Kembali

Edukasi

Berikut Sifat-sifat Wanita PMS, Apa Kamu Mengalaminya?

Berikut Sifat-sifat Wanita PMS, Apa Kamu Mengalaminya?


Charm Girls pasti pernah merasakan perubahan mood yang drastis menjelang menstruasi, bukan? Tak perlu khawatir karena itu adalah salah satu sifat wanita PMS yang sering dialami oleh banyak perempuan.

PMS itu apa, sih? PMS atau Pre-Menstrual Syndrome adalah kondisi di mana seorang wanita mengalami perubahan fisik dan emosional yang signifikan menjelang menstruasi. PMS terjadi secara konsisten selama seminggu hingga 2 minggu sebelum menstruasi dan akan berhenti pada satu atau dua hari setelah menstruasi. 

Gejala PMS, seperti perubahan suasana hati, terjadi selama fase terakhir dari siklus menstruasi, yaitu dari hari ke-14 hingga 28 dari siklus bulanan wanita. Tapi selain itu, masih ada lagi beberapa perubahan sifat wanita PMS yang mungkin sering kamu alami. Berikut ciri-ciri perempuan sedang haid lainnya:

  • Nafsu makan berkurang atau berlebihan
  • Mood swing
  • Cenderung lebih malas
  • Super sensitif
  • Posesif
  • Ingin diperhatikan
  • Mudah tersinggung dan marah
  • Mudah depresi
  • Ingin menang sendiri
  • Melankolis
  • Tidak nyambung ketika diajak berbicara
  • Butuh obat pereda nyeri karena banyak merasa sakit di beberapa area tubuh

Tentunya, sifat-sifat wanita PMS ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika terjadi secara terus-menerus setiap bulan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali sifat-sifat wanita PMS agar bisa mengatasinya dengan tepat dan tidak mengganggu keseharianmu. 

Apa Penyebab Perubahan Sifat Wanita PMS?

Ketika cewe PMS, perubahan suasana hati yang drastis, sensitif, mudah tersinggung, bahkan depresi menjelang haid memang bukanlah hal yang aneh. Perubahan hormon estrogen dan progesteron yang meningkat secara drastis sebagai efek lagi PMS ternyata sangat mempengaruhi seluruh sistem tubuh, termasuk perubahan sifat sifat wanita saat haid.

Fakta wanita PMS lainnya adalah menurunnya produksi hormon serotonin yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang menjadi penyebab lain perubahan sifat ketika cewe PMS. Itulah  kenapa wanita PMS gampang marah, sensitif, depresi, bahkan ingin makan terus-menerus.

Tidak hanya itu, hilangnya kandungan dopamine dan gamma-aminobutyris acid (GABA) juga menjadi penyebab lain yang membuat sifat seorang wanita lebih sensitif saat haid. 

Fungsi kandungan GABA adalah untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan stres dan kecemasan. Kandungan ini menurun atau bahkan hilang saat haid, sehingga tubuh kesulitan untuk menjadi tenang dan akhirnya jadi bersikap gegabah karena tidak ada kontrolnya.

Terus, Gimana Cara Mengatasinya?

Ketika cewe PMS seringkali membuat suasana hati menjadi labil. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perubahan sifat sifat wanita saat haid. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba. Bisa juga dilakukan sama cowok-cowok sebagai tips menghadapi wanita PMS, nih.

1.Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dan lezat, terutama yang banyak mengandung kalsium dan vitamin B6, dapat membantu memperbaiki mood. Coba konsumsi susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, ikan, daging ayam, dan buah-buahan.

2.Berolahraga Ringan

Cewek yang lagi PMS sebaiknya tetap berusaha bergerak aktif untuk menurunkan risiko mood swing. Cobalah berolahraga ringan selama haid, minimal 30 menit setiap hari.

3.Cukup Tidur

Pastikan kamu cukup tidur selama menstruasi, yaitu sekitar 7-8 jam dalam satu hari. Istirahat yang cukup bisa membantu mengatasi perubahan sifat wanita PMS.

4.Kelola Stres dengan Baik

Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa membuat mood swing semakin buruk. Cobalah melakukan meditasi untuk mengelola stres.

5.Lakukan Hal yang Menyenangkan

Hindari aktivitas yang menyusahkan dan memberatkan beban pikiran. Pergilah ke salon atau lakukan aktivitas yang menyenangkan untuk meredakan perasaan sensitif.

6.Makan Dark Chocolate

Apa yang diinginkan wanita saat PMS? Seringkali ngidam makan sesuatu, kan? Kamu bisa coba mengalihkan keinginan ngemil tersebut dengan makan dark chocolate, deh. Cokelat hitam bisa meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Coba sediakan cokelat hitam di dalam tas atau laci meja kerja.

7.Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan nada tenang dan lembut bisa membuat otak dan pikiran menjadi lebih tenang dan santai. Pasang lilin aromaterapi untuk merelaksasi pikiran dan tubuh sehingga perubahan sifat wanita PMS yang kamu alami jadi tidak terlalu mengganggu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa mengatasi mood swing saat menstruasi dan menjaga suasana hati tetap baik. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat.

Selain itu, tak ada salahnya juga bersiap menghadapi siklus menstruasi yang segera datang dengan pantyliner andalan dari Charm, yakni Charm Pantyliner Cooling Fresh. Pantyliner pertama dengan sensasi dingin menyegarkan berkat kandungan ekstrak alami daun mint.

Sensasi dingin tersebut bisa banget mengurangi rasa gerah dan lembab serta mengurangi bau tidak sedap di area miss v, Charm Girls. Tentunya bisa juga untuk meredakan sensasi nggak nyaman yang mungkin kamu rasakan di area miss v atau perut selama PMS.

Tenang saja, lapisan penyerapnya sangat tipis sehingga serasa tidak memakai. Tapi nggak perlu khawatir, karena kemampuan penyerapannya tetap juara. Bisa menjaga area miss v tetap terasa bersih dan nyaman digunakan. Keputihan yang sering kamu alami selama PMS pasti nggak akan mengganggu! 

Jangan bikin perubahan sifat sifat wanita saat haid jadi makin parah dengan menggunakan pembalut atau pantyliner yang nggak nyaman!

ketika cewe pms
sifat sifat wanita saat haid
Komentar (9)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Fungsi kandungan GABA adalah untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan stres dan kecemasan. Kandungan ini menurun atau bahkan hilang saat haid, sehingga tubuh kesulitan untuk menjadi tenang dan akhirnya jadi bersikap gegabah karena tidak ada kontrolnya.
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
a year ago
Balas
floating-icon