Kembali

Edukasi

Efektifkah Obat Pelancar Haid Alami?

Efektifkah Obat Pelancar Haid Alami?


Apakah kamu sedang mencari cara alami untuk melancarkan haid, Charm Girls? Seperti mencari obat pelancar haid alami, misalnya.

Seperti diketahui, siklus haid yang kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, bahkan tidak terjadi selama 2 bulan berturut-turut dapat dianggap sebagai siklus haid yang tidak lancar. Stres, makanan tidak sehat, ketidakseimbangan hormon, pil KB, dan penyakit reproduksi wanita dapat menjadi penyebab dari siklus haid yang tidak teratur. 

Bukan rahasia kalau haid yang tidak teratur bisa terasa sangat nggak nyaman, bahkan rasa sakitnya bisa sangat mengganggu. Makanya, nggak sedikit orang yang mencari cara agar cepat PMS dengan mengonsumsi mengonsumsi obat pelancar haid di apotik maupun bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua obat alami aman dan efektif untuk semua orang, lho. Apalagi kalau obat tersebut tidak direkomendasikan oleh dokter yang ahli di bidangnya. Lalu, apa sajakah obat pelancar haid alami yang bisa dicoba dan aman? 

Apakah aman mengonsumsi obat pelancar haid?

Obat pelancar haid alami atau buatan manusia dapat menjadi pilihan bagi wanita yang mengalami masalah terkait siklus menstruasi. Namun, sebelum mengonsumsi obat pelancar haid paling ampuh, ada baiknya kita mencari tahu apakah obat tersebut aman dan efektif atau tidak.

Ternyata, mengonsumsi obat atau jamu pelancar haid dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kita, lho. Apalagi kalau kamu mengonsumsi jamu agar cepat haid dalam jangka panjang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi dan berisiko sulit hamil. Sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Aturan serupa berlaku untuk obat pelancar haid alami atau pun obat yang bebas dijual di pasaran. Jika dikonsumsi tanpa resep dokter, ada banyak efek samping minum jamu pelancar haid yang bisa terjadi.

Mulai dari perubahan mood seperti mudah cepas, depresi, dan mood berantakan. Kamu juga bisa merasa mual dan muntah, kram perut, payudara tidak nyaman, hingga ada risiko keguguran kalau ternyata kamu sedang hamil.

Obat pelancar haid yang aman dikonsumsi

Tenang saja Charm Girls, ada beberapa obat pelancar haid alami yang dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu tubuh memproduksi hormon yang diperlukan untuk mengatur siklus menstruasi.

Selain itu, banyak juga wanita yang mencari obat pelancar haid alami yang aman dikonsumsi. Sebagian besar menjatuhkan pilihan pada minuman untuk pelancar haid yang dibuat dari bahan-bahan tradisional yang mudah ditemukan di rumah. Dengan kata lain, bahan herbal tersebut diramu menjadi jamu agar cepat haid. Sesuatu yang sudah dikonsumsi turun temurun oleh para wanita sejak zaman dahulu.

Memang sih, sampai sekarang belum ada penelitian yang bisa membuktikan keampuhan konsumsi jamu agar cepat haid tersebut. Tapi nggak sedikit juga wanita yang benar-benar merasakan manfaatnya. Nggak percaya? Coba sendiri aja, Charm Girls!

1.Jahe

Jahe memiliki formula anti-inflamasi alami yang mampu membantu mengatasi haid yang terlambat. Rempah ini juga menjadi obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan dipercaya mampu menyebabkan kontraksi rahim. 

Kamu bisa membuat air rebusan jahe atau mengambil ekstrak jahe untuk dibuat minuman teh. Teh jahe juga bisa dicampur dengan madu dan lemon agar rasanya lebih nikmat. Untuk membuat minuman untuk pelancar haid dari jahe, potong jahe yang sudah dikupas dan masukkan ke dalam air. Didihkan selama 5-7 menit, lalu saring dan tambahkan teh secukupnya. 

2.Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang populer digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk sebagai jamu agar cepat haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengatasi rasa nyeri dan perubahan mood saat menstruasi.

Buat teh kunyit dari 2 sendok makan bubuk kunyit yang dicampur dengan lemon atau madu untuk memperkaya rasanya. Kunyit juga dapat dijadikan sebagai emenagog, yaitu herbal yang merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim, serta dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron.

3.Kencur

Kencur terbukti efektif sebagai jamu pelancar haid telat 2 bulan dan mengatasi nyeri saat haid. Selain itu, kencur juga dapat membantu mengatasi pegal-pegal dan menghilangkan darah kotor.

Untuk membuat jamu dari kencur, kamu hanya perlu menumbuk rimpang kencur yang telah dikupas dengan daun trengguli dan cengkeh tua, kemudian direbus hingga setengahnya.

4.Kayu manis

Kayu manis mampu mengatur kadar insulin di dalam tubuh yang juga memengaruhi kerja hormon menstruasi. Sebuah studi dari Columbia University Medical Center menunjukkan bahwa kayu manis berpotensi membantu wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS). Untuk mengonsumsi kayu manis sebagai minuman untuk pelancar haid, campurkan 500 mg kayu manis atau setara dengan 2-4 ml ke dalam teh sebanyak tiga kali dalam sehari. 

5.Pepaya mentah

Pepaya terbukti sebagai obat pelancar haid alami yang paling efektif untuk melancarkan haid. Pepaya mentah memiliki kemampuan untuk merangsang kontraksi di dalam rahim dan membantu menginduksi menstruasi. Kandungan karoten pada pepaya mentah dapat merangsang hormon estrogen yang membantu memicu periode awal haid. Untuk membuat ramuan ini, cukup campurkan pepaya mentah yang matang ke dalam 200 ml air dan haluskan dengan blender.

6.Daun pepaya

Kandungan ekstrak daun pepaya mampu menurunkan hormon prostaglandin yang menjadi penyebab nyeri parah saat haid. Selain itu, kandungan alami di dalam daun pepaya membantu menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus haid. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun pepaya dalam air rebusan dengan menambahkan sedikit garam dan asam jawa untuk memberi rasa. Konsumsi satu gelas per hari untuk membantu melancarkan siklus haid.

7.Peterseli atau parsley

Nggak cuma bisa jadi herba masak aja, tapi daun peterseli atau parsley juga bisa kamu jadikan minuman untuk pelancar haid. Ada kandungan myristicin dalam peterseli yang membantu mengatur produksi hormon estrogen sehingga dapat menyeimbangkan hormon dan memperlancar haid. 

Cara membuatnya mudah, cukup tuangkan daun peterseli segar ke dalam satu cangkir air mendidih, lalu seduh selama lima menit dan minum 1—2 kali sehari. Namun, ramuan peterseli tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, atau penderita masalah ginjal karena bisa membahayakan.

8.Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menjadi alternatif jamu agar cepat haid yang efektif. Kandungan basa dalam cuka sari apel membantu melancarkan haid dan meredakan peradangan yang muncul saat menstruasi. Cuka sari apel juga dapat membantu mengembalikan siklus haid pada penderita PCOS, meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kalau mau coba, cuka sari apel bisa diminum langsung atau dicampur dengan air dan madu agar rasanya lebih lembut.

Kamu bisa mencoba salah satu atau bahkan beberapa resep minuman pelancar haid yang terbuat dari bahan alami di atas agar haid lancar dan keluar banyak. Asal sesuai takaran saja ya, Charm Girls. Jangan berlebihan. Kalau sudah berhasil, pastikan untuk menggunakan pembalut super nyaman yang bisa membantu kamu melakukan aktivitas keseharian dengan lebih maksimal.

Kalau kamu suka sama bahan-bahan yang alami, bisa coba pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal, nih. Pembalut yang satu ini dilengkapi sama bahan-bahan herbal pilihan seperti daun sirih, manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya. Semuanya terbukti mengandung antiseptik alami sehingga bisa memberikan perlindungan higienis ke area miss v, cegah bau tidak sedap selama haid.

Tenang saja, karena kemampuan penyerapannya sangat maksimal, mampu mengunci cairan di dalam. Cegah bocor meski bergerak banyak. Kamu juga nggak perlu khawatir iritasi karena banyak bergerak, Charm Girls. karena pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal memiliki lapisan material yang lembut! Jangan cuma menggunakan obat pelancar haid alami dari herbal saja, tapi pembalut herbal nggak boleh ketinggalan!

jamu agar cepat haid
minuman untuk pelancar haid
Komentar (26)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Memang sih, sampai sekarang belum ada penelitian yang bisa membuktikan keampuhan konsumsi jamu agar cepat haid tersebut. Tapi nggak sedikit juga wanita yang benar-benar merasakan manfaatnya.
9 months ago
Balas
An
Anonymous
ok
9 months ago
Balas
An
Anonymous
iya
9 months ago
Balas
floating-icon