Kembali

Edukasi

Kenali efek makan timun saat haid!

Kenali efek makan timun saat haid!


Mengonsumsi makanan tertentu saat menstruasi kadang memberikan efek pada tubuh. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Terkadang ada beberapa makanan yang dipertanyakan kebaikannya bagi tubuh, seperti salah satunya adalah makan timun saat haid, apakah memang bisa berpengaruh atau tidak.

Nah Charm Girls, banyak orang mengalami gejala tidak nyaman saat menstruasi. Beberapa makanan dapat mengurangi gejala ini tapi ada juga loh makanan lain yang justru bisa memperburuknya.  Beberapa makanan atau pola makan tertentu dikaitkan dengan potensi pengaruh pada siklus menstruasi, meskipun penting untuk diingat bahwa pengaruh ini bisa bervariasi pada setiap orang ya.

Salah satu hal yang kerap ditakuti adalah efek makan timun saat haid.  Nah Charm Girls, sebelumnya perlu diketahui bahwa mengonsumsi buah yang kaya akan air seperti timun berpengaruh baik bagi tubuh, apalagi saat menstruasi perempuan rentan lelah menghadapi perubahan di tubuhnya dan stress

Selain itu, buah yang kaya air juga membantu mengurangi kemungkinan kembung saat menstruasi. Tidak ada bukti ilmiah yang kuat yang secara khusus mengaitkan makan mentimun saat haid dapat memberi efek tertentu atau memengaruhi kesehatan reproduksi wanita.

Timun adalah makanan sehat yang umumnya tidak memiliki dampak negatif pada siklus menstruasi ya Charm Girls. Jadi tidak ada bahaya mengkonsumsi timun saat haid. Buah-buahan seperti semangka dan timun juga dapat mengekang hasrat gula dalam diri seseorang dan menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali loh.

Kemudian, hal yang perlu diketahui dari mengonsumsi timun saat haid adalah pemikiran salah jika getahnya dapat menghambat darah di dinding rahim dan membuat mandul.

Charm Girls, Ginekolog Anaïs Reyes Navarro, anggota Doctoralia yang merupakan sebuah situs online untuk pakar medis dari seluruh dunia menjelaskan tak ada hubungannya efek getah mentimun pada dinding rahim loh. Karena memang ada banyak hal bisa sebabkan kemandulan, mulai dari perubahan ovulasi dan masalah coital, kata spesialis reproduksi Kiyoshi Macotela Nakagaki.

Penting untuk diingat bahwa ketidaklancaran haid atau masalah kesehatan reproduksi biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor lain seperti hormon, stres, pola makan secara keseluruhan, dan kondisi medis tertentu ya Charm Girls.

Namun, Charm Girls juga penting untuk mengetahui mana makanan atau minuman yang perlu dihindari saat haid, apalagi ternyata makanan dan minuman itu bisa berefek buruk pada tubuh. Salah satunya rasa tidak nyaman saat haid.

Terdapat beberapa perasaan tidak nyaman yang dirasakan seseorang saat haid, mulai dari kram perut, sakit kepala, mual, kelelahan, kembung, perubahan suasana hati hingga bahkan diare.

Nah kalau Charm Girls merasakan beberapa hal di atas saat haid, artinya perlu ada evaluasi daftar makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi.

Dari pada bingung, ini adalah beberapa daftar yang harus Charm Girls hindari selama menstruasi:

1. Makanan pedas dan asin

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas dapat mengganggu perut dan dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan mual. Selain itu Makanan tinggi garam, seperti keripik kentang, makanan siap saji, dan makanan kalengan, dapat menyebabkan retensi air dan kembung yang lebih parah.

2. Makanan yang terlalu manis

Makanan tinggi gula seperti permen, kue, dan minuman berkafein dapat mempengaruhi kadar gula darah, memicu perubahan mood, dan meningkatkan kram loh Charm Girls.

3. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan minuman bersoda bisa meningkatkan kecemasan, memperparah kram, dan menyebabkan dehidrasi saat haid ya Charm Girls, yuk skip kopi kekinian dulu sementara saat haid. 

4. Makanan junk food yang tinggi lemak

Pasti saat haid list makanan yang diinginkan banyak ya Charm Girls, kalau ada burger, pizza, kentang goreng, hot dog hingga nugget hapus dulu ya dari list.

Makanan-makanan itu dapat mengganggu hormon dan menyebabkan peradangan dan meningkatkan nyeri haid. 

5. Alkohol

Konsumsi alkohol saat menstruasi juga bisa sebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan sakit kepala dan perut kembung. Ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan mual. Selain itu akan ada efek perubahan mood loh Charm Girls.

Lalu, gimana ya caranya untuk atasi nyeri haid jika Charm Girls sudah terlanjur terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman tersebut?  Untuk kram ringan hingga sementara, ada beberapa pengobatan rumahan dapat membantu meredakannya.

1. Mengonsumsi obat yang dijual bebas (OTC)

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) adalah obat pereda nyeri utama yang dijual bebas (OTC) dan direkomendasikan untuk nyeri haid dan perdarahan menstruasi berat. NSAID termasuk ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve).

2. Kompres hangat

Charm Girls juga bisa mengompres perut dan punggung bagian bawah Hal ini juga dapat menyebabkan lebih sedikit efek samping. Charm Girls bisa gunakan botol yang diisi panas atau bantal pemanas. Selain kompres, mandi air hangat atau gunakan handuk panas juga bisa dijadikan pilihan.

3. Memijat dengan minyak esensial

Terapi pijat selama kurang lebih 20 menit dapat membantu mengurangi nyeri haid. Terapi pijat bisa dilakukan pada titik-titik tertentu Charm Girls, seperti punggung atau sekitar perut bagian samping. Charm Girls juga bisa menambahkan minyak esensial dengan wangi mawar, adas atau lavender.

4. Minum air yang cukup

Wajib menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, nantinya tubuh yang segar bisa mengurangi pembengkakan dan meningkatkan kenyamanan selama menstruasi.

Tapi penting untuk jadi catatan, Charm Girls harus menghubungi dokter jika  mengalami sakit parah dan pendarahan yang sangat banyak. Temui dokter jika rasa sakit terus-menerus menghalangi kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi saat rasa sakitnya memburuk atau pendarahannya semakin deras seiring berjalannya waktu dan obat yang dikonsumsi tidak berdampak signifikan.

makan mentimun saat haid
Komentar (0)
A

floating-icon