Kembali

Edukasi

Pernah tumbuh jerawat di miss v? ini penyebabnya!

Pernah tumbuh jerawat di miss v? ini penyebabnya!


Banyak hal yang tidak sepenuhnya kita ketahui dalam tubuh manusia, berbagai kondisi, penyakit, perubahan bentuk bisa terjadi dari ujung kepala hingga ujung kaki manusia. Nah Charm Girls, ada juga beberapa bagian tubuh yang ternyata sensitif, salah satunya adalah area genital wanita. Jerawat vagina atau jerawat di miss v

biasanya timbul bagi beberapa perempuan, namun ini bukanlah kondisi yang serius, meski bisa menjadi sumber ketidaknyamanan yang luar biasa.

Jerawat adalah benjolan merah kecil yang muncul di permukaan kulit. Jerawat juga bisa muncul di area miss v, meski Charm Girls mungkin terkejut menemukan jerawat di bawah sana, namun ternyata jerawat di area miss v cukup umum terjadi.

Gejala utama benjolan atau jerawat di miss v adalah berupa kecil dan menonjol (papula) kemudian putih di ujung karena penuh nanah (pustula) serta lembut saat disentuh.

Penyebabnya munculnya jerawat di area miss v

Jerawat di sekitar miss v penyebabnya tidak selalu jelas, tetapi ada beberapa alasan munculnya jerawat di sekitar alat kelamin seseorang loh Charm Girls, berikut penyebabnya:

1.Dermatitis kontak

Jerawat  di sekitar miss v kemungkinan besar disebabkan oleh dermatitis kontak yang merupakan reaksi pada sesuatu yang menyentuh kulit. Dermatitis kontak pada alat kelamin bisa disebabkan oleh kepekaan terhadap mandi busa dan sabun, apalagi yang mengandung wewangian, bisa juga karena tisu kewanitaan, deodorant, lotion, bedak, atau parfum

tampon atau pembalut wanita, vaginal douche atau cairan khusus pembersih vagina. Bisa juga karena spermisida, kondom, pelumas hingga karena deterjen. Kulit seseorang juga keringat, keputihan, air seni, air mani, karena setiap iritasi pada kulit dapat menyebabkan pembentukan jerawat.

2.Folikulitis

Jerawat di area miss v bisa jadi akibat infeksi pada folikel rambut akibat bakteri. Mencukur rambut kemaluan Charm Girls adalah salah satu penyebab potensial folikulitis. Saat rambut mulai tumbuh keluar dari folikel, rambut akan mengeriting kembali ke kulit, menyebabkan iritasi. 

Dalam beberapa kasus, rambut tumbuh kembali ke dalam kulit. Kekasaran pisau cukur pada kulit sensitif juga dapat menyebabkan luka bakar pisau cukur, benjolan, lecet hingga jerawat.

3.Hidradenitis suppurativa (HS)

Hidradenitis suppurativa (HS) atau juga disebut acne inversa, adalah penyakit kronis pada kelenjar keringat. Ini menyebabkan lesi seperti jerawat di sekitar tubuh, termasuk area vulva.  Dijelaskan bahwa penyebab penyakit radang langka ini tidak jelas. Namun memang disebut ada pengobatannya namun tidak ada obatnya.

4.Moluskum menular

Moluskum kontagiosum adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan jerawat di bagian tubuh manapun, termasuk alat kelamin. Dalam kasus ini, perawatan tidak selalu diperlukan, tetapi dapat diobati dengan obat topikal atau oral. Jika perlu, dokter juga bisa menghilangkan jerawat yang ada di area miss v karena moluskum kontagiosum ini untuk dioleskan.

Cara mengatasi jerawat di sekitar miss v

Nah Charm Girls, jika kalian mengalami jerawat di sekitar miss v ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jerawat yang disebabkan oleh iritasi ringan dapat hilang dengan sendirinya. 

Obat topikal dapat mengobati jerawat vagina yang disebabkan oleh dermatitis kontak dan antihistamin dapat mengobati alergi parah.

