Kembali

Edukasi

Berikut Makanan untuk Menurunkan Hormon Prolaktin Tinggi

Berikut Makanan untuk Menurunkan Hormon Prolaktin Tinggi


Apakah Charm Girls memiliki masalah dengan tingginya hormon prolaktin di dalam tubuh? Jangan khawatir, salah satu solusinya adalah dengan mengatur pola makan kamu. Ternyata, makanan juga dapat memengaruhi tingkat hormon prolaktin dalam tubuh, lho. Lantas apa saja makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi, ya?

Namun sebelumnya, apakah kamu sudah tahu apa itu hormon prolaktin? Hormon prolaktin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari di otak. Selain itu, prolaktin juga diproduksi oleh rahim, sel kekebalan, payudara, prostat, kulit, dan jaringan adiposa. Hormon ini berperan penting dalam produksi ASI dan regulasi siklus menstruasi pada wanita. 

Pada kondisi normal, produksi hormon prolaktin terkendali dan berada dalam kisaran yang normal. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan produksi hormon prolaktin, seperti tumor pada kelenjar pituitari, menopause, gangguan mental dan depresi, serta konsumsi beberapa obat-obatan.

Jika dibiarkan, kadar hormon prolaktin tinggi pada wanita dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi, infertilitas, dan bahkan menurunkan libido. Kondisi yang juga disebut sebagai hiperprolaktinemia ini harus kita tangani, Charm Girls.

Salah satunya dengan mengatur pola makan dengan makanan yang tepat dapat membantu menurunkan kadar hormon prolaktin tinggi pada wanita dan mengurangi risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Berapa Kadar Hormon Prolaktin yang Normal?

Sebelum tahu bagaimana cara mengatasi kondisi hormon prolaktin yang tinggi, Charm Girls wajib tahu dulu memangnya berapa kadar hormon prolaktin yang normal dan kapan kadar hormon prolaktin disebut tinggi?

Normalnya, kadar hormon prolaktin di dalam darah adalah 2-18 ng/mL untuk pria, 2-29 ng/mL untuk wanita yang tidak hamil, dan 10-209 ng/mL untuk ibu hamil. Jika kadar yang ada dalam tubuh kamu lebih tinggi dari itu, artinya kamu mengalami hiperprolaktinemia.

Gejala yang muncul dapat bervariasi, tapi beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita hiperprolaktinemia meliputi kesulitan memiliki anak, penurunan gairah seksual, pengeroposan tulang, penyempitan lapang pandang, dan keluarnya ASI atau cairan menyerupai ASI dari puting payudara yang tidak berhubungan dengan kehamilan.

Gejala hiperprolaktinemia lainnya adalah menstruasi yang tidak teratur atau berhenti sama sekali, vagina menjadi kering sehingga menimbulkan nyeri saat berhubungan seksual, nyeri pada payudara, dan keterlambatan pubertas pada remaja. 

Bagaimana Caranya Menurunkan Kadar Hormon Prolaktin Tinggi?

Lantas, adakah cara untuk menurunkan produksi hormon prolaktin dalam tubuh? Ada, Charm Girls. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengurangi stres: stres menyebabkan hormon kortisol meningkat, yang bisa menyebabkan produksi prolaktin berlebih. Lakukan meditasi, yoga, atau olahraga lain untuk mengendalikan stres.
  2. Rutin periksa ginjal: hormon prolaktin ternyata bisa terkait dengan penyakit ginjal kronis.
  3. Memeriksa kelenjar pituitari: tumor pada kelenjar pituitari adalah salah satu penyebab utama dari kadar prolaktin tinggi pada wanita, lho.
  4. Mengecek kelenjar tiroid: seringkali kondisi ini juga terkait dengan masalah pada tiroid kita.
  5. Jaga asupan makan: hindari makanan yang bisa meningkatkan produksi hormon prolaktin seperti alkohol, barley, makanan tinggi gula, kelabat, dan adas. Mulai konsumsi makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi.

Makanan untuk Menurunkan Hormon Prolaktin Tinggi

Jika kamu atau orang terdekat memiliki masalah dengan hormon prolaktin, cobalah untuk memasukkan makanan penurun hormon prolaktin ke dalam pola makan. Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu menurunkan produksi hormon prolaktin:

  1. Hati ayam: Kandungan vitamin B6, B12, asam folat, dan vitamin A di dalam hati ayam dapat membantu menurunkan hormon prolaktin tinggi. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat hati ayam mudah diakses
  2. Ikan salmon: Ikan salmon mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menjaga tekanan darah serta kandungan gula dalam darah.
  3. Daging sapi: Daging sapi adalah makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani serta vitamin B6 bagi tubuh, tetapi harus diolah dengan tepat agar kandungan nutrisi tetap terjaga.
  4. Ubi: Ubi mengandung magnesium, vitamin A, dan vitamin B6 yang dapat membantu menurunkan produksi hormon prolaktin tinggi pada wanita.
  5. Pisang: Makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi ini mengandung vitamin B6 yang membantu merangsang produksi serotonin dan norepinefrin dalam tubuh, yang bermanfaat untuk kesehatan.
  6. Bayam: Bayam mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 yang dapat menekan produksi hormon prolaktin.
  7. Wortel: Makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi ini mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh dan dapat membantu menurunkan hormon prolaktin.

Menambahkan makanan-makanan ini ke dalam pola makan dapat membantu menurunkan produksi hormon prolaktin yang tinggi. Makanan-makanan ini mudah didapat dan terjangkau, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan kamu, Charm Girls.

Kamu bisa menggunakan makanan untuk menurunkan hormon prolaktin tinggi di atas sebagai cara mudah mengendalikan kelebihan hormon prolaktin. Tapi kamu harus tetap waspada dengan memeriksakan diri ke dokter, ya.

Apalagi jika kamu mengalami ciri ciri hormon prolaktin tinggi di atas. Sebaiknya konsultasikan ke dokter tentang kondisimu agar dokter bisa memberikan langkah pengobatan yang tepat dan efektif. Soalnya, jika dibiarkan begitu saja prolaktin tinggi pada wanita bisa menyebabkan komplikasi seperti kebutaan, perdarahan, patah tulang akibat osteoporosis, dan infertilitas.

Oh ya, jika kamu sedang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, bukan berarti bisa abai begitu saja dengan kebutuhan sanitasi selama tamu bulanan datang. 

Kalau kamu masih mengalami flek coklat atau sekadar keputihan, sebaiknya tetap gunakan pantyliner agar area miss v nggak lembab dan kamu tetap nyaman beraktivitas sepanjang hari. Sudah pernah coba Charm Pantyliner Cooling Fresh (Slim)?

Pantyliner pertama dengan sensasi dingin menyegarkan berkat kandungan ekstrak daun mint yang segar bisa mengurangi rasa gerah dan lembab serta bau tidak sedap pada area miss v, Charm Girls. Selain itu, lapisan penyerapnya yang tipis juga bikin kamu serasa nggak pakai apa pun, lho. 

Jangan khawatir, karena kemampuan serapnya tetap bisa diandalkan, ditambah nggak bakal geser berkat perekat yang kuat. Bebas beraktivitas seharian dengan sensasi dingin dengan Charm Panytliner Cooling Fresh Slim!

prolaktin tinggi pada wanita
prolaktin tinggi
Komentar (17)
A

An
Anonymous
Nice info
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Makasih infonya
9 months ago
Balas
floating-icon