Kembali

Edukasi

Begini Cara Mengetahui Miss V Sehat atau Tidak

Begini Cara Mengetahui Miss V Sehat atau Tidak


Miss V atau vagina adalah organ reproduksi wanita yang sangat penting. Organ ini berperan penting dalam proses menstruasi, hubungan seksual, dan melahirkan. Makanya, Charm Girls wajib tahu bagaimana cara mengetahui miss v sehat atau tidak.

Apalagi, ada banyak banget manfaat menjaga kesehatan miss V, di antaranya adalah:

  • Mencegah infeksi. Miss V memiliki pH yang asam untuk melindunginya dari infeksi. Namun, jika pH miss V berubah, maka dapat meningkatkan risiko infeksi, seperti infeksi jamur, bakteri, atau virus.
  • Mencegah penyakit menular seksual. Miss V yang sehat dapat membantu mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS), seperti HIV/AIDS, gonore, dan sifilis.
  • Meningkatkan kenyamanan saat berhubungan seksual. Miss V yang sehat akan lebih lembap dan tidak mudah iritasi, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan saat berhubungan seksual.
  • Mencegah keputihan yang berlebihan. Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Namun, jika keputihan berlebihan dan berbau tidak sedap, maka dapat menjadi tanda infeksi.

Bagaimana cara mengetahui miss V sehat atau tidak?

Mengetahui apakah Miss V sehat atau tidak merupakan langkah pertama untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Nah, ada beberapa ciri-ciri miss V sehat yang bisa Charm Girls perhatikan, nih.

  • Warna Vagina Sehat

Ciri-ciri miss V sehat yang pertama bisa kamu lihat dari warnanya. Biasanya, warna vagina sehat adalah merah muda, coklat kehitaman, coklat muda, atau bahkan coklat kemerahan.

  • Bau miss V yang normal

Vagina juga memiliki bau yang khas. Bau miss V yang normal biasanya sedikit asam tapi tidak menyengat apalagi beraroma busuk. Aroma asam tersebut dipengaruhi oleh kadar pH pada vagina yakni sekitar 3,8 – 4,2 yang berasal dari bakteri baik. Jadi, selama baunya tidak mengganggu, itu adalah tanda bau miss V yang normal.

  • Kelembapan miss V

Ciri-ciri miss V sehat selanjutnya adalah memiliki kelembapan yang normal. Jika miss V terasa kering ketika kamu menyentuhnya, maka dapat menjadi tanda adanya infeksi atau kekeringan vagina.

  • Tidak ada rasa gatal atau terbakar

Miss V yang sehat seharusnya tidak menimbulkan rasa gatal atau terbakar. Jika Charm Girls pernah merasakan gejala tersebut, itu bisa menjadi pertanda infeksi jamur atau infeksi bakteri.

  • Tidak ada rasa sakit saat berhubungan seksual

Cara mengetahui miss v sehat atau tidak juga bisa dinilai dengan keberadaan rasa sakit. Miss V yang sehat tidak terasa gatal atau nyeri. Jika miss V terasa gatal atau nyeri di keseharian atau saat berhubungan seksual, kamu wajib waspada.

  • Keputihan yang normal

Cairan vagina yang normal berwarna bening atau putih. Cairan ini penting sebagai pelumas alami untuk menjaga vagina tetap bersih dari kotoran. Nah, jika cairan vagina berwarna lain, seperti kuning, hijau, atau cokelat, serta ada perubahan konsistensi yang mencurigakan, maka dapat menjadi tanda adanya masalah.

  • Tidak ada jerawat atau benjolan

Miss V yang sehat tidak memiliki kelainan, seperti benjolan, jerawat, perdarahan, atau perubahan warna kulit pada mulut vagina atau liang vagina. Kamu mungkin mengalami jerawat di area vagina, tapi seharusnya bisa sembuh sendiri. Jika jerawat berlangsung lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda masalah.

Tips Tetap Menjaga Miss V yang Sehat

Sudah tahu kan, cara mengetahui miss V sehat atau tidak? Sekarang saatnya untuk tahu bagaimana cara menjaga kesehatan miss V agar tetap sehat:

  • Jaga kebersihan

Cuci miss V dengan air bersih setelah buang air. Pastikan untuk mencuci miss V dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus menyebar ke vagina. Jangan lupa juga untuk mengeringkan vagina secara sempurna sebelum memakai pakaian dalam.

  • Gunakan pakaian dalam yang bisa menyerap keringat

Pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun untuk memastikan sirkulasi udara yang baik dan mencegah kelembapan berlebih.

  • Ganti pakaian dalam rutin

Pakaian dalam yang bersih dan kering dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Gantilah pakaian dalam setidaknya dua kali sehari.

  • Perhatikan pola makan dan jaga asupan cairan

Pola makan yang sehat juga berkontribusi pada kesehatan Miss V. Konsumsi makanan bergizi yang bisa menjaga kesehatan vagina seperti yoghurt, ubi, alpukat, dan kacang kedelai. Hindari makanan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH. Selain itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup agar menjaga kelembapan miss V.

  • Menghindari hubungan seksual berisiko

Hubungan seksual berisiko, seperti berhubungan seksual tanpa kondom, dapat meningkatkan risiko infeksi pada vagina.

  • Menghindari penggunaan produk pembersih berlebihan

Hindari penggunaan sabun biasa yang dapat mengganggu keseimbangan pH dan flora bakteri di area tersebut. Produk pewangi yang kuat atau pewarna juga bukan hanya dapat menyebabkan iritasi kulit di sekitar Miss V, tetapi juga dapat mengganggu keseimbangan pH di dalam vagina.

  • Ganti pembalut rutin

Terakhir, ketika kamu sedang menstruasi pastikan juga untuk mengganti pembalut secara rutin maksimal 3-4 jam sekali. Bahkan, kamu juga bisa mengganti pembalut 1-2 jam sekali jika sedang heavy flow.

Pastikan juga untuk menggunakan pembalut yang mampu menyerap cairan secara maksimal, memiliki permukaan lembut untuk mencegah iritasi, serta nyaman digunakan sepanjang hari, seperti pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal!

Pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal sudah diformulasi spesial mengandung daun sirih, manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya yang mengandung antiseptik alami sehingga mampu memberikan perlindungan higienis, menjaga bau miss V yang normal!

Pori serap extra-nya juga memberikan penyerapakn maksimal, mampu mengunci cairan di dalam dan mencegah kebocoran meski kamu bergerak aktif. Tenang saja, permukaannya juga lembut banget sehingga enggak perlu takut iritasi.

Pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal bisa jadi andalan kamu untuk selama menstruasi. Bikin nyaman sepanjang hari, cegah bau dan iritasi, serta menyerap sempurna cairan sebanyak apa pun. Jangan lupa untuk rutin menggantinya ya, biar miss V tetap sehat!

Jangan lupa untuk menerapkan tips menjaga kesehatan miss V di atas, ya. 

Dengan mengetahui bagaimana cara mengetahui miss V sehat atau tidak, kamu bisa segera tahu jika terjadi masalah yang tidak normal pada miss V. 

Kamu pun bisa langsung menanganinya dengan tepat, salah satunya dengan berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, penyebabnya bisa diketahui dan ditangani secepat dan setepat mungkin.

ciri ciri miss v sehat
warna vagina sehat
Komentar (8)
A

An
Anonymous
Oke
2 months ago
Balas
An
Anonymous
🤩🤩
2 months ago
Balas
An
Anonymous
🤩
2 months ago
Balas
floating-icon