Lantas, bagaimana cara memilih jenis bra wanita yang tepat untuk dipakai sehari-hari? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Pilihlah ukuran bra yang cocok dengan lingkar dadamu. Ini merupakan hal paling penting. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mencobanya langsung di toko. Ukuran bra yang tepat akan memberikan fungsi yang maksimal pula.
  • Pada pembelian pertama, kamu bisa membeli model bra biasa. Untuk pembelian selanjutnya, kamu bisa mencoba jenis bra lain sesuai kebutuhan.
  • Pilih bahan bra yang lembut, seperti katun. Katun bisa menjaga suhu tubuh dengan baik dan membuatmu nyaman dalam beraktivitas.
  • Pilihlah warna bra sesuai dengan preferensimu dan cocok dengan pakaian yang sering kamu pakai. Warna netral seperti putih, hitam, atau nude sering menjadi pilihan yang aman karena mudah dipadukan dengan berbagai outfit.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli bra, Charm Girls. Pilihlah bra sesuai dengan kebutuhan, ketertarikan, dan anggaran biayamu. Jangan takut juga untuk bertanya dan mencoba bra yang hendak kamu beli, ya!

jenis-jenis bra
Komentar (0)
A

floating-icon