Kembali

Edukasi

Ikuti Cara Merawat Area Kewanitaan!

Ikuti Cara Merawat Area Kewanitaan!


Area kewanitaan merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk diperhatikan. Organ reproduksi wanita ini memiliki fungsi yang vital, mulai dari pembuahan hingga melahirkan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan area kewanitaan agar terhindar dari berbagai masalah, seperti infeksi, iritasi, dan bau tidak sedap.

Selain itu, area kewanitaan yang sehat adalah kunci untuk kehidupan seksual yang memuaskan juga, Charm Girls. Namun, tidak semua wanita tahu cara merawat dan menjaga kesehatan area kewanitaan dengan baik. Padahal, cara merawat vagina memiliki banyak manfaat, lho. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mencegah infeksi dan iritasi yang dapat menyebabkan gatal, bau, atau keputihan tidak normal.
  • Menjaga keseimbangan pH dan flora vagina yang berperan dalam melindungi vagina dari bakteri dan jamur yang berbahaya.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan saat berhubungan intim dengan pasangan.
  • Menjaga kesehatan reproduksi dan kesuburan wanita.

Maka dari itu, penting banget buat kita mengetahui cara menjaga kebersihan vagina. Enggak hanya untuk yang sudah aktif secara seksual, tapi wanita pubertas atau yang baru memasuki masa pubertas wajib banget lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Seperti diketahui, area kewanitaan di masa pubertas lebih rentan terhadap infeksi. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas? Berikut beberapa cara merawat area kewanitaan yang bisa kamu jadikan kebiasaan sehari-hari:

  • Bersihkan area kewanitaan secara teratur

Cara merawat vagina yang pertama, adalah dengan rutin membersihkan area kewanitaan dengan menggunakan air hangat secara teratur setidaknya dua kali sehari saat mandi pagi dan malam. 

Kamu juga bisa menggunakan air bersih dan sabun khusus untuk area kewanitaan yang memiliki pH seimbang serta tidak mengandung pewangi atau bahan kimia penyebab iritasi.

  • Bersihkan dengan cara yang tepat

Selanjutnya, pastikan untuk membersihkan vagina dengan cara yang tepat, yakni dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Cara merawat area kewanitaan ini bertujuan untuk mencegah kotoran dari anus masuk ke vagina atau saluran kemih dan menyebabkan iritasi.

Setelah mandi, keringkan area kewanitaan dengan handuk bersih dari arah depan ke belakang. Hindari menggosok area kewanitaan terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi.

  • Buang air kecil dan bersihkan setelah berhubungan seks

Yap, ketika kamu berhubungan seks, ada kemungkinan bakteri didorong dari vagina ke dalam uretra dan meningkatkan kemungkinan infeksi saluran kemih. Maka dari, buang air kecil setelah berhubungan seksual dapat membantu membersihkan bakteri tersebut, Charm Girls. Jangan lupa untuk membersihkan vagina juga menggunakan air hangat, ya.

  • Ganti pakaian dalam secara rutin

Buat yang beraktivitas padat seharian, sebaiknya kamu juga mengganti pakaian dalam secara rutin setidaknya sekali sehari atau lebih sering jika memang sudah lembab atau kotor. 

Sebaiknya pilih juga pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan tidak ketat agar menyerap keringat dan tidak mudah lembab.

  • Ganti pembalut secara rutin

Sedang menstruasi? Pastikan untuk mengganti pembalut atau pantyliner secara rutin sebagai salah satu cara merawat vagina. Setidaknya ganti pembalut sekali setiap 4-6 jam atau dirasa sudah penuh. 

Selain itu, pastikan juga kamu memilih pembalut yang tepat dan terasa nyaman untukmu, serta mampu menyerap cairan seketika dengan maksimal agar menjaga area kewanitaan tetap kering. Sudah pernah coba pembalut Charm Extra Dry?

Pembalut Charm Extra Dry sudah dilengkapi dengan inovasi baru extra dry sheet yang mampu menyerap cairan sebanyak apa pun termasuk juga gumpalan kental yang sering mengganggu. Cairan pun akan terkunci sehingga permukaannya tetap terasa kering.

Bebas basah dan lembab, juga anti iritasi berkat lapisan permukaan pembalut yang lembut dan halus. Pasti nyaman sepanjang hari! Pembalut Charm Extra Dry memiliki dua varian, ada Slim Wing 23 cm untuk sehari-hari dan Wing Long 25 cm untuk kamu yang padat aktivitas.

  • Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

Mengonsumsi makanan tertentu juga bisa jadi cara merawat area kewanitaan, lho. Beberapa makanan yang dipercaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri baik pada vagina adalah yang mengandung probiotik seperti yoghurt, tempe, atau kefir.

Hindari makanan manis, berlemak, atau pedas yang berlebihan. Jangan lupa juga untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk membersihkan racun dari tubuh, ya. 

  • Hindari produk pembersih kewanitaan

Produk pembersih kewanitaan dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina dan menyebabkan iritasi. Jadi sebaiknya dihindari saja. Jika kamu ingin menggunakan produk pembersih kewanitaan, pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi dan pewarna.

  • Jangan mencukur habis rambut kemaluan

Buat yang sudah terbiasa, mencukur habis rambut kemaluan mungkin terasa lebih nyaman. Namun sebaiknya jangan mencukurnya sampai habis, Charm Girls. Ternyata rambut di bagian tersebut berfungsi melindungi vagina dari paparan bakteri merugikan, lho.

  • Periksa kesehatan area kewanitaan secara rutin ke dokter

Cara merawat area kewanitaan  yang terakhir, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di area kewanitaan secara rutin ke dokter. Hal ini penting untuk mendeteksi adanya kelainan atau penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan area kewanitaan, seperti infeksi, kista, miom, kanker, atau penyakit menular seksual.

Apalagi kalau kamu pernah mengalami gejala-gejala yang tidak normal, seperti gatal, bau, keputihan berwarna atau berbau, nyeri, pendarahan, atau benjolan pada area kewanitaan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat, ya!

cara menjaga kebersihan vagina
cara merawat vagina
Komentar (0)
A

floating-icon