Kembali

Edukasi

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Hilangkan Bau Badan

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Hilangkan Bau Badan


Pubertas adalah masa perubahan seorang anak untuk menjadi dewasa. Pada masa ini, tubuh akan melepaskan berbagai hormon khusus pubertas sehingga muncullah ciri-ciri pubertas. Kamu pun akan mengalami berbagai perubahan fisik.

Salah satu dampak dari pubertas yaitu munculnya bau badan yang nggak sedap. Bau ini berasal dari percampuran antara keringat dan bakteri di kulit. Biasanya, bau badan yang paling menyengat berada di daerah lipatan tubuh, seperti ketiak.

Meskipun sudah menggunakan deodoran, tentunya masalah ini bisa bikin remaja jadi cemas saat berada di tempat umum. Tetapi, tahukah Charm Girls kalau bahan alami seperti daun sirih ternyata ampuh untuk menghilangkan bau badan?

Bagaimana cara pakainya? Simak di sini, yuk!

Dari mana asalnya bau badan saat masa puber?

Anak yang telah melewati masa pubertas pasti mengalami perubahan fisik pada tubuh, salah satunya kemunculan bau badan nggak sedap. Perubahan aroma tubuh ini terjadi akibat adanya pengaruh hormon terhadap aktivitas kelenjar keringat. 

Keringat tersebut bercampur dengan bakteri pada permukaan kulit sehingga muncullah bau tak sedap. Nggak semua anak bisa mencium atau tersadar dengan bau badannya. Hal inilah yang memicu kekhawatiran anak saat berada di dekat orang lain.

Berikut ini merupakan penyebab bau badan saat masa puber yang biasa dihadapi oleh anak remaja:

1. Perubahan hormon remaja

Saat masa puber dimulai, kelenjar apokrin akan menjadi lebih aktif dalam menghasilkan keringat. Kondisi ini menyebabkan keringat muncul dalam jumlah banyak. Penumpukan keringat yang bercampur bakteri lantas memicu bau badan nggak sedap.

Bau tersebut juga bisa disebabkan oleh kandungan minyak, air, dan garam di dalam keringat itu sendiri. Hal ini memang sulit dihindari, terlebih untuk kamu yang baru puber dan belum tahu cara terbaik dalam menghilangkan bau badan.

2. Masalah kesehatan yang sudah ada

Bau badan bisa menjadi ciri-ciri normal pubertas. Akan tetapi, jika bau tersebut sangat kuat dan mengganggumu, bisa jadi itu menandakan suatu masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya, seperti:

  • infeksi kulit,
  • penyakit hati dan ginjal,
  • penyakit diabetes, dan
  • gangguan pada tiroid.

3. Kurang menjaga kebersihan saat puber

Saat pubertas, kamu perlu memperhatikan kebersihan diri. Pasalnya, bakteri yang ada pada tubuh, pakaian, dan barang-barang bisa bercampur dengan minyak dan keringat sehingga menyebabkan bau menyengat, khususnya di area ketiak, badan, dan kaki.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi. Selain itu, kamu juga nggak boleh membiarkan pakaianmu lembap. Ini karena pakaian lembap bisa menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk bakteri.

4. Obesitas saat masa puber

Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa membuatmu lebih berisiko memiliki bau badan, lho. Alasannya, lipatan lemak pada tubuh akan membuat keringat dan bakteri terperangkap bersama.

Oleh karena itu, kamu yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk ekstra teliti dalam menjaga kebersihan tubuh, terutama pada lipatan tubuh yang susah dijangkau. Jangan lupa, terapkan pola makan bergizi seimbang dan kaya serat, ya!

5. Terlalu banyak bergerak

Saat berolahraga, tentu ada banyak keringat yang keluar dari pori-pori. Apalagi kalau kamu adalah remaja puber dengan banyak kegiatan di sekolah. Keringat yang dibiarkan menumpuk bisa bercampur dengan bakteri dan bikin bau badan. 

Jadi, tetap jaga kebersihan tubuh dan pakaianmu ya, Charm Girls! Kalau bisa, bawa juga pakaian ganti jika kamu akan banyak beraktivitas pada hari itu.

Manfaat daun sirih untuk bau badan

Saat ini, sudah banyak produk penghilang bau badan yang bisa kamu temui di berbagai tempat. Namun, apabila kamu lebih suka cara alami untuk menghilangkan bau badan, kamu bisa menggunakan daun sirih.

Sejak dulu, daun sirih telah digunakan untuk kecantikan hingga pengobatan penyakit karena memiliki banyak kandungan di dalamnya, salah satunya zat antibakteri. Zat ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan pada kulit.

Ingat bahwa keringat sebetulnya nggak berbau? Setelah memakai daun sirih, kamu akan tetap berkeringat seperti biasa. Namun, karena jumlah bakteri pada kulitmu lebih sedikit, bau yang muncul juga tidak semenyengat sebelumnya.

Cara kerja ini sebetulnya mirip dengan deodoran. Bedanya, daun sirih adalah bahan alami. Ditambah lagi, daun sirih punya kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Cara pakai daun sirih untuk menghilangkan bau badan

Kamu mungkin penasaran, gimana daun yang satu ini bisa menjadi solusi penghilang bau badan. Caranya gampang banget, Charm Girls. Kamu bisa meminum air rebusan daun sirih atau menjadikannya sebagai bahan tambahan di air mandimu.

Mengutip isi buku “Tanaman Obat Tradisional (Jilid II), kamu pun bisa menggunakan daun, getah, dan minyak dari daun sirih untuk menghilangkan bau badan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu terapkan.

  1. Petik 2–3 lembar daun sirih sesuai kebutuhan.
  2. Rendam daun sirih yang sudah dipetik di dalam setengah gelas air panas.
  3. Tuangkan satu sendok teh gula putih ke dalam air.
  4. Tunggu air hingga menjadi hangat kemudian minumlah.
  5. Minum air rebusan daun sirih secara rutin.

Sementara itu, berikut ini langkah untuk menghilangkan bau yang berasal dari ketiak.

  1. Petik 1–2 lembar daun sirih.
  2. Berilah kapur pada daun sirih yang telah dipetik.
  3. Remas-remas daun hingga hancur.
  4. Oleskan daun yang telah hancur ke ketiak.

Kadang-kadang, bau badan nggak cuma berasal dari ketiak, tapi juga lipatan tubuh lain termasuk selangkangan. Apalagi ketika haid, kamu mungkin jadi insecure dengan bau tak sedap yang berasal dari miss v.

Nggak perlu khawatir, Charm Girls. Tanpa perlu repot bikin ramuan daun sirih, kamu kini bisa mendapatkan manfaat daun sirih hanya dengan memakai pembalut Charm Herbal Ansept+ selama menstruasi.

Kandungan ekstrak daun sirih dan empat bahan alami lain di dalam pembalut ini bisa menjaga kebersihan miss v, menyamarkan bau haid, sekaligus membasmi bakteri jahat pada organ kewanitaan. Kamu pun bisa tenang, aman, dan nyaman selama haid.

daun sirih untuk bau badan
Komentar (138)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
ok
24 days ago
An
Anonymous
Nice info
2 months ago
Balas
An
Anonymous
ya
24 days ago
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Okee
a month ago
An
Anonymous
Okee
a month ago
An
Anonymous
Okee
a month ago
An
Anonymous
Okee
a month ago
An
Anonymous
sip
24 days ago
floating-icon