Kembali

Edukasi

Kira-kira sampai berapa lama tanggal expired pembalut ya?

Kira-kira sampai berapa lama tanggal expired pembalut ya?


Seperti makanan atau obat-obatan, pembalut yang dianggap tidak mudah rusak juga punya batas waktu pemakaiannya atau akan expired. Paling berpengaruh karena disimpan dalam lingkungan yang lembab seperti kamar mandi. Pembalut atau sanitary pad masih terus jadi pilihan perempuan Indonesia saat melewati siklus haid bulanan mereka.

Tanggal kedaluwarsa atau expired date adalah kode berisi informasi soal batas maksimal produk aman dipakai. Penulisan kode tersebut berguna agar konsumen aware dalam penggunaan produk setelah dibuka. Tanggal expired pembalut juga ternyata ada loh Charm Girls.

Hal ini biasanya jadi pertanyaan saat kita membeli produk, seperti berapa lama pembalut sebaiknya disimpan hingga apakah bahaya jika menggunakannya jika lewat dari waktu yang ditentukan. Biasanya pembalut dan tampon punya umur simpan tiga tahun, jadi jangan lebih dari itu ya Charm Girls.

Secara sederhananya saat mencari pembalut ingatlah bahwa tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa biasanya dicantumkan dikemasan ya Charm Girls.

Salah satu pilihan pembalut yang bisa Charm Girls masukkan dalam daftar adalah CHARM Cooling Fresh Night yang bisa membuat segar dan percaya diri. Terdapat sensasi menyegarkan dengan back wing yang bikin nyaman maksimal. Belum lagi ada zona triple proteksi yang bikin kamu jadi makin aman.

CHARM Cooling Fresh Night punya ukuran hingga 35 centimeter dengan atau tanpa sayap, dalam satu packnya Charm Girls bisa mendapatkan 8 pcs pembalut untuk menjaga vagina tetap aman dan sehat selama siklus menstruasi. Charm Girls bisa mendapatkannya di e-commerce kepercayaan kamu atau di supermarket terdekat. CHARM hadir dengan produk yang mudah dijangkau dimanapun dan kapanpun. Jangan lupa untuk cek tanggal expired produk Charm yang kamu beli ya.

Bagaimana cara menghitung expired pembalut

Pembalut dan tampon sebenarnya punya memiliki umur simpan tiga tahun. Pembalut perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering serta di tempat yang bebas dari bau.

Sederhananya Charm Girls bisa memeriksa tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa sebelum membeli.

Satu hal yang perlu Charm Girls perhatikan juga adalah cara menyimpan pembalut. Pertama adalah simpan di tempat yang sejuk, kering, dan tidak berbau. Jika disimpan di lingkungan yang sangat lembab, pertumbuhan mikroba dapat meningkat, menyebabkan produk menjadi lembab dan berjamur.

Paparan sinar matahari akan mempercepat penuaan gel yang cepat dan memengaruhi penggunaan normal. Pembalut sangat menyerap, jadi jauhkan dari bau.

Jika pembalut disimpan di kamar mandi segera digunakan, agar tidak membiakkan terlalu banyak bakteri dan mempengaruhi kesehatan jangka pendek. Selain itu perhatikan juga pemilihan kemasan pembalut.

Pembalut bisa berjamur jika bantalannya dibiarkan terendam air lebih dari sehari, maka akan berbau dan bisa ditumbuhi jamur. 

Bagaimana jika menggunakan pembalut expired

Meskipun ada peningkatan risiko penyakit, tidak perlu terlalu panik ya Charm Girls. Tubuh punya sistem kekebalan yang kuat dan kemampuan mengatur dirinya sendiri. Tentu saja, jika merasa tidak nyaman, seperti gatal, bau atau kesemutan atau keputihan yang meningkat, segera dapatkan bantuan medis.  Pembalut sebenarnya relatif aman dari tampon karena efek mikroba.

Namun yang harus dilakukan dengan pembalut yang sudah expired adalah dengan tidak menggunakannya, ingat agar tidak membuangnya di toilet, karena ini akan menyebabkan masalah penyumbatan. Charm Girls bisa mengeluarkan lapisan penyerap dan menyiramnya akan menjadi media terbaik untuk melembabkan.

Pada sebagian kasus memakai pembalut expired juga bisa menyebabkan toxic shock syndrome (TSS), terjadi saat racun bakteri masuk ke dalam aliran darah. Jika mengalaminya Charm Girls perlu segera mendapatkan penanganan medis dan menemui dokter, karena TSS bisa berisiko pada keselamatan jiwa. 

Beberapa gejala yang tergolong berbahaya adalah seperti:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri tubuh
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Sulit bernapas
  • Muncul ruam
  • Tekanan darah rendah
  • Kulit mengelupas

Kegunaan tanggal expired pada pembalut 

Memperhatikan tanggal expired pembalut membuat seseorang paham akan konsekuensi yang sangat tidak sehat jika menggunakan produk di luar kedaluwarsa. Apalagi vagina adalah organ tubuh yang sensitif dan akan semakin sensitif saat siklus menstruasi tiba.

Selalu perhatikan bagaimana Charm Girls menyimpan produk pembalut, jika belum digunakan biarkan dalam kemasan agar tidak terganggu dan tidak terkena kelembaban yang berlebihan. 

Pembalut adalah produk sanitasi, jika memang sudah dibuka dari kemasan inti dan berbentuk kemasan satuan, segera pindahkan ke tempat bersih dan aman.

Jika Charm Girls sudah tau bahwa sebuah pembalut atau tampon masuk tanggal kedaluwarsa, dari masa simpannya jangan menggunakan ya walaupun terlihat masih bagus, bersih dan oke untuk digunakan. Pahami resikonya, karena bisa saja loh ada jamur dan bakteri yang sudah berkembang di dalam kapas. Seramkan. Perhatikan juga perubahan warna, bau, atau tumbuh jamur di pembalut.

pembalut expired
Ciri hormon tidak seimbang
Komentar (25)
A

An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
floating-icon