Kembali

Edukasi

Mitos atau fakta makan mentimun saat haid berbahaya?

Mitos atau fakta makan mentimun saat haid berbahaya?


Mengonsumsi makanan tertentu saat menstruasi, termasuk buah dan sayuran berdaun, dapat mengurangi gejala sementara yang lain, seperti makanan pedas dan daging merah, dapat membuatnya lebih parah. Terkadang ada beberapa makanan yang dipertanyakan kebaikannya, seperti salah satunya makan timun saat haid, apakah memang boleh atau tidak.

Nah Charm Girls, artikel di bawah ini akan membahas bagaimana sebenarnya efek samping saat mengkonsumsi timun saat datang bulan,apakah ada atau tidak?

Banyak orang mengalami gejala tidak nyaman saat menstruasi. Beberapa makanan dapat mengurangi gejala ini tapi ada juga loh makanan lain yang justru bisa memperburuknya. Penting untuk mengetahui mana makanan atau minuman yang perlu dihindari saat haid, serta mengetahui mana panganan yang layak dikonsumsi untuk memperlancar atau membantu proses haid lebih nyaman dan aman.

Ada beberapa perasaan tidak nyaman yang dirasakan seseorang saat haid, mulai dari kram perut, sakit kepala, mual, kelelahan, kembung, perubahan suasana hati hingga bahkan diare.

Jika Charm Girls mengalami gejala-gejala di atas, menambahkan makanan tertentu ke dalam diet atau menghilangkan beberapa list makanan mungkin bisa membantu kamu merasa lebih baik.

Charm Girls, makan buah saat haid sangat baik untuk tubuh, buah-buahan yang kaya akan air bisa membantu seseorang terhidrasi, apalagi saat seseorang sedang datang bulan dan mengeluarkan banyak darah, kondisi ini membuat perempuan mudah lelah dan dehidrasi. Selain minum, tubuh yang terhidrasi bisa ditangani dengan buah yang kaya akan air, seperti semangka dan juga timun.

Jadi adalah baik jika Charm Girls mengkonsumsi timun saat haid ternyata baik bagi tubuh

Apakah ada efek samping makan timun saat haid?

Buah-buahan seperti semangka dan timun juga mengekang hasrat gula dalam diri seseorang dan menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali loh.

Mengonsumsi buah yang kaya akan air seperti timun berpengaruh baik bagi tubuh terutama saat menstruasi, untuk menghindari rasa lelah dan stress. Selain itu, buah yang kaya air juga membantu mengurangi kemungkinan kembung saat menstruasi. Jadi tidak ada bahaya mengkonsumsi timun saat haid.

Salah jika makan timun saat haid karena getahnya dapat menghambat darah di dinding rahim dan membuat mandul. Ada sejumlah anggapan yang menyebut konsumsi timun dapat berdampak buruk pada kesehatan reproduksi saat haid.

Ginekolog Anaïs Reyes Navarro, anggota Doctoralia, sebuah situs online untuk pakar medis dari seluruh dunia. mengatakan tak ada hubungannya efek getah mentimun pada dinding rahim.

Pasalnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan kemandulan, seperti perubahan ovulasi dan masalah coital, kata spesialis reproduksi Kiyoshi Macotela Nakagaki.

Menurut US National Institute of Child Health and Human Development (NICHD), infertilitas dapat dikaitkan dengan masalah siklus menstruasi, kelainan fisik pada sistem reproduksi, atau autoimun atau penyakit menular seksual.

Ada juga faktor perilaku yang meningkatkan risiko gangguan kesehatan reproduksi, seperti merokok, catat studi tahun 2012 ini merupakan hasil dari National Institute of Health and Medical Research.

Apa yang sebaiknya tidak dimakan saat haid?

Berikut adalah beberapa makanan yang harus Charm Gilrs hindari selama menstruasi:

1. Makanan Pedas dan Asin

Hasrat makan pedas dan asin saat mungkin akan lebih meningkat saat sedang menstruasi. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas dapat mengganggu perut dan dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan mual. Kelebihan makanan asin menyebabkan retensi air, yang dapat menyebabkan kembung.

2. Kopi 

Kopi kekinian kerap masuk dalam keranjang belanja delivery food online, namun ternyata ini perlu dikurangi terlebih dahulu saat haid loh. Mengonsumsi kopi selama menstruasi karena kelebihan kafein menyebabkan retensi air dalam tubuh dan menyebabkan perut kembung. Ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Jadi Charm Girls harus mengurangi konsumsi kopi jika mengalami diare saat haid.

3. Makanan junk food yang tinggi lemak

Makanan seperti burger, pizza, dan lain-lain juga sangat mengganggu hormon dan menyebabkan peradangan dan meningkatkan nyeri haid. Oleh karena itu, yuk menghindari makanan berlemak tinggi, terutama saat menstruasi.

4 Alkohol

Konsumsi alkohol saat menstruasi juga bisa sebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan sakit kepala dan perut kembung. Ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan mual. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol selama masa menstruasi.

5. Daging Merah

Saat sedang haid, tubuh memproduksi prostaglandin (sekelompok lipid), yang membantu rahim berkontraksi dan menghasilkan aliran menstruasi. Daging merah juga mengandung prostaglandin, dan saat makan daging merah selama haid, kadar prostaglandin dalam tubuh meningkat. Kadar prostaglandin yang tinggi menyebabkan kram dan nyeri haid.

Pada akhirnya makanan apapun yang memang tidak bisa Charm Girls toleransi dengan baik perlu dihindari terutama selama menstruasi. Peka pada kondisi tubuh dan menjaga makanan jadi hal termudah. Mengkonsumsi makanan ini dapat menyebabkan mual, sembelit, atau diare, yang hanya akan menambah ketidaknyamanan apalagi saat mengalami nyeri haid.

makan timun saat haid
apakah saat haid tidak boleh makan timun
Komentar (23)
A

An
Anonymous
Baru tau nih
a year ago
Balas
An
Anonymous
a year ago
An
Anonymous
Iya
a year ago
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Setuju
a year ago
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
An
Anonymous
Welcome
a year ago
floating-icon