Kembali

Edukasi

Mitos atau fakta vitamin c untuk mempercepat haid?

Mitos atau fakta vitamin c untuk mempercepat haid?


Vitamin C punya peran penting dalam kesehatan, salah satu fungsi vitamin c yang kerap diincar perempuan adalah adalah fungsi vitamin c untuk mempercepat haid. Charm Girls tahukan bahwa  vitamin c bisa membantu kekebalan tubuh, melindungi kesehatan jantung dan menjaga penglihatan tetap sehat dan kulit bercahaya. 

vitamin C atau asam askorbat adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membentuk pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen pada tulang. Vitamin C juga penting untuk proses penyembuhan tubuh loh Charm Girls. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel dari efek radikal bebas-molekul yang dihasilkan saat tubuh memecah makanan atau terpapar asap tembakau dan radiasi dari matahari, sinar X, atau sumber lainnya. Radikal bebas mungkin berperan dalam penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap dan menyimpan zat besi.

Apakah vitamin c dapat mempercepat haid?

Namun Charm Girls, banyak perempuan yang ragu untuk mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak karena diyakini dapat mengganggu siklus menstruasi dan menyebabkan menstruasi dimulai lebih awal dari yang diharapkan.

Perempuan mengalami menstruasi setiap bulan dan menyebabkan kehilangan darah. Hal ini menyebabkan kadar zat besi semakin menipis. Jika zat besi dalam tubuh tidak diisi kembali, dapat menyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh dan anemia. Ini juga bisa berdampak pada kesuburan wanita loh Charm Girls. Vitamin C membantu penyerapan zat besi yang lebih baik. Sesuai penelitian, orang yang kekurangan zat besi juga kekurangan vitamin C. Pada saat yang sama, mengonsumsi zat besi dalam makanan saja tidak cukup.

Pada akhirnya mengonsumsi vitamin C penting untuk mengatur siklus menstruasi karena memastikan tubuh mampu menyerap zat besi.

Lalu apakah haid dapat datang lebih awal karena vitamin C?

Charm Girls, tidak sedikit juga yang mengira bahwa vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen sekaligus menurunkan kadar progesteron. Perubahan hormon ini menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak, menyebabkan menstruasi.

Perlu diingat bahwa belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempengaruhi siklus menstruasi sedemikian rupa sehingga menstruasi datang lebih awal atau vitamin c pelancar haid.

Dosis harian yang direkomendasikan untuk vitamin C dalam bentuk suplemen adalah 65 mg hingga 90 mg. Dengan batas atas 2.000 mg per hari, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan efek samping seperti mual, susah tidur, muntah, dan mulas.

Pada akhirnya, vitamin C memang bisa pengaruhi siklus haid dengan memungkinkan penyerapan zat besi. Namun, konsumsi vitamin tidak boleh dilakukan tanpa arahan dokter meski disebut vitamin c dapat pelancar haid

Vitamin C juga bisa didapat dari berbagai macam makanan loh Charm Girls selain dari suplemen. Buah jeruk, beri, blackcurrant, brokoli, bayam, kubis Brussel, paprika merah dan hijau, serta tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Jika memang Charm Girls memilih mengkonsumsi suplemen, berhati-hatilah dan tetap dalam batas keamanan yang disarankan.

Peterseli atau parsley juga mengandung vitamin C tingkat tinggi serta apiol, yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Namun apiol juga beracun dalam jumlah tertentu dan sangat berbahaya bagi orang hamil. Charm Girls tidak boleh minum teh peterseli jika sedang hamil, menyusui, atau memiliki masalah ginjal.

Cara lain untuk mempercepat haid

Selain vitamin c untuk mempercepat haid, perawatan, pengobatan, dan perubahan gaya hidup tertentu seperti mengurangi stres atau olahraga dapat membantu menyebabkan haid yang tertunda tergantung penyebabnya. Berikut beberapa bahan alami lainnya:

1.Nanas

Nanas adalah sumber yang kaya bromelain, enzim yang diyakini mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Sebuah studi menunjukkan bromelain dapat membantu mengurangi peradangan. Ini berarti dapat membantu menyebabkan menstruasi tidak teratur terkait dengan peradangan.

2.Jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan dipercaya dapat menyebabkan kontraksi rahim. Namun, hal ini masih belum dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Jahe mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, dan digunakan untuk mengobati sakit perut dan nyeri haid. Cara termudah untuk konsumsi jahe adalah dengan meminumnya yakni bisa dengan dibuat teh jahe.

3.Aktivitas dan perubahan gaya hidup seperti relaksasi

Stres terkadang bisa menjadi penyebab haid datang terlambat. Peningkatan hormon stres dapat mempengaruhi hormon yang diperlukan untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur. Ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi, dan cara yang ada berbeda-beda bagi setiap individu ya Charm Girls.

Kamu bisa mencoba mandi air hangat yang dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan meredakan stres emosional, lakukan olahraga, yoga atau berikan waktu untuk diri sendiri seperti mendengarkan musik, spa, bahkan pergi ke salon merawat diri.

vitamin c pelancar haid
Komentar (30)
A

An
Anonymous
Makasi infonya
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon