Kembali

Edukasi

Ikuti! 5 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Ikuti! 5 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan


Enggak sedikit para wanita yang melakukan berbagai cara untuk menjaga berat badannya. Kebanyakan berfokus pada metode diet dengan mengurangi asupan kalori, tapi mereka lupa bahwa berolahraga juga penting. Padahal banyak olahraga untuk menurunkan berat badan yang menyenangkan untuk dilakukan, lho.

Padahal kalau kamu menjaga asupan kalori sekaligus berolahraga, proses metabolisme tubuh akan lebih cepat, dan kalori yang terbakar juga makin banyak. Olahraga membuat badan menjadi terasa lebih segar dan bugar. Tubuhmu akan jadi lebih sehat, Charm Girls.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas macam-macam olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan. Apa saja, ya?

1.Jogging atau Jalan Kaki

Jogging adalah olahraga untuk menurunkan berat badan yang murah dan mudah. Kamu bisa melakukannya selepas bekerja atau di pagi hari untuk mengumpulkan mood positif. Kalau enggak sempat keluar rumah, cukup jogging di treadmill saja! Jogging rutin selama 20-30 menit per hari bisa membakar sekitar 300-370 kalori, lho.

Kalau merasa kurang suka jogging, Charm Girls juga bisa mencoba berjalan kaki kemana-mana. Kamu bisa mencobanya untuk perjalanan ke sekolah, tempat kerja, atau mall. Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar sekitar 167 kalori, lho. Apalagi kalau diiringi dengan naik-turun tangga, pasti makin efektif!

2.Interval Training

Buat yang suka melakukan home workout, pasti sudah paham dengan istilah high-intensity interval training (HIIT). Olahraga kardio intens ini diklaim mampu membakar kalor dalam waktu singkat. Durasi olahraga untuk menurunkan berat badan ini memang cuma sekitar 15-30 menit saja.

Menurut studi Journal of Strength and Conditioning Research, HIIT disebut bisa membakar 25-30% kalori lebih banyak dibanding latihan beban, bersepeda, atau berlari. HIIT juga disebut bisa membantu mengecilkan perut buncit, lho. Kamu bisa menemukan panduan olahraga HIIT gratis dari internet. Jangan malas, ya!

3.Lompat Tali

Buat Charm Girls yang suka main lompat tali sejak kecil pasti enggak akan kesulitan untuk mencoba olahraga untuk menurunkan berat badan satu ini. Lompat tali tersebut cukup efektif untuk membakar kalori, lho.

Cukup lompat tali selama kurang lebih 30 menit dengan intensitas ringan, dan kamu bisa membakar sekitar 281 kalori! Tapi enggak perlu terlalu memaksakan diri, ya. Coba perlahan saja dan lakukan dengan jeda setiap 5 menit sekali biar target tercapai.

4.Berenang

Berenang juga ternyata cukup efektif menurunkan berat badan, lho. Berenang dengan gaya punggung selama 30 menit bisa membakar 298 kalori, gaya bebas bisa membakar 372 kalori, dan gaya kupu-kupu bisa membakar 409 kalori.

Menariknya, olahraga untuk menurunkan berat badan ini juga bisa membantu kamu mengelola rasa cemas atau stres, Charm Girls!

5.Senam

Salah satu jenis olahraga yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah senam. Senam adalah olahraga yang melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang terkoordinasi. Senam aerobik misalnya, bisa jadi pilihan workout untuk menurunkan berat badan yang seru.  

Charm Girls bisa mulai dengan gerakan yang sederhana, seperti stretching dan bergerak perlahan. Kamu juga bisa memilih video panduan senam untuk pemula untuk gerakan yang bersahabat.

Manfaat Senam untuk Menurunkan Berat Badan

Senam adalah salah satu olahraga untuk menurunkan berat badan yang paling efektif. Kenapa? Karena olahraga ini membuat kamu menggerakkan seluruh tubuh. 

Senam adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membakar kalori. Semakin intens senam yang dilakukan, semakin banyak kalori yang terbakar.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat senam untuk tubuh kita. Apa saja?

  • Meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. 

Senam membantu meningkatkan detak jantung dan pernapasan, sehingga jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat.

  • Meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot. 

Senam membantu membangun otot dan meningkatkan kelenturan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, massa otot pun akan meningkat yang bisa membantu membakar lebih banyak kalori. Oleh karena itu, meningkatkan massa otot dapat membantu kamu menurunkan berat badan lebih efektif.

  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. 

Senam membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, sehingga kita menjadi lebih stabil dan terampil dalam melakukan berbagai aktivitas.

  • Mengurangi risiko cedera. 

Senam membantu meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap cedera.

  • Meningkatkan mood. 

Senam membantu melepaskan hormon endorfin, yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Ada banyak macam-macam olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Olahraga membuat badan menjadi lebih segar dan fit. 

Jadi jangan hanya menurunkan berat badan secepat mungkin tapi enggak sehat, ya. Charm Girls bisa banget memilih salah satu untuk dilakukan. Kuncinya satu, kamu harus konsisten melakukan rutinitas tersebut!

Kamu juga bisa tetap berolahraga bahkan saat menstruasi datang, lho. Enggak perlu khawatir pembalut berkerut dan bocor yang bikin enggak nyaman. Pastikan kamu menggunakan pembalut yang tepat, Charm Girls.

CHARM Extra Maxi Wing adalah pembalut yang dirancang khusus untuk wanita aktif yang ingin berolahraga saat menstruasi. Pembalut ini memiliki bantalan elastis yang mampu mengikuti lekukan tubuh sehingga tidak akan berkerut atau bocor saat bergerak. Selain itu, pembalut ini juga memiliki daya serap tinggi yang mampu menahan cairan menstruasi hingga 12 jam!

Beberapa keunggulan CHARM Extra Maxi Wing adalah:

  • Sayap pelindung (LOCK WING) untuk varian wing
  • Bantalan Elastis yang enggak mudah berkerut dan bisa kembali ke bentuk semula.
  • Double Block Line mencegah pembalut bocor.
  • Permukaan Lembut, enggak perlu takut kulit iritasi karena banyak bergerak.

Yuk, coba CHARM Extra Maxi Wing sekarang! Tersedia Wing dan Non-Wing 23 cm, yang bisa kamu gunakan sesuai dengan preferensimu.

olahraga membuat badan menjadi
macam macam olahraga
Komentar (0)
A

floating-icon