Kembali

Edukasi

Charm Girls! Siapa yang Sering Mengalami Haid Putus Nyambung? Berikut Penyebabnya.

Charm Girls! Siapa yang Sering Mengalami Haid Putus Nyambung? Berikut Penyebabnya.


Seorang perempuan yang kerap terlambat datang bulan atau terganggu siklus haidnya mungkin mengalami berbagai kondisi yang ada. Tidak melulu haid sesuai dengan jadwal yang ada di kalender. Datang bulan tidak lancar adalah sesuatu yang bisa terjadi pada perempuan, jadi jangan merasa sendiri ya Charm Girls. Selain karena kehamilan terlambat datang bulan itu banyak penyebabnya loh.

Kebanyakan orang yang belum mencapai menopause biasanya mengalami menstruasi kira-kira setiap 28 hari. Namun siklus menstruasi yang sehat bisa berkisar setiap 21-40 hari.

Datang bulan tidak lancar salah satunya bisa terjadi karena seorang perempuan mengalami gangguan hormon, karena dalam proses menstruasi, hormon punya peran penting. Hormon memainkan peran integral dalam kesehatan secara keseluruhan. Akibatnya, ada berbagai tanda yang menunjukkan ketidakseimbangan hormon.

Datang bulan tidak lancar juga bisa disebabkan karena stres, obesitas atau badan yang kurang berat badannya, kemudian Sindrom ovarium polikistik (PCOS), hingga penyakit kronis.

Apa penyebab darah haid terputus-putus

Perempuan juga kerap menghadapi kondisi di mana rasanya darah haid terputus-putus . Ketidakteraturan menstruasi yang terjadi sesekali bukanlah hal yang aneh dan dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup dan fluktuasi hormon. Perubahan ini dapat menyebabkan menstruasi mulai dan berhenti dengan cepat.

Ketidakteraturan menstruasi juga mungkin melibatkan pendarahan ringan atau “bercak” diantara periode menstruasi.

Kadang-kadang kita bisa bertanya-tanya, "Apa sih penyebab darah haid terputus putus?" Nah, sebenarnya setiap orang itu unik, termasuk dalam hal siklus dan periode menstruasi. Jadi, Charm Girls sebenarnya tak panik ada hal-hal juga yang mempengaruhi variasi dalam aliran, durasi, atau gejala bagi setiap perempuan.

Ada momen juga di mana jaringan menstruasi bisa menyebabkan sumbatan di leher rahim, darah dan jaringan menjadi tak bisa keluar dengan leluasa. Namun, biasanya setelah sumbatan itu hilang, periode menstruasi kita bakal berlanjut seperti biasa.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa bikin periode setiap perempuan berubah-ubah tiap bulannya, misalnya stres, olahraga berlebihan, minum obat tertentu, atau sedang dalam kondisi tidak fit. Gaya hidup dan kesehatan juga ikut andil, seperti makanan yang dikonsumsi, perubahan berat badan tiba-tiba, atau bahkan penggunaan alat kontrasepsi hormonal.

Cara mengatasinya

Menstruasi yang tidak teratur sesekali sering terjadi, terutama pada remaja yang baru saja mengalami menstruasi pertama. Namun ada cara mengatasinya, pertama-tama, perhatikan faktor-faktor gaya hidup, seperti stres, pola makan, dan olahraga. Seringkali, hal-hal kecil ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi. 

Jangan ragu juga untuk menemui dokter saat memang ada kondisi atau tanda yang berbeda saat datang bulan, seperti menstruasi yang terlalu lama atau terlalu singkat, atau bahkan tidak datang sama sekali selama tiga bulan (padahal sedang tidak hamil).

Charm Girls juga bisa menemui dokter jika mengalami salah satu gejala berikut:

  • Kram parah atau nyeri lainnya selama suatu periode
  • Pendarahan di sela-sela periode menstruasi
  • Pendarahan yang jauh lebih banyak dari biasanya, atau pendarahan berlebihan yang memerlukan penggantian produk sanitasi setiap jam
  • Periode yang jauh lebih ringan dari biasanya
  • merasa pusing, pusing, atau mual selama suatu periode
  • Gejala pramenstruasi yang parah, seperti depresi atau kecemasan
  • Hingga tak bisa melanjutkan aktivitas karena datang bulan.

