Kembali

Tentang Menstruasi

Minuman Soda Bisa Menjadi Pelancar Haid, Mitos atau Fakta?

Minuman Soda Bisa Menjadi Pelancar Haid, Mitos atau Fakta?


Ada berbagai alasan mengapa wanita mencari berbagai cara agar PMS, misalnya untuk menjaga siklus haid tetap teratur atau menghadiri acara penting. Minum minuman soda pun dipercaya sebagai salah satu pelancar haid yang paling ampuh.

Sejumlah penelitian di Amerika Serikat memang menunjukkan bahwa minum soda bisa mempercepat datangnya menstruasi pertama seorang anak perempuan. Akan tetapi, perlu diingat kalau soda juga mengandung beberapa bahan yang dapat memengaruhi haidmu.

Lalu, mana nih, yang benar? Apakah benar kamu bisa melancarkan haid dengan soda? Atau kamu malah harus menghindarinya sama sekali? Simak jawabannya dalam artikel ini, yuk! 

Apakah soda bisa menjadi pelancar haid?

Beberapa orang mungkin masih percaya bahwa soda dapat memperlancar siklus haid. Ini lantaran soda mengandung kafein yang bisa memengaruhi keseimbangan hormon tubuh. Kafein dipercaya dapat memengaruhi kadar estrogen, salah satu hormon utama yang mengatur siklus menstruasi.

Namun, hal tersebut ternyata tidak terbukti benar, Charm Girls. Kafein yang terdapat di dalam soda maupun minuman berkarbonasi lainnya justru bisa memperburuk gejala sindrom pramenstruasi (PMS) kamu. Akibatnya, gejala seperti nyeri perut, sakit kepala, dan perut kembung jadi lebih parah dari biasanya.

Selain itu, sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa minuman soda yang diminum untuk memperlancar haid mungkin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini bisa menghambat pasokan darah ke jantung sehingga timbul sesak napas dan sakit perut. Jadi, soda sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai minuman pelancar haid.

Studi: soda bisa mempercepat datangnya haid pertama

Sebuah penelitian selama lima tahun di Amerika Serikat menunjukkan bahwa konsumsi minuman mengandung gula bisa mempercepat datangnya menstruasi pertama pada anak perempuan. Salah satu jenis minuman tinggi gula yang dikonsumsi adalah soda.

Penelitian tersebut didasari oleh fakta bahwa sekitar seabad yang lalu, sebagian besar anak perempuan belum mengalami menstruasi pertama hingga memasuki usia remaja.  Para peneliti pun mencari jawabannya melalui kaitan antara gula dan hormon estrogen.

Sel-sel lemak tubuh berperan dalam pembentukan hormon estrogen. Nah, dari sanalah muncul pertanyaan baru, yaitu apakah berat badan, pola makan, dan minuman yang dikonsumsi memengaruhi waktu datangnya menstruasi pertama pada seorang anak perempuan.

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari lima ribu anak perempuan di Amerika Serikat yang belum mengalami menstruasi pertama (menarche) mereka. Peneliti mengajukan pertanyaan tentang pola makan mereka, termasuk seberapa sering mereka minum soda dan minuman manis lainnya, kemudian memantaunya.

Pada akhirnya, penelitian tersebut membuktikan bahwa anak perempuan yang minum lebih dari 1,5 porsi minuman soda atau manis setiap hari mengalami menstruasi lebih awal daripada anak perempuan yang jarang mengonsumsi minuman manis. 

Ini mungkin terjadi karena minuman yang mengandung banyak gula tambahan (seperti soda) meningkatkan kadar gula darah. Saat kadar gula darah meningkat, tubuhmu akan berusaha menurunkannya dengan memproduksi lebih banyak hormon insulin.

Kadar insulin yang tinggi juga memengaruhi hormon-hormon seks, termasuk estrogen. Estrogen pun mulai bekerja di dalam tubuh untuk mengatur siklus menstruasi. Alhasil, menstruasi pertama pun datang lebih cepat.

Temuan ini masih harus diteliti lebih lanjut dan belum bisa digunakan sebagai landasan ilmiah bahwa minuman soda bisa menjadi pelancar haid. Meski begitu, ini bisa menjadi alasan bagi kita untuk lebih bijak dalam mengonsumsi minuman tinggi gula.

Apakah kita boleh minum soda saat haid?

Soda merupakan minuman yang mengandung air berkarbonasi, gula, perisa buatan, dan kafein. Nah, kandungan gula dalam soda yang tinggi perlu menjadi perhatian para konsumennya, sebab kadar gula yang berlebihan dalam tubuh bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Seorang profesor di Harvard Medical School menyatakan kekhawatirannya terhadap maraknya minuman manis yang dikonsumsi oleh remaja dan dampaknya pada siklus menstruasi. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, dikhawatirkan banyak perempuan yang sengaja berusaha melancarkan haid dengan minum soda.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi soda sama sekali saat haid. Kamu boleh saja minum minuman ini, tapi dalam batasan tertentu. Kalau dikonsumsi secara berlebihan, soda malah bisa memperparah kembung dan kram selama haid.

Jika kamu ingin minum soda selama menstruasi, pastikan kamu juga minum air putih yang cukup. Kamu juga dapat memilih minuman bersoda dengan kandungan gula yang lebih rendah.

Selain itu, ada berbagai cara sehat untuk memperlancar siklus haid, seperti berolahraga secara teratur, menjaga berat badan agar tetap ideal, serta makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

minuman soda pelancar haid
Komentar (151)
A

nu
nurwijayanti
kn
8 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
8 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
8 months ago
Balas
floating-icon