Kembali

Edukasi

Apakah Kita Boleh Yoga Saat Haid? Yuk, Cek Faktanya!

Apakah Kita Boleh Yoga Saat Haid? Yuk, Cek Faktanya!


Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, gerakan-gerakan dalam olahraga ini bisa membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. 

Lantas, apakah yoga termasuk olahraga berat? Bagaimana kalau kita ingin yoga saat haid? Nah, pada dasarnya, yoga menggabungkan aktivitas fisik dan mental. Oleh sebab itu, gerakannya tidaklah berat sehingga tidak masalah untuk melakukannya saat kamu sedang haid.

Bahkan, yoga justru disarankan untuk dilakukan selama menstruasi karena mampu mengurangi nyeri perut PMS dan meningkatkan suasana hati. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat yoga bagi wanita yang sedang haid!

Apakah boleh melakukan yoga saat haid?

Hubungan antara olahraga dan haid memang masih menjadi pembahasan yang menarik. Lantaran, masih ada anggapan masyarakat awam bahwa perempuan yang sedang haid sebaiknya menghindari segala jenis aktivitas fisik. 

Namun, menurut beberapa penelitian, olahraga yang dilakukan saat menstruasi justru dapat meningkatkan kesehatan Tidak hanya itu, olahraga seperti yoga juga mampu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti mual, perubahan suasana hati, dan sakit perut.

Ini karena gerakan-gerakan yoga yang dikombinasikan dengan teknik pernapasan bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Meski demikian, kamu perlu mengetahui batasan diri saat melakukan olahraga agar terhindar dari kelelahan ekstrem, ya, Charm Girls!

Sebagai catatan, siklus haid juga bisa dianggap sebagai alat untuk mengetahui kondisi kesehatan dan perubahan hormon dalam tubuh. Maka dari itu, kamu perlu menahan diri untuk melakukan yoga atau olahraga lain selama haid jika memiliki kondisi di bawah ini.

  • Siklus menstruasi yang jarang meski sedang tidak hamil atau menopause.
  • Gejala PMS yang sangat parah, seperti lelah, sakit kepala, bahkan sesak napas.
  • Perdarahan hebat dan kram perut yang berkepanjangan.
  • Demam tinggi.

Manfaat yoga untuk wanita yang sedang haid

Perdarahan normal yang keluar dari miss v atau menstruasi umumnya berlangsung selama 3–7 hari, tergantung volume darah di dalam rahimmu. Pada periode tersebut, otot rahim akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kram atau nyeri parah yang terpusat pada perut bagian bawah.

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, seperti meminum obat pereda nyeri, melakukan gerakan yoga, bahkan meditasi. Nah, sebenarnya, bagaimana yoga bisa bermanfaat untuk wanita haid? Yuk, simak!

1. Mampu mengurangi kram perut

Banyak peneliti telah lama menganjurkan untuk berolahraga selama masa haid karena dapat mengurangi nyeri PMS. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan pun beragam, mulai dari olahraga berat hingga ringan, seperti yoga.

Yoga mampu menurunkan kadar hormon kortisol dan prostaglandin, dua biang kerok di balik rasa sakit pada perutmu. Selain itu, melakukan yoga disertai latihan pernapasan juga berdampak positif untuk tubuh dalam merespons rasa sakit.

Oleh karena itu, jika kamu kerap mengalami rasa sakit ketika menstruasi, ada baiknya untuk mulai lakukan latihan yoga. Tapi, coba dari gerakan yang ringan dulu, ya!

2. Yoga mampu membuat tubuh rileks

Berbagai gerakan dalam yoga tidak hanya membantu menghilangkan sakit perut, tapi juga menenangkan tubuh. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang secara konsisten melakukan yoga akan memiliki tidur yang lebih nyenyak.

Itu karena yoga merupakan olahraga yang menggabungkan konsentrasi mental dan aktivitas fisik. Oleh sebab itu, setelah kamu melakukan yoga, pikiran akan terasa lebih tenang dan kualitas tidur pun meningkat. 

3. Yoga bisa memperbaiki suasana hati

Saat haid, tak sedikit wanita yang mengalami perubahan suasana hati. Kamu mungkin merasa lebih sensitif dari biasanya, mudah sedih, dan bahkan mudah tersinggung. Hal tersebut sebetulnya wajar, sebab kadar hormon dalam tubuhmu sedang tidak stabil.

Penelitian menemukan bahwa tubuh akan melepas hormon endorfin (hormon senang) ketika berolahraga. Maka dari itu, untuk memperbaiki suasana hati saat haid, kamu bisa melakukan latihan gerakan olahraga ringan, seperti yoga secara rutin.

4. Olahraga membantu kita mengelola stres

Sudah menjadi fakta bahwa perempuan sering mengalami stres saat sedang haid. Hal tersebut bisa dipicu oleh banyak hal, terutama perubahan emosional dan efek dari rasa sakit pada tubuh bagian bawah.

Penelitian oleh National Institutes of Health membuktikan bahwa gerakan yoga saat haid mampu membantu perempuan dalam mengelola stres, meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki pola makan dan tidur, serta menurunkan berat badan.

Ada banyak gerakan yoga yang bisa kamu tiru dan lakukan di rumah, salah satunya adalah gerakan bernama savana. Gerakan ini dimulai dengan berbaring telentang di atas kasur atau matras dengan telapak tangan menghadap ke atas. Sambil melatih pergerakan fisik, kamu juga perlu menjernihkan pikiran sambil mengatur napas.

Gerakan yoga memang memiliki segudang manfaat buat perempuan yang sedang haid. Sebagai catatan, kamu tetap perlu sadar akan keterbatasan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik, ya, Charm Girls!

Yoga memang salah satu jenis olahraga yang tergolong ringan. Namun, jika tubuhmu dirasa terlalu lemas dan sakit, maka sebaiknya hindari pergerakan fisik jenis apa pun. Kamu bisa berbaring dan beristirahat dan mulai melakukan yoga ketika tubuh sudah dirasa membaik. Selamat mencoba!

yoga saat haid
Komentar (16)
A

An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
An
Anonymous
Makasih banyak informasi nya
a year ago
Balas
floating-icon