Beli antihistamin jika Charm Girls menderita dermatitis kontak, sebelumnya perlu ditentukan apa penyebabnya. Ini agar Charm Girls bisa menghindari zat atau kondisi tertentu di masa yang akan datang. 

Berhenti menggunakan semua produk yang menyentuh alat kelamin. Kemudian, kenali kembali satu per satu untuk mengetahui mana yang menyebabkan masalah.

Jerawat yang disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam biasanya akan hilang dengan sendirinya. Diagnosis dan pengobatan dini untuk HS juga bisa dicegah menjadi lebih parah.

Sedangkan moluskum kontagiosum pengobatan tidak selalu diperlukan, jika tidak sembuh dengan sendirinya, dokter dapat meresepkan obat topikal atau oral.

Jika yakin apa yang menyebabkan jerawat atau jika semakin parah, temui dokter untuk konsultasi dan pengobatan, hindari diagnosis sendiri dan membeli obat yang tidak untuk peruntukannya ya Charm Girls. Tunda penggunaan obat yang dijual bebas dan temui dokter.

Memencet jerawat di area miss v

Mengingat jerawat terkadang diatasi dengan dipencet seperti di wajah sebaiknya jangan mencoba memencet jerawat vagina ya Charm Girls. Untuk satu hal, itu dapat menyebarkan bakteri dan menyebabkan infeksi, selain itu, area sensitif ini mudah teriritasi dan bisanya akan berakhir menjadi lebih buruk.

Jerawat bisa menjadi bisul jika berisi nanah dan terus membesar selama beberapa hari. Saat tumbuh, itu bisa menjadi menyakitkan. Intinya tidak boleh mencoba meledakan atau memetik bisul di dekat alat kelamin. Kemungkinan akan pecah dengan sendirinya. Alih-alih mengatasinya dengan cara seperti itu Charm Girls lebih baik temui atau berkonsultasi dengan dokter.

Jerawat di area miss v berbahaya atau tidak?

Dalam kebanyakan kasus, jerawat akan hilang dengan sendirinya atau dengan pengobatan dalam beberapa minggu. Pandangan Charm Girls tergantung pada penyebab dan perawatan potensial. Dokter akan dapat menginformasikan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi jerawat di sekitar miss v, namun ini bukanlah kondisi yang serius, meski bisa menjadi sumber ketidaknyamanan yang luar biasa bagi sebagian perempuan ya Charm Girls.

Untuk menghindarinya Charm Girls mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas kebersihan pribadi untuk mencegah kekambuhan atau risiko muncul jerawat di miss v jika belum pernah mengalaminya.

Namun, agar tidak berulang jika sudah mengalami, setelah mengidentifikasi penyebabnya, hindari kontak dengan iritasi. Hindari pakaian ketat yang dapat menyebabkan gesekan. Pilih pakaian dalam yang terbuat dari katun daripada bahan sintetis. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh jerawat. Hindari air yang sangat panas saat mandi atau mandi. Jangan mandi busa dan sabun beraroma. 

Selain itu, rajin ganti pembalut saat menstruasi, Charm Girls bisa memilih berbagai produk pembalut CHARM sesuai kebutuhan mulai dari CHARM Safe Night yang bikin nyenyak sampai pagi atau CHARM Cooling fresh yang membuat tetap segar meski berkeringat saat menstruasi.

Kemudian, hati-hati saat menghilangkan rambut kemaluan, hindari mencukur yang bisa mengiritasi kulit dan sebabkan jerawat di sekitar vulva. Charm Girls bisa memangkas rambut kemaluan dengan gunting. Terakhir memiliki benjolan atau pertumbuhan yang tidak biasa di area genital, temui dokter untuk diagnosis secara medis.

jerawat di area miss v
jerawat di sekitar miss v
Komentar (16)
A

An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
a year ago
Balas
An
Anonymous
Bermanfaat banget
a year ago
Balas
floating-icon