Kembali

Edukasi

Ketahui Penyebab Kekurangan Hormon Progesteron

Ketahui Penyebab Kekurangan Hormon Progesteron


Sistem reproduksi seorang perempuan terdiri dari berbagai unsur dengan fungsi yang luar biasa. Saat menstruasi darah yang keluar tidak menjalankan fungsinya sendiri, ada berbagai unsur yang bisa membuat perempuan mengalami pendarahan setiap bulannya. Salah satu unsur yang ada untuk mendukung munculnya menstruasi adalah hormon progesteron.  Maka kekurangan hormon progesteron bisa juga mempengaruhi siklus menstruasi seorang perempuan.

Artikel ini akan menjelaskan pada Charm Girls soal kondisi saat perempuan mengalami kekurangan hormon progesteron. Nah sebelumnya perlu diketahui dulu nih Charm Girls, bahwa progesteron adalah hormon seks yang mendukung menstruasi dan kehamilan pada wanita atau orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir (AFAB). 

Ada beberapa masalah reproduksi yang terjadi jika kekurangan hormon progesteron. Kadar progesteron yang rendah menyebabkan gejala seperti menstruasi tidak teratur, perubahan suasana hati, dan kesulitan hamil.

Progesteron memiliki berbagai fungsi dalam tubuh seorang perempuan loh Charm Girls. Pertama adalah menebalkan lapisan rahim untuk implantasi (sel telur yang telah dibuahi menempel pada rahim ).

Mengatur siklus menstruasi.

Kemudian, mengatur pendarahan saat menstruasi dan mendukung kehamilan setelah pembuahan terjadi. Hormon ini juga membantu meningkatkan mood, mendukung fungsi tiroid hingga mendukung laktasi.

Melihat fungsinya, akan banyak pengaruh signifikan jika seorang perempuan kekurangan hormon progesteron dalam tubuhnya.

Hormon progesteron punya peran dalam siklus menstruasi, mempersiapkan kehamilan dan menjaga kehamilan.

Peran progesteron untuk kehamilan 

sangat penting dalam mendukung kehamilan karena ia menebalkan lapisan rahim atau disebut endometrium. Lapisan rahim yang tebal membantu sel telur yang telah dibuahi menempel dan tumbuh.

Peran progesteron saat menstruasi

Progesteron bertanggung jawab untuk menebalkan lapisan rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Jika pembuahan tidak terjadi selama siklus menstruasi tersebut, kadar progesteron turun, dan mengalami menstruasi. Darah dan keluarnya cairan yang keluar selama menstruasi adalah kerusakan lapisan rahim.

Penyebab kekurangan hormon progesteron

Progesteron yang rendah dapat mempengaruhi tubuh seseorang loh Charm Girls. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Siklus anovulasi

Siklus anovulasi adalah siklus ketika ovulasi tidak terjadi. Karena tidak ada sel telur yang dilepaskan, tidak ada folikel kosong (korpus luteum) yang tertinggal untuk memproduksi progesteron. 

Kondisi ini bisa juga terjadi kepada orang dengan PCOS dan orang yang menggunakan jenis alat kontrasepsi tertentu.

2. Hipotiroidisme

Meskipun kadar progesteron yang rendah bisa menimbulkan masalah tiroid, masalah pada tiroid juga dapat menyebabkan rendahnya kadar progesteron. Hipotiroidisme adalah saat tiroid kurang aktif, hormon yang mengatur sistem endokrin tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup, sehingga sulit bagi tubuh memproduksi cukup progesteron.

3. Kadar kolesterol rendah

Selain itu ternyata tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat progesteron. Tanpa kolesterol yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi progesteron dalam jumlah yang cukup juga.

4. Obesitas atau berat badan yang berlebih

Perempuan dengan berat badan berlebih juga punya konsentrasi serum progesteron yang lebih rendah dari orang dengan berat badan ideal. Karena berat badan berlebih dan obesitas juga bisa mengurangi kesuburan dan menghambat peluang hamil.

5. Olahraga berlebihan atau diet ekstrem

Meskipun obesitas atau berat badan yang berlebih bisa menyebabkan kadar hormon ini berkurang, diet dan olahraga yang terlalu berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kortisol dan memberi tekanan pada tubuh. 

Ini juga menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan tingkat hormon yang sehat.

6. Stres

Kortisol adalah hormon stres. Jika terlalu banyak hormon stres dalam tubuh maka akan mengganggu kemampuan tubuh untuk membuat progesteron.

Gejala rendahnya progesteron

Selain itu, gejala rendahnya progesteron pada orang yang tidak hamil meliputi periode menstruasi tidak teratur, sakit kepala, kesulitan untuk hamil, perubahan suasana hati, kecemasan atau depresi, kesulitan tidur, kembung atau penambahan berat badan.

Sementara beberapa gejala rendahnya progesteron pada ibu hamil adalah bercak (pendarahan ringan), gula darah rendah, payudara yang terasa lembut, kelelahan hingga keguguran.

Akibat dari rendahnya progesteron 

Progesteron yang rendah dapat menyebabkan pendarahan rahim yang tidak normal, sakit kepala, atau perubahan suasana hati. 

Nah pada kehamilan kondisi progesteron yang rendah juga bisa menyebabkan bercak atau keguguran. Ini mungkin juga merupakan t kehamilan ektopik.

Cara mengatasi kekurangan hormon progesteron

Cara mengatasi kurangnya hormon ini adalah dengan meningkatnya. Nah Charm Girls yang sudah merasakan beberapa gejala atau memang didiagnosis mengalami kekurangan hormon progesteron bisa melakukan beberapa cara. 

Perhatikan penyebab kekurangan hormon progesteron yang sudah dijelaskan di atas. Charm Girls bisa menghindari beberapa penyebabnya.

  • Jaga pola makan

Charm Girls perlu menjaga pola makan dan juga memakan makanan sehat yang kaya vitamin C, seng, magnesium, dan vitamin B.

  • Istirahat yang cukup

Bukan hanya untuk mengatasi kondisi kekurangan hormon progesteron, istirahat yang cukup diperlukan agar tubuh tetap sehat dalam kondisi apapun. Tidur yang cukup dengan waktu idealnya delapan jam.

  • Kelola stres

Nah Charm Girls juga harus bisa mengelola stres. Mengurangi tingkat stres dan menemukan cara untuk tetap tenang. Charm Girls bisa berolahraga atau melakukan hal yang sesuai dengan hobi.

Namun yang terpenting, jika Charm Girls merasa memang ada kondisi kekurangan hormon progesteron segera temui dokter dan bicarakan kondisi yang ada.

kekurangan hormon progesteron
cara mengatasi kekurangan hormon progesteron
Komentar (0)
A

floating-icon