Kembali

Edukasi

Berikut Area Pijitan untuk Nyeri Haid

Berikut Area Pijitan untuk Nyeri Haid


Nyeri haid adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi. Gejalanya bisa berupa kram, nyeri, atau rasa berat di perut bagian bawah, pinggang, atau punggung yang biasanya terjadi ketika aliran darah sedang banyak-banyaknya alias heavy flow.

Ada banyak cara untuk meredakan nyeri haid, seperti mengonsumsi obat pereda nyeri, mengompres perut dengan air hangat, atau mengatur pola makan dan olahraga. Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri haid, yaitu dengan melakukan pijatan untuk nyeri haid.

Memangnya boleh pijat saat nyeri haid? Secara umum, pijatan untuk nyeri haid aman untuk dilakukan. 

Pijatan adalah salah satu metode relaksasi yang bisa membantu melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa menimbulkan rasa nyaman dan bahagia. Pijatan juga bisa membantu mengatasi nyeri haid dengan cara menekan titik-titik refleksi tertentu di tubuh yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita. 

Namun, sebelum melakukan pijat saat nyeri haid, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau terapis pijat yang berpengalaman. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pijat yang dilakukan aman dan efektif.

Area Pijatan untuk Nyeri Haid

Pijat untuk nyeri haid tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada titik refleksi nyeri haid tertentu yang bisa kamu pijat untuk meredakan nyeri haid: 

  • Perut bagian bawah

Area ini adalah tempat terjadinya kontraksi rahim yang menyebabkan nyeri haid. Dengan memijat perut bagian bawah secara lembut dan melingkar searah jarum jam, bisa membantu merilekskan otot rahim dan mengurangi nyeri. 

Jangan pijat terlalu keras, ya. Pijatan untuk nyeri haid ini bisa dilakukan selama 5-10 menit, 2-3 kali sehari, terutama saat merasakan nyeri.

  • Punggung bagian bawah

Area ini adalah tempat terjadinya nyeri yang menjalar dari perut ke punggung. Dengan memijat punggung bagian bawah secara vertikal dari pinggang ke bokong, bisa membantu mengurangi ketegangan otot dan nyeri. Pijatan untuk nyeri haid ini bisa dilakukan selama 5-10 menit, 2-3 kali sehari, terutama saat merasakan nyeri.

  • Daun telinga

Daun telinga merupakan area yang bisa merangsang banyak saraf tertentu pada tubuh kita. Untuk meredakan rasa nyeri saat haid, kamu bisa memijat area berbentuk segitiga yang juga dikenal sebagai Shen Men.

Titik refleksi nyeri haid ini merupakan bagian kecil di atas daun telingamu yang berbentuk seperti segitiga agak ke dalam. Pijat dengan lembut untuk mengatasi kecemasan dan juga rasa nyeri dari kram.

  • Atas mata kaki

Tempelkan tiga atau empat jari di atas mata kaki, lalu pijat bagian atas dari empat jari tersebut. Beri tekanan selama 3 x 10 hitungan di kedua kaki. Titik ini dikenal juga dengan San Yin Jiao atau Limpa 6 yang merangsang pelepasan hormon untuk meredakan nyeri kram.

  • Pergelangan tangan

Salah satu gejala PMS serta menstruasi adalah mual dan muntah. Memijat titik Neiguan yang terletak di pergelangan tangan ini dipercaya bisa mengurangi rasa mual. Letakkan tiga jari di pergelangan tangan dan mulai memijat titik refleksi nyeri haid tersebut.

  • Antara jempol dan telunjuk

Titik ini juga disebut He Gu yang dipercaya bisa mengurangi rasa sakit kepala jika dipijat dengan tepat. Lakukan pijatan pada bagian yang terletak di punggung tangan. Tepatnya pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijat dengan tekanan ringan sebanyak 30 hitungan.

  • Di bawah tempurung lutut

Tepat di bawah tempurung lutut, letakkan empat jari tangan kamu ke arah bawah. Lalu pijat titik setelah empat jari tersebut yang terletak di tepi luar tulang kering selama 3 x 10 hitungan.

Pijatan untuk nyeri haid bisa dilakukan sendiri, kok. Pastikan untuk mencuci tanganmu lebih dahulu dan oleskan minyak pijat, lotion, atau krim yang mengandung bahan alami agar lebih nyaman.

Lalu mulailah pijat dengan gerakan lembut dan perlahan. Tingkatkan tekanan pijat secara bertahan sesuai dengan kenyamananmu. Lakukan pijatan untuk nyeri haid selama 10-15 menit, sekitar 2-3 kali sehari atau sampai rasa nyeri reda. 

Kamu juga bisa menggunakan lotion, krim, atau minyak pijat yang mengandung minyak esensial seperti clary sage, lavender, dan marjoram yang dipercaya mengandung senyawa untuk membantu menghilangkan rasa sakit atau radang dismenore.

Pijatan untuk nyeri haid bisa menjadi salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif dan aman, asalkan dilakukan dengan benar dan tidak terlalu keras. Selain memijat, cara meredakan nyeri haid lainnya yang bisa kamu coba adalah berolahraga ringan atau mengompres perut dan punggung dengan air hangat.

Jika nyeri haid tidak kunjung reda atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan seperti pendarahan berlebihan, demam, atau mual, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Oh ya, kalau haid lagi banyak-banyaknya pastikan untuk memilih pembalut yang tepat buat heavy flow. Apalagi kalau kamu adalah cewek aktif yang punya banyak banget kegiatan seharian. 

Sudah tahu belum, kalau ada pembalut Charm Extra Maxi Wing yang bisa cegah geser dan anti bocor! Pasti nyaman seharian deh, walaupun lagi banyak-banyaknya.

Pembalut Charm Extra Maxi Wing adalah pembalut dengan teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula. Teknologi sayap pelindungnya pun bisa mencegah pembalut bergeser. Enggak ada lagi rasa enggak nyaman ketika pembalut berkerut, terselip, dan akhirnya bocor!

Apalagi ada teknologi double block line yang bisa mencegah pembalut bocor belakang atau samping, lebih aman! Permukaannya yang lembut juga bisa mencegah iritasi pada kulit. Tetap nyaman walau bergerak banyak.

Jadi, jangan biarkan nyeri haid dan heavy flow menghalangimu. Redakan nyeri haid dengan pijatan, dan heavy flow

dengan pembalut Charm Extra Maxi Wing!

Komentar (13)
A

An
Anonymous
Thanks
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Oke
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
2 months ago
Balas
floating-icon