Kembali

Edukasi

Tips Mencegah Betis Pegal Saat Haid

Tips Mencegah Betis Pegal Saat Haid


Charm Girls, pernah merasa gak jelang haid, badan sakit saat haid sepertinya lelah sekali, merasakan linu dan kaki pegal saat haid. Nah itu adalah hal yang memang biasa terjadi saat haid ya.

Banyak perempuan mengalami sensasi pegal yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Badan sakit saat haid atau pegal umumnya disebabkan oleh kontraksi otot rahim dan pelepasan prostaglandin, suatu senyawa kimia yang memicu peradangan nih Charm Girls.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di area perut bagian bawah atau yang biasa disebut juga dengan keram.

Beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon, gaya hidup, dan faktor genetik juga dapat mempengaruhi intensitas pegal tersebut. Untuk mengatasi rasa pegal, remaja dapat mencoba berbagai metode, seperti melakukan olahraga ringan, konsumsi makanan sehat, dan mengaplikasikan panas pada area perut.

Selain fokus di perut haid cukup menyakitkan bagi tubuh. Terkadang perempuan merasakan pegal di kaki dan badannya.

Hal ini juga akan semakin terasa jika tubuh seseorang meradang, segalanya bisa terasa jauh lebih buruk.

Penyebab betis pegal saat haid

Nah Charm Girls, kaki pegal saat haid dan badan sakit saat haid adalah salah satu bentuk respons tubuh pada perubahan hormonal yang dialami perempuan menjelang menstruasi. 

Biasanya dirasakan di sekitar pinggang dan perut bagian bawah. Namun, bisa juga terasa di bagian betis. Kondisi ini disebut dengan premenstrual syndrome.

Namun di samping itu, betis pegal juga terjadi karena beberapa hal. Siapapun bisa terkena nyeri otot betis atau pegal di betis. Ini lebih sering terjadi pada atlet dan orang yang berolahraga dan memberikan tekanan berlebihan pada otot betis mereka. Orang yang berusia di atas 65 tahun juga berisiko lebih tinggi mengalami nyeri tungkai bawah karena kelemahan otot, kondisi kesehatan tertentu, atau karena tidak aktif ya Charm Girls.

Faktor lain yang dapat membuat nyeri otot betis lebih mungkin terjadi adalah seperti:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu, termasuk obat penurun kolesterol.
  • Penyakit seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), penyakit hati, penyakit ginjal, diabetes atau penyakit arteri perifer (PAD).
  • Edema (bengkak karena penumpukan cairan) di kaki bagian bawah.
  • Kelelahan akibat panas.
  • Otot betis pendek atau kencang.
  • Merokok atau menggunakan produk tembakau
  • Fibromialgia (nyeri otot dan jaringan penyokongnya)
  • Radang sendi, misalnya karena asam urat, rematik, penuaan
  • Defisiensi vitamin B12

Cara mencegah betis pegal saat haid

Secara umum Charm Girls bisa melakukan upaya untuk mencegah kaki pegal saat haid termasuk untuk seluruh tubuh. Namun yang perlu diingat adalah saat masuk ke masa haid, perempuan akan mengalai perubahan hormon. Hal ini kemungkinan besar akan muncul pada minggu atau hari-hari menjelang haid atau selama haid. Hadir bersama tanda-tanda jelang haid lainnya seperti jerawat, mood yang berubah, mudah lelah dan sebagainya.

Charm Girls yang mengalami hal ini juga perlu memahami bagaimana pegal, nyeri di perut dan tanda lainnya muncul jelang atau selama haid. Ini berguna untuk melihat kondisi tubuh, mengantisipasi jika ada keparahan dan jadi bekal berkonsultasi untuk dokter.

Ada beberapa cara untuk mencegah sakit badan atau pegal di betis:

  • Istirahat

Hindari berjalan atau berlari dengan nyeri otot betis. Jangan memaksakan rasa sakit, karena dapat memperburuk masalah.

  • Hindari kegiatan berat

Saat nyeri sudah datang itu karena aktivitas yang berat. Catat tanggal haid dan segera hindari kegiatan berlebih yang bisa membebankan tubuh dan betis.

  • Olahraga 

Olahraga yang dimaksud disini adalah bukan olahraga ekstrim yang melelahkan, tapi cukup bergerak secukupnya dengan berjalan kaki, jogging atau bisa juga Charm Girls pergi ke tempat gym dan lakukan olahraga ringan selama 30 menit, alhasil tubuh juga bergerak dan lebih sehat

  • Tidur dengan cukup

Kunci kesehatan apapun itu adalah tidur yang cukup. Tidur dapat membantu tubuh beristirahat dan jadi momen memperbaiki sel-sel yang ada di dalam tubuh. 

Mengembalikan energi saat pegal bisa dilakukan dengan tidur yang cukup setidaknya tujuh jam semalam.

Lakukan ini jika pegal betis saat haid sudah mengganggu aktivitas

Nah Charm Girls, jika rasa betis pegal saat haid menghambat aktivitas sehari-hari, kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapat pemeriksaan laboratorium atau rontgen, guna menentukan penyebab dan penanganan yang tepat.

Langkah awal yang dapat diambil adalah bisa dengan mengompres dengan air hangat pada betis yang terasa pegal. Selain itu, konsumsi obat paracetamol dan suplemen vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi pegal. 

Penting juga untuk menghindari aktivitas fisik berlebihan yang melibatkan kaki yang sering merasa pegal. Melakukan olahraga teratur seperti jogging, renang, atau senam dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan. Hindari juga rokok dan konsumsi alkohol untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

kaki pegal saat haid
badan sakit saat haid
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks tipsnya
a month ago
Balas
floating-icon