Kembali

Edukasi

Ini Dia Rekomendasi Makanan Sehat Buka Puasa. Apa Saja Ya?

Ini Dia Rekomendasi Makanan Sehat Buka Puasa. Apa Saja Ya?


Sebentar lagi bulan puasa akan tiba Charm Girls. Nah dalam menjalani ibadah ini, tubuh harus tetap dalam keadaan sehat dan kuat. Makanan untuk buka puasa yang sehat jadi salah satu unsur yang penting loh, karena puasa selama satu hari dapat memiliki berbagai efek pada tubuh, terutama dalam hal penggunaan energi. Sebagian besar efek ini terkait dengan perubahan dalam siklus metabolisme tubuh.

Nah Charm Girls, tubuh memerlukan energi, dan sumber energi utamanya adalah glukosa, yang biasanya berasal dari karbohidrat seperti biji-bijian, produk susu, buah-buahan, sayuran tertentu, kacang-kacangan, dan makanan manis. Saat berpuasa, tubuh mengalami perubahan dalam cara memproses energi.

Pada awalnya, dengan puasa, fisiologi tubuh mengalami perubahan yang melibatkan rasa lapar dan kelelahan karena tubuh merasa kurang energi dari glukosa. Kemudian dimulainya glukoneogenesis, proses di mana glukosa dihasilkan dari cadangan lemak dalam tubuh untuk menyediakan energi. Proses ini, menggunakan glukosa dan lemak yang tersimpan, mengarah pada penurunan berat badan.

Selama fase awal puasa, Charm Girls merasa lapar pada waktu makan biasa, karena otak terbiasa dengan pola tersebut. Namun, seiring waktu, tubuh beradaptasi, dan tingkat kelaparan berkurang.

Makan makanan sehat setelah puasa meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin membantu dalam pembakaran lemak dan melindungi tubuh dari penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Selama puasa, tubuh akan mengalami autophagy, di mana tubuh menghancurkan sel-sel lama atau rusak. Autophagy mendaur ulang sel-sel, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit.

Makanan yang baik dikonsumsi saat buka puasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Saat hendak membuka puasa, penting untuk memulainya dengan makanan yang lembut dan memastikan tidak makan berlebihan ya Charm Girls.

  • Makanan ringan untuk buka

Saat hendak membuka puasa, Charm Girls disarankan untuk melakukannya secara perlahan.Sebaiknya perkenalkan porsi kecil makanan yang lebih mudah dicerna agar tidak memberatkan sistem pencernaan.

  • Hindari makanan yang sulit dicerna 

Membuka puasa dengan makanan tinggi lemak, gula, atau serat bakal sulit dicerna loh Charm Girls. Nah hal ini menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan. Hindari makanan seperti burger berlemak, potongan kue, atau minuman bersoda. Bahkan, makanan tinggi serat seperti buah mentah, kacang, dan biji-bijian mungkin sulit dicerna.

  • Lembutkan makanan saat buka puasa 

Membuka puasa dengan makanan sehat yang lebih mudah ditoleransi dapat membantu mengisi kembali nutrisi dan elektrolit penting sambil memudahkan tubuh beradaptasi dengan makanan kembali ke diet normal. 

Nah nantinya setelah mampu mentoleransi makanan yang lebih lembut, tambahkan makanan sehat lainnya seperti biji-bijian utuh, kacang, sayuran, buah-buahan, daging, unggas, dan ikan untuk kembali makan secara normal.

  • Makanan yang Direkomendasikan 

Charm Girls sebaliknya, makanan kaya nutrisi, mudah dicerna, serta mengandung sedikit protein dan sejumlah lemak sehat dapat membuka puasa dengan lebih lembut, ini dia beberapa rekomendasinya ya Charm Girls.

  • Smoothies:  Minuman yang dicampur bisa menjadi cara lembut untuk memberikan nutrisi karena mengandung lebih sedikit serat dibandingkan buah dan sayuran mentah.
  • Buah Kering:  Kurma adalah sumber nutrisi yang sering digunakan untuk membuka puasa di Arab Saudi. Aprikot dan kismis mungkin memiliki efek serupa.
  • Sup:  Sup yang mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna, seperti tahu, atau pasta, dapat jadi menu buka puasa yang lembut. Hindari sup berat dengan krim atau banyak sayuran mentah yang tinggi serat.
  • Sayuran:  Sayuran yang dimasak, lembut, dan bersifat pati seperti kentang dapat menjadi pilihan makanan saat buka puasa.
  • Makanan fermentasi:  Cobalah yogurt atau kefir tanpa pemanis.

 Pentingnya mengonsumsi makanan sehat saat buka puasa

Berhati-hatilah untuk tidak makan berlebihan ya Charm Girls. Meskipun puasa tidak memberikan penekanan pada jenis makanan sebanyak pada waktu makan, ini bukanlah alasan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat. 

Makan berlebihan dan mengonsumsi makanan cepat saji antara periode puasa dapat membatalkan manfaat kesehatan dari puasa. Sebaliknya, pilihlah makanan utuh yang minim diproses sebanyak mungkin untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Saat berpuasa pilih minuman bebas kalori dan suplemen, jika diperlukan. Beberapa orang memilih untuk mengonsumsi sedikit makanan tertentu untuk mengatasi keinginan makan. Jadi puasa seharian tidak terasa ingin makan ini itu.

Makanan sehat untuk buka puasa sangat penting untuk mendukung proses ibadah yang berlangsung. Berbukalah dengan makanan yang mudah dicerna dan tak mengandung kadar tinggi gula, lemak, serat, atau karbohidrat kompleks yang sulit dicerna.

makanan untuk buka puasa yang sehat
makanan sehat untuk buka puasa
Komentar (0)
A

floating-icon