Kembali

Edukasi

Mengenal Jenis Makanan saat PMS pada Wanita, apa saja ya?

Mengenal Jenis Makanan saat PMS pada Wanita, apa saja ya?


PMS atau Premenstrual Syndrome adalah kondisi yang dialami oleh sebagian besar wanita sebelum atau selama menstruasi. Gejala PMS bisa sangat beragam, mulai dari mood yang labil, sakit kepala, hingga masalah pada payudara. Beberapa wanita bahkan bisa mengalami gejala yang cukup serius seperti depresi berat atau kecemasan yang parah. PMS pada wanita seringkali mempengaruhi keseharian baik dari mood sampai nafsu makan, benar bukan Charm girls?

Ngomongin soal nafsu makan nih, mungkin Charm Girls setuju kalau saat PMS mood makan suka naik turun. Mood makan atau nafsu makan bisa sangat beragam selama masa PMS atau Premenstrual Syndrome. Beberapa wanita mungkin merasa ingin makan lebih banyak daripada biasanya, sementara yang lain mungkin merasa tidak ingin makan sama sekali. Fenomena ini dikenal dengan “sindrom makan PMS” di mana seorang wanita bisa mengalami perubahan nafsu makan yang cukup drastis selama masa PMS. Nah, pola makan pastinya juga jadi nggak teratur dong, oleh karena ini berat badan juga akan terpengaruh.

Terus, apa ya yang kira-kira mempengaruhi nafsu makan wanita PMS?. Jawabannya adalah perubahan hormon yang ada di dalam tubuh kita. Beberapa ahli menyatakan bahwa peningkatan nafsu makan ketika PMS disebabkan penurunan hormon serotonin, hormon yang memicu perasaan senang dan euforia. Serta peningkatan kadar hormon kortisol atau hormon stress pada saat bersamaan. Nah, kalau suasana hati lagi gundah dan murung tentu enaknya memanjakan diri dengan makan yang manis-manis, nggak sih?

Jadi, wajar aja Charm Girls mungkin sering ngemil makanan manis dan berlemak. Hal ini dikarenakan tubuh ingin mengonsumsi makanan yang kaya akan gula serta tinggi kadar karbohidratnya, ini merupakan upaya tubuh untuk meningkatkan kadar hormon serotonin. Ada penelitian yang juga menyebutkan bahwa wanita mengonsumsi lebih banyak kalori hingga 500 kalori selama masa pre menstruasi. 

Eits, memang jajan boba, croffle, pizza dan cemilan lainnya membantu kita untuk lebih happy ketika PMS. Tapi makanan-makanan itu sehat gak ya untuk tubuh kita? Lalu makanan apa saja ya yang sehat untuk kita konsumsi ketika PMS?

Makanan sehat yang gak kalah enak untuk kamu yang lagi PMS

Makanan yang sehat nyatanya dapat membantu mengurangi gejala-gejala PMS yang kamu alami. Dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, bisa juga buat kamu nggak perlu khawatir soal naiknya berat badan.

Makanan yang sehat akan membantu menjaga asupan nutrisi yang seimbang selama PMS. Nutrisi yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit. Selain itu, makanan yang sehat juga akan membantu menjaga berat badan yang sehat. PMS sering diikuti dengan perubahan nafsu makan, sehingga mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga pola makan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas.

Simak yuk beberapa tips makanan yang perlu kamu konsumsi agar tubuh stay fit bahkan ketika sedang mengalami pre menstruasi:

1.Sayur-sayuran dan buah-buahan

Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang bervariasi akan membantu menjaga asupan nutrisi yang seimbang selama PMS. Beberapa jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti sakit kepala, mood yang labil, dan perut kembung adalah brokoli, bayam, wortel, dan jeruk.

2.Protein

Protein adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan otot dan jaringan tubuh. Konsumsi protein yang cukup dapat membantu mengurangi perasaan lapar yang berlebihan selama PMS. Beberapa sumber protein yang sehat untuk dikonsumsi selama PMS adalah daging tanpa lemak, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

3.Karbohidrat yang sehat 

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, pilihlah jenis karbohidrat yang sehat seperti oatmeal, roti gandum, dan nasi merah. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat jenis simple seperti kue dan roti putih yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

4.Banyak minum air putih

Minum banyak air dapat membantu mengurangi perut kembung yang sering dialami saat PMS. Selain itu, Anda juga dapat mencoba minum teh herbal atau tincture yang dapat membantu mengurangi gejala PMS.

5.Makanan rendah sodium

Sodium adalah mineral yang terkandung dalam garam. Konsumsi makanan yang tinggi sodium dapat menyebabkan perut kembung. Pilihlah makanan yang rendah sodium dan hindari makanan yang tinggi sodium seperti makanan olahan, makanan instant, dan snack yang diproses.

Beberapa makanan di atas bisa kamu olah menjadi diet yang sehat dan juga nggak kalah enak dengan cemilan yang biasanya kamu konsumsi, loh Charm Girls. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang sehat selama PMS merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi gejala PMS yang mengganggu. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan pola makan Anda selama PMS dan pilihlah makanan yang sehat agar dapat menjalani masa PMS dengan lebih nyaman.

Wanita PMS
Pre menstruasi
Komentar (27)
A

Avatar Profile Image
Poppy Purnama Sari
Ok
17 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Poppy Purnama Sari
Ok
15 days ago
Balas
An
Anonymous
Makasih infonya
14 days ago
Balas
floating-icon