Kembali

Edukasi

Mitos atau Fakta Ada Buah Pelancar Haid?

Mitos atau Fakta Ada Buah Pelancar Haid?


Charm Girls, pernahkah kalian mendengar tentang buah pelancar haid? Buah-buahan tertentu memang dipercaya dapat membantu melancarkan haid, terutama bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur. Namun, benarkah buah-buahan tersebut benar-benar efektif?

Seperti kita ketahui, menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada wanita setiap bulan. Namun, terkadang, ada beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, seperti haid yang terlambat atau tidak datang sama sekali.

Ada beberapa cara cepat haid yang mudah dilakukan. Misalnya, olahraga rutin yang bisa membantu merangsang produksi hormon estrogen dan progesteron yang bisa membantu melancarkan haid. 

Namun, banyak juga wanita yang langsung berpikir untuk mengonsumsi obat-obatan pelancar haid. Padahal sebenarnya, obat-obatan juga bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan kalau dikonsumsi tanpa resep dokter dan sembarangan.

Nah, solusinya Charm Girls sudah pernah berpikir untuk memperbaiki asupan makanan yang dikonsumsi?

Buah untuk Memperlancar Haid yang Terlambat

Yap, mengonsumsi makanan dengan gizi yang sehat dan seimbang juga ternyata bisa jadi salah satu cara cepat haid, lho. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Makan buah pelancar haid adalah salah satu solusi yang paling aman. Buah bisa dibilang enggak memiliki efek samping yang buruk terhadap tubuh. Lain halnya dengan obat-obatan, apalagi yang enggak diresepkan dokter.

Nah, buat kamu yang memang sudah suka makan buah-buahan, coba makan buah memperlancar haid berikut ini secara rutin, deh!

  • Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu melunakkan dinding rahim dan memperlancar proses peluruhan. Enzim tersebut juga dipercaya bisa menghilangkan kram dan sakit kepala selama menstruasi jadi masih bisa kamu konsumsi saat haid sudah datang.

  • Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C, beta-karoten, dan enzim papain yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon estrogen dan progesteron yang punya peran penting dalam siklus haid. Pepaya juga bisa membantu kontraksi serat otot dalam rahim yang mengatur aliran menstruasi.

  • Jeruk

Buah memperlancar haid ini mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Vitamin C juga dipercaya bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dan memicu kontraksi rahim.

  • Anggur

Anggur mengandung vitamin C, vitamin E, antioksidan, tembaga, potassium, dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi wanita.

  • Strawberry

Strawberry mengandung vitamin C, vitamin K, dan folat yang dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi wanita. Enggak cuma itu, tapi vitamin dan mineral yang ada pada buah memperlancar haid ini juga bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dan mempengaruhi suasana hati jadi lebih positif. 

Kalau suasana hati sudah positif, rasa stres pun akan berkurang. Seperti yang kita tahu, stres yang tak terkendali juga bisa mengganggu siklus menstruasi, kan.

  • Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E dan B6 serta lemak sehat, serat, magnesium, dan kalium yang bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh dan melancarkan siklus menstruasi.

Alpukat juga dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan pada rahim sehingga mengurangi rasa kram perut dan nyeri saat menstruasi, Charm Girls.

  • Sawo

Sawo mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat yang dapat membantu melancarkan haid. Vitamin C dapat membantu merangsang produksi hormon estrogen, sementara vitamin A dan serat dapat membantu melancarkan aliran darah ke rahim.

Selain itu, buah kecil berwarna coklat ini juga mengandung zat besi, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin E, vitamin B1, dan lainnya yang bagus untuk tubuh. Bahkan saat menstruasi sudah terjadi, kamu juga bisa mengonsumsinya, Charm Girls, karena sawo dipercaya bisa mengurangi rasa sakit.

  • Mangga

Buah untuk melancarkan haid yang terlambat ini mengandung vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon estrogen dan mengurangi progesteron yang memicu kontraksi rahim dan terjadinya menstruasi.

  • Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6, kalium, dan magnesium. Vitamin B6 dapat membantu menstabilkan suasana hati, sementara kalium dan magnesium dapat membantu mengurangi perut kembung. Perut kembung dapat menjadi salah satu gejala haid tidak teratur.

  • Semangka

Buah untuk melancarkan haid yang terlambat ini mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat yang dapat membantu melancarkan haid. Makan buah semangka yang segar dan mengandung gula alami juga bisa mengatasi perut kembung sehingga haid lebih lancar.

Buah Pelancar Haid, Mitos atau Fakta?

Sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan secara pasti efektivitas buah untuk melancarkan haid yang terlambat tersebut di atas 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan tersebut dapat membantu melunakkan dinding rahim dan merangsang kontraksi rahim, sehingga dapat membantu mempercepat datangnya haid.

Jika kamu ingin mencoba mengonsumsi buah-buahan pelancar haid, sebaiknya lakukan secara rutin selama beberapa hari. Jika setelah beberapa hari belum ada perubahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jangan sembarangan mencoba cara cepat haid yang tidak aman, ya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah-buahan pelancar haid, sebaiknya konsumsilah buah-buahan tersebut dalam keadaan segar. Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau smoothie.

Selain itu, coba konsumsilah buah pelancar haid tersebut secara rutin selama beberapa hari. Jika setelah beberapa hari belum ada perubahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan tentang penyebab siklus haid tidak teratur tersebut.

Nah, buat kamu yang masih sering merasa tidak nyaman saat menstruasi, terutama di malam hari, cobain deh Charm Cooling Fresh. Pembalut ini dirancang khusus untuk memberikan rasa sejuk dan segar yang berasal dari natural mint, sehingga kamu bisa tidur nyenyak tanpa khawatir bocor.

Dengan lapisan penyerap yang tebal dan daya serap yang tinggi, Charm Cooling Fresh bisa menampung cairan menstruasi dengan maksimal. Lapisan penyerapnya juga dilengkapi dengan gel dingin yang dapat memberikan sensasi dingin dan segar.

Selain itu, Charm Cooling Fresh juga memiliki bentuk yang pas dan wing belakang yang lebar, sehingga tidak mudah bergeser saat tidur. Pembalut ini juga memiliki pelindung samping yang mampu mencegah bocor samping, lho.

Charm Cooling Fresh tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Wing 29 cm, Wing 35 cm, dan Wing 42 cm. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya. Kini Charm Girls tidak perlu khawatir lagi dengan rasa gerah dan tidak nyaman. Tidur pun akan tetap nyenyak dan segar dengan Charm Cooling Fresh!

buah memperlancar haid
buah untuk melancarkan haid yang terlambat
Komentar (0)
A

floating-icon