Charm Girls bisa melakukan beberapa cara di rumah untuk memperbaiki kondisi saat haid tidak teratur,

1. Kurangi stres dan meditasi

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres emosional yang tinggi memiliki kaitan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Mencari cara untuk mengurangi stres dapat membantu seseorang mengatur siklus menstruasi loh Charm Girls. Menghindari situasi stres dan mengelola harapan keluarga atau tempat kerja dapat membantu.

Meditasi adalah cara sederhana dan gratis untuk mengurangi stres di rumah atau tempat kerja loh Charm Girls.

2. Perhatikan berat batan 

Perubahan berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi seseorang. Memiliki berat badan yang rendah mungkin membuat menstruasi seseorang menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti. Tubuh membutuhkan sejumlah lemak untuk menghasilkan hormon siklus menstruasi, sehingga peningkatan berat badan dapat membantu mengatur menstruasi.

Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan ketidakaturan menstruasi. Menurunkan berat badan dapat membuat siklus menstruasi seseorang menjadi lebih teratur.

3. Olahraga

Berolahraga sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik seseorang dan bisa membantu mengatasi kondisi darah haid terputus putus atau haid yang tidak teratur.

Namun, ketika berbicara tentang olahraga dan menstruasi, keseimbangan menjadi hal yang penting. Berolahraga terlalu banyak dapat mengganggu siklus menstruasi. Olahraga yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan menstruasi seseorang berhenti. Jadi tetap berolahraga dalam porsi yang sesuai ya Charm Girls.

4. Konsumsi vitamin D

Vitamin D dapat membantu mengatur ovulasi.

Menstruasi yang tidak teratur adalah gejala umum dari sindrom ovarium polikistik (PCOS). 

Sinar matahari juga membuat tubuh seseorang menghasilkan vitamin D. Jadi, untuk mendapatkan tambahan vitamin D, luangkan waktu di luar di bawah sinar matahari ya Charm Girls.

Orang juga dapat mendapatkan vitamin D dari ikan berlemak, seperti salmon dan tuna. Beberapa produsen menambahkan vitamin D ke susu nabati yang diperkaya dan sereal. Mengonsumsi suplemen adalah cara lain untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin D.

5. Selalu persiapkan diri saat hadari haid yang tak teratur

Saat kondisi tubuh menunjukkan haid yang terputus-putus atau tak teratur Charm Girls bisa selalu menyediakan pembalut sebagai bagian antisipasi. Tetap catat tanggal menstruasi dan gejala terkait, serta catat perubahan dalam pola atau durasi menstruasi.

Sediakan selalu pembalut dari CHARM, simpanlah beberapa pembalut cadangan di tas atau tempat yang mudah diakses untuk antisipasi, dengan berbagai jenis pembalut dan ukuran yang bervariasi, Charm Girls bisa merasa nyaman saat haid tiba-tiba datang. Gunakan pembalut yang sesuai dengan tingkat aliran menstruasi mulai dari ringan, sedang, atau berat.

Nah, Charm Girls, datang bulan yang tidak teratur adalah hal yang lumrah, terutama bagi remaja yang baru mengalami menstruasi. Beberapa penyebab termasuk gangguan hormon, stres, obesitas, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan penyakit kronis. Darah haid yang terputus-putus juga bisa terjadi disebabkan oleh fluktuasi hormon atau kondisi seperti sumbatan di leher rahim.

Tetapi, jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi ketidakaturan menstruasi  jangan ragu juga untuk segera temui dokter jika kondisi menstruasi atau kesehatan reproduksi sudah menimbulkan ketidaknyamanan.

penyebab darah haid terputus putus
datang bulan tidak lancar
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
floating-icon