Kembali

Tentang Menstruasi

Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya
Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya


Charm Girls, pernahkah kamu memperhatikan bagaimana macam-macam darah haid yang ada saat kamu berada di masa menstruasi? Umm… Mungkin melihat darah yang ada di pembalutmu? Walaupun terdengar sedikit aneh dan ngeri, ada beberapa hal dapat kamu sadari dari darah di masa menstruasimu itu, lho. Mulai dari warna, aroma bahkan kekentalannya…Loh, darah, kan adalah sebuah cairan; emangnya bisa menjadi kental? Jawabannya… Mungkin saja, Charm Girls.
 

Baca Juga : Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya! - Charm Girl's Talk


Bahkan darah di masa menstruasimu itu bisa saja menjadi sebuah gumpalan, seperti jelly! Normalnya sih, darah yang dikeluarkan berkisar antara 50-80 mL, berwarna merah tua, tidak berbau dan tanpa adanya penggumpalan. Tapi bagaimana kalo ternyata darahmu menggumpal? 

Membicarakan darah pastinya bisa sedikit membuatmu takut, namun ini penting juga lho untuk kamu mengetahuinya. Jadi, yuk, kita cari tahu tentang darah yang menggumpal saat kamu lagi ‘dapet’, Charm Girls.

Sebenarnya, darah yang menggumpal di masa menstruasi adalah kejadian yang umum dialami oleh semua perempuan dan kamu nggak perlu terlalu cemas, Charm Girls. Selain itu, gumpalan darah itu hanya terjadi di beberapa hari menstruasi pertamamu saja, kok, Charm Girls!

  1. Darimana asal datangnya darah yang menggumpal?

Di masa menstruasi, tubuhmu akan mengeluarkan zat antikoagulan, sejenis zat yang bisa mencegah pembekuan darah. Jadi, darah yang keluar nggak bakalan menggumpal. Nah, ketika aliran darah haid kamu lagi banyak-banyaknya, zat antikoagulan bakal sibuk banget, Charm Girls. Sehingga tidak bisa memproses semua darah untuk dibekukan yang bisa berpengaruh pada munculnya darah menstruasi yang menggumpal berwarna merah tua kecoklatan.
 

Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya
Darah Menggumpal

Itulah penyebab kenapa mungkin ada darah yang menggumpal saat masa menstruasimu, Charm Girls. Namun, kamu harus waspada kalau terlalu banyak gumpalan darah karena akan ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kesehatanmu, sebagai berikut ini:

Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya

1. Hormon kamu nggak seimbang
Lapisan rahim kamu sangat bergantung dengan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron di tubuhmu, Charm Girls. Kalau jumlah hormon tersebut terlalu banyak atau sedikit, jumlah darah yang keluar saat masa menstruasi juga bisa jadi berlebih atau bahkan kurang.

2. Waspada miom!
Miom atau fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim, Charm Girls. Ini bisa menyebabkan darah yang keluar saat masa menstruasi keluar banyak (lebih dari 80 ml) dan membuat darah haid kamu menggumpal. Untuk mengetahui apakah kamu memiliki miom, coba ceritakan masalah ini kepada orang tuamu, jadi mereka bisa membawamu ke dokter ya, Charm Girls!

3. Endometriosis
Hal ini terjadi pas jaringan rahim yang disebut endometrium tumbuh di luar rahim. Belom ada yang tahu penyebab pastinya endometriosis. Tapi, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko perempuan mengalami endometriosis, di antaranya faktor keturunan, masalah hormon, dan riwayat operasi panggul. Tanda-tanda lainnya kalau kamu mengalami endometriosis adalah nyeri di perut bagian bawah dan panggul, jumlah darah yang berlebihan saat masa menstruasi dan sakit saat buang air besar atau buang air kecil.

4. Adenomiosis
Kebalikan dari endometriosis, kalo adenomiosis terjadi ketika lapisan rahim tumbuh ke dalam dinding rahim, sehingga menyebabkan rahim menebal dan membesar, Charm Girls. Adenomiosis dan endometriosis memiliki gejala yang sama seperti nyeri di perut bagian bawah dan panggul, jumlah darah yang berlebihan saat masa menstruasi dan sakit saat buang air besar atau buang air kecil.

  1. So, gumpalan darah itu normal atau bahaya, nih?

Charm Girls, jadi walaupun si gumpalan darah di masa menstruasi itu normal, kamu harus bisa untuk membedakan mana gumpalan darah yang normal dan tidak. Caranya gampang, kalau gumpalan darah di pembalutmu berwarna gelap, tipis, dan gumpalannya tidak terlalu besar, kamu tidak perlu khawatir. Karena, gumpalan darah tersebut merupakan tanda bahwa darah haid kamu sudah tersimpan di dalam rahim dalam waktu yang lama.

Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya
Gumpalan Darah Terus Menerus

Ini yang bahaya! Kalo gumpalan darah terjadi terus-menerus, sampai lebih dari dua kali masa menstruasi, menyerupai butiran, dan disertai sakit pada tubuh, seperti sakit kepala, nyeri pada perut bagian bawah, dan siklus menstruasi tidak teratur… Berarti adanya masalah pada organ reproduksi kamu, khususnya rahim. Segera ceritakan hal ini dengan orang-orang rumah atau orang tuamu, ya! Kamu harus pergi ke dokter dan mendapatkan perawatan dari dokter, Charm Girls!

Komentar (0)